Paginya gue bangun dengan perasaan sangat dongkol sampe ubun-ubun. Semalem tiba-tiba berubah jadi malem minggu menyeramkan yang pernah gue lewatin di hidup gue. Gue ga dikasih kesempatan sama sekali buat ngomong masalah lamaran ini. Mama sama Tante Ika, mamanya mas-mas jutek itu, langsung sepakat buat ngadain acara lamaran nanti malem di rumah gue. Acaranya sederhana aja, cuma simbolis buat dua keluarga. Katanya ntar paling yang dateng dari pihak laki-laki ga sampe dua puluh orang. Lah, dua puluh orang itu banyak woy. Dan karena ini dadakan, ga akan ada tukar cincin, bakalan diganti sama kalung.
Masalah terbesarnya bukan itu sebenernya, tapi gue. Lah gue yang mau dilamar, tapi orang-orang yang heboh. Aneh banget, gue aja ga nge-iyain, ngapa malah dilanjut lamaran formalnya?
Gue denger di luar kamar udah rame sama suara mama. Pasti lagi nyiapin buat ntar sore. Ya ampun, gondok lagi dah gue kalo ingetnya. Dengan emosi yang udah numpuk, gue nyamperin mama di deket dapur."Ma, apa-apaan sih ini. Emang aku semalem bilang mau?" Mama yang dari tadi sibuk menghitung jumlah gelas ga terusik dengan pertanyaan ini.
"Kan kamu sendiri kemaren yang bilang mau dicariin calon. Mama masih inget kriterianya. Dan mama udah menuhin kepengenan kamu buat nyariin calon." Kata mama santai. Gue gigit bibir bawah gue, gregetan sama emak satu ini.
"Ya engga gitu maksudnya Ma. Itu kan cuma sarkasme aja. Kok Mama malah nanggepinnya serius sih?"
"Udah mending kamu sekarang perawatan dulu, maskeran atau ngapain gitu. Mama pusing dengerin kamu ngomong. Mama masih mau ngecek perlengkapan dapur buat nanti. Minggir sana." Badan gue didorong sama mama buat menjauh dari dapur. Emang ga bakal bisa menang kalo sama mama. Gue tarik napas perlahan, biar emosi gue berkurang. Gue masuk kamar lagi aja lah yang emang paling bener. Ga ngapa-ngapain dan bisa nenangin pikiran.
Gue paham ini ga cuma soal gue sendiri, ini menyangkut perusahaan papa juga. Di satu sisi gue pengen ngebatalin acara lamaran ini dengan semua kemampuan yang gue punya, tapi di sisi lain gue juga mikir kalo seandainya gue ngebatalin dan pihak si laki ga terima, bisa rugi dong papa, secara perusahaan papa semester ini lagi collaps. Entahlah, gue puyeng sendiri.
🐄🐄🐄
Malemnya gue udah rapi pake kebaya ungu muda yang dikirimin Tante Ika tadi siang. Ga ngerti juga itu gimana caranya dapet ukuran baju gue, karena emang kebayanya pas banget sama badan gue. Rambut gue yang sangat ga rapi ini akhirnya terpaksa gue gulung biar cocok sama dandanannya. Sepatu hak tinggi yang juga sepaket sama kebayanya bikin gue tambah semampai. Tinggi gue yang seratus enam puluh tujuh senti ini bertambah lagi sekitar tujuh senti berkat sepatu warna senada. Gue dirias sama MUA yang didatengin tante Ika ke rumah. Asli gue kaget tiba-tiba mama masuk kamar gue bawa orang, gue akuin ini niat banget.
Kakak gue, Kak Aldo juga udah rapi pake kemeja batik biru dan celana hitam. Mama berkali-kali liat ke arah gue buat mastiin penampilan gue fine. Ada juga beberapa sodara papa yang emang diundang buat jadi perwakilan keluarga wanita.
Sekitar jam tujuh, rombongan keluarga Om Randi dateng, mereka bawa seserahan yang gue ga perhatiin apa isinya. Gue terlalu gugup buat lihat apa yang dibungkus plastik parcel itu. Acaranya dimulai oleh salah satu adik papa, yang kemudian dilanjut dengan kata-kata dari masing-masing keluarga. Gue duduk berhadapan langsung sama mas-mas jutek Ivan yang pake kemeja batik dengan warna yang sama kayak kebaya gue. Couple-an ini ceritanya?
Tiba saat mas-mas jutek buat melamar gue secara resmi di depan keluarga. Dia berdiri menghadap langsung ke gue. Sorot matanya yang langsung mengarah ke gue malah nambah grogi gue, mampuslah batinku. Gue mau ga mau ngikutin sorot matanya juga, disamping gue mama udah ngebisikin nyuruh senyum, yang gue ga tau keluarnya kayak apa bentuk senyum gue saat ini.
"Aura Tiana Novantari, saya Sandio Ivan Suharso, sudikah kamu saya pinang untuk saya jadikan istri?" Ga ada keraguan yang gue denger ketika dia ngomong kalimat itu. Jantung gue bertambah cepat, gue tau semua orang sedang mengarahkan matanya ke gue, menunggu jawaban yang keluar dari mulut gue. Dan yang bisa gue lakuin cuma nelen ludah sambil pura-pura tenang.
"Ya" Cuma itu suara yang keluar dari mulut gue, yang setelahnya diikuti tepuk tangan dari semua orang. Gue merasa kayak badut di tengah-tengah ruangan ini. Atas arahan mama, gue dan Ivan sama-sama maju buat penyerahan kalung. Ivan ngebuka kotak beludru merah yang isinya langsung bikin gue shock. Kalung berlian terpampang jelas di depan mata gue! Eh ini beneran ga salah lihat kan ya gue? Beneran ini si mas-mas jutek ngasihnya kalung berlian? Demi apapun itu, rasanya langsung kayak ada beban yang mau nempel di leher gue. Kalung sultan ini mah.
Ivan maju dan memasangkan kalung itu langsung ke gue. Ya Tuhan, beneran itu kalungnya buat gue! Gue seneng dapet kalung berlian begini, tapi gue juga merasa terbebani. Gue merasa harapan keluarga Ivan ke gue gede banget di saat gue ga bisa janjiin apapun ke mereka.
Setelah acara penyerahan kalung, semua sibuk dengan makanannya masing-masing. Gue yang udah ga nafsu makan dari siang memilih buat menyendiri di dapur yang sepi. Gue nyoba buka kulkas, nyari minuman dingin yang seger.
"Rara." Sebuah suara datang dari arah belakang. Reflek gue nengok ke sumber suara yang ternyata adalah orang yang beberapa menit yang lalu masangin kalung ke leher gue.
"Bisa kita bicara bentar?" Suaranya dingin. Gue ga tau kenapa cuma ngangguk doang dan ngikutin dia ke arah belakang rumah. Gue berdiri di belakang dia udah kayak anak ngumpet di belakang orang tua habis ketahuan warga nyolong jambu tetangga. Dia lalu membalikkan badan sehingga gue berhadapan sama dia lumayan deket.
"Ada apa?" Gue mencoba terdengar biasa aja, padahal aslinya gue sangat ga nyaman dengan situasi ini.
"Saya tahu kamu terpaksa dengan lamaran ini. Sebenarnya ini juga bukan kemauan saya untuk menikah dengan kamu." Ivan berbicara dengan nada yang datar.
"Iya, tau. Tapi seenggaknya lu sebagai cowo punya kekuatan dong buat nolak ini. Lo bisa aja kan bilang kalo lo udah punya pacar atau gue bukan kriteria lo atau apalah yang make sense." Gue mencoba mengeluarkan uneg-uneg yang ada di otak gue saat ini.
"Saya memang sempat punya pacar, tapi dia tidak masuk kriteria idaman orang tua saya. Dan saya juga sebenarnya kaget karena kamu jauh dari kata tipe ideal saya. Saya kira awalnya usia kamu ga jauh beda sama saya, tapi ketika ketemu kamu saja saya sudah tau kalo kamu masih bocah."
Gue mangap denger kata-kata dia yang terakhir. Gue dibilang bocah sama dia? Enak aja, sembarangan.
"Bocah dari mana? Gue udah umur dua puluh tiga ya, lo jangan sok tua deh. Berapa sih umur lo sampe ngatain gue bocah?"
"Tiga puluh." Jawabnya santai. Secara ga sadar gue bilang "oh my god" saat itu juga. Ini sih bukan mas-mas namanya, udah masuk kategori om-om.
"Tau ga salah satu alasan terbesar saya setuju dengan hal ini? Saya lihat perusahaan papa kamu sedang collaps, dan papa saya mau menanam saham hanya kalau saya setuju dengan hal ini. Jadi sebenarnya yang menyelamatkan perusahaan papa kamu itu saya. Tapi semua itu juga tergantung kamu melangkah dalam permasalahan ini. Kamu juga bisa jadi penyelamat, atau malah penghancur. Jadi saya mohon kerja samanya dalam hal ini."
Gue bener-bener diem ga bersuara dengan penjelasannya itu. Tebakan gue ga sepenuhnya salah selama ini, kalau emang hal ini ada kaitannya sama kerjasama perusahaan. Perlahan ia mendekat dan berbisik
"Satu lagi, saya ga suka ya kamu make gue lo sama saya. Kurang sopan, tolong kamu perbaiki tata bicara kamu, Calon Istri."
Kemudian dia pergi ninggalin gue yang masih dalam keadaan speechless.
KAMU SEDANG MEMBACA
(UN)MONOTONOUS MARRIAGE
Storie d'amoreRara, gadis yang bisa dibilang sukses di usia muda tapi tidak memiliki planning hidup ke depan bertemu dengan Ivan yang menurutnya hanya seorang om-om kaya di acara makan malam investor ayahnya. Mereka kemudian menikah dan menjalani pernikahan yang...