Badan gue remuk setelah semalem telat tidur karena bantuin beberes rumah. Alhasil gue telat bangun yang menyebabkan gue akhirnya ikut ngantri lift yang udah dipenuhi karyawan-karyawan di gedung ini. Kantor gue sendiri berada di lantai sepuluh, dan di depan gue masih ada sekitar tiga puluh orang yang mau masuk lift.
Setiap hari gue selalu berusaha berangkat pagi karena gue males ngantri lift yang bisa makan waktu setengah jam sendiri. Apalagi di gedung tempat gue kerja ini, banyak kantor berbeda yang pastinya menyebabkan penumpukan orang-orang buat naik ke kantornya masing-masing.
Gue mijit kepala sebelah kanan yang emang puyeng dari gue bangun. Entah karena faktor gue belum sarapan atau karena mikirin keruwetan hidup gue yang terjadi di dua hari terakhir ini. Belum ditambah setumpuk berkas yang siap dijelajahi seharian ini. Bayangin aja udah bikin gue engap.
"Heh!" Seseorang menepuk lengan gue. Ketika gue noleh, Diana yang udah rapi pake jas warna navy dan tas kerjanya terlihat sumringah dengan rambut tergerai.
"Semangat banget kayaknya." Cetusku. Diana cuma senyum.
"Ada yang habis lamaran tapi ga ngasih kabar nih ye" ia berbisik di telinga gue. Gue spontan ngelirik dia, gimana dia bisa tau? Gue sengaja ga ngomong siapapun masalah lamaran ini.
"Lo kok tau?"
"Gunanya punya hape buat apa, mbak? Ya jelas gue tau lah, orang kabar lamaran lo udah bikin saham bokap sama calon mertua lo sama-sama naik. Gue kan setiap bangun tidur udah mantengin saham. Lagian beritanya juga udah muncul kali di portal berita bisnis." Diana tertawa pelan. Gue merasa jadi kayak artis, kehidupan gue diekspos di dunia maya.
Kedua pintu lift terbuka bersamaan, yang akhirnya menghentikan percakapan kecil gue dan Diana. Gue memilih ga melanjutkan obrolan karena rawan terjadi pemindahan informasi selama di lift. Setelah sampai di lantai kantor gue, tanpa basa basi Diana langsung melanjutkan penggalian infonya yang tertunda.
"Jadi, gimana? Gue masih nunggu calon pengantinnya cerita langsung ke gue nih." Ia membalikkan badan ke arah gue setelah absen. Mukanya seakan-akan bilang kalo dia siap banget dengerin bacot gue. Gue melangkah ke arah kantornya yang langsung diikuti dengan semangat.
"Jadi sebenernya, gue ga tau juga itu siapa yang ngelamar gue." Gue akhirnya berbicara setelah Diana menutup pintu kantornya.
"Lah? Gimana sih lo? Jelas-jelas lo dilamar sama anak Randi Suharso, masa lo ga tau?" Diana melangkah cepat ke arah gue.
"Gue awalnya cuma diajak nyokap gue buat dinner nemenin bokap yang mau ketemu investor, ya bener sih Pak Randi itu akhirnya nanem saham di tempat bokap, tapi trus ternyata itu dijadiin alasan buat ngelamar gue." Gue mendengus kesal.
"Bentar deh, maksudnya?"
"Maksud gue, Mbak Diana cantik, ternyata Pak Randi ini tujuan utamanya mau nyari mantu buat anaknya yang namanya Ivan, dan persoalan utamanya tuh karena bokap gue perusahaannya collaps, Pak Randi ini mau ngebantuin kalo guenya ngeiyain lamaran anaknya. Bingung ga lo." Gue tarik nafas dalam-dalam, gue ga boleh emosi di pagi hari.
"Trus akhirnya lo mau karena itu?" Sekarang Diana beranjak ke mesin pembuat kopi di sudut ruangannya.
"Ya gimana lagi, Di? Gue kemakan omongan juga gara-gara gue minta nyokap nyariin calon suami tajir, niat gue bercanda doang, eh malah nyokap nganggep serius. Lagian gue juga ga mau ngeliat perusahaan bokap gue bangkrut."
Diana membawa kopinya ke arah meja kerjanya dan mulai meminumnya. Dia emang udah kecanduan kopi tiap pagi.
"Tapi Ra, kalo gue jadi lo juga ga bakal nolak. Anaknya Pak Randi ini terkenal ganteng, pinter lagi. Kalo urusan tajir mah ga usah dipertanyakan lagi. Masih muda juga kan. Paket lengkap Ra." Diana senyum-senyum sendiri, pasti lagi ngebayangin jadi gue. Dasar bocah aneh.
"Eh, dia tuh lebih tua tujuh tahun dari kita. Dia udah tiga puluh, masih muda dari mana coba? Tipe ideal gue aja maksimal harus lima tahun lebih tua dari gue, lha ini? Gue berasa dapet om-om." Gue protes atas pujian Diana ke si Ivan ini.
"Ya elah Ra, tiga puluh tuh muda kali. Lo lupa, bokap nyokap gue selisih sembilan tahun? Lo lihat kan sekarang, bokap sama nyokap juga masih langgeng ga ada masalah, keliatan pas-pas aja tuh."
"Ah udah ah, males gue debat sama fans nya Ivan kayak lo. Gue kesini mau kerja, bukan mau naikin tensi darah." Gue melangkah keluar ruangan Diana.
"Bye calon manten." Diana tertawa mendengar ucapannya sendiri.
🐄🐄🐄
Pukul setengah tujuh malam gue baru selesai dengan setumpuk berkas-berkas yang terlihat mirip monster. Masih banyak pegawai yang terlihat serius di depan komputer mejanya masing-masing. Walaupun seharian lebih banyak duduk, tapi tumit gue rasanya nyeri banget karena pake sepatu hak. Gue cepet-cepet masuk lift dan pengen cepetan ganti sandal yang gue taruh di mobil. Ya, gue tiap berangkat kerja selalu pake jepit dan baru ganti sepatu hak kalo udah sampe parkiran kantor.
Lift ga begitu rame karena emang udah ngelebihi jam pulang kantor yang seharusnya jam empat. Tadi gue cuma makan siang dikit dan sekarang perut gue udah rewel minta diisi. Gue penasaran, mama masak apa ya buat makan malem. Ketika lift sampe di lobi, gue segera berjalan keluar bersiap menuju mobil gue. Baru beberapa langkah, mata gue bertemu dengan mata seorang perempuan yang langsung sumringah begitu melihat gue. Perempuan itu langsung berjalan ke arah gue dengan senyuman yang ga ilang-ilang.
"Tante Ika?" Gue meyakinkan diri setelah perempuan itu sampe depan gue. Iya, gue ga salah lihat. Ini tante Ika, nyokapnya Ivan.
"Iya, Rara. Tante sengaja kesini soalnya tante mau ngajakin kamu. Kata mama kamu, kamu jarang buka hape kalo lagi di kantor, jadi ya tante langsung kesini aja." Gue emang jarang buka hape kalo di kantor, takut ga bisa berhenti kalo udah pegang.
"Oh, iya tante. Maafin Rara ya. Tante udah lama nungguin Rara?" Ada rasa bersalah di hati gue mendengar tante Ika sampe sengaja nyamperin gue.
"Engga, belum juga lima menit tante nunggu kamu. Yuk!" Tante Ika menggandeng lengan gue dan berjalan.
"Emang mau kemana tante? Rara bawa mobil sendiri soalnya." Gue berhenti karena gue merasa tante Ika berjalan bukan ke arah parkiran dimana mobil gue berada.
"Mau ke toko perhiasan, pesen cincin pernikahan kamu. Udah kamu ikut tante aja pake mobil tante, mobil kamu biar sopir tante yang bawa. Mana kuncinya?" Tante Ika menodongkan tangannya ke depanku. Gue merogoh tas dan menyerahkan kunci mobil gue. Pasrah aja lah daripada ribut.
Tante Ika kemudian menelpon sopirnya yang udah stand by di depan lobi kantor. Sopirnya turun dari mobil Nissan Terra warna cokelat dan langsung menerima kunci mobil gue. Sebenernya gue agak kaget melihat mobil Tante Ika yang terbilang "murah" untuk ukuran orang kaya. Gue tau harga mobil itu, karena bokap Diana pun pake mobil dengan merk yang sama. Sedangkan mobil gue? Mobil gue yang cuma Brio berasa kentang banget kalo dibandingin sama mobil tante Ika. Tapi gue bangga sih karena gue beli mobil itu pake duit gaji gue sendiri secara cash.
Gue akhirnya ngikutin tante Ika yang udah duluan masuk ke kursi pengemudi. Setelah pake sabuk pengaman, tante Ika mulai menjalankan mobilnya meninggalkan kantor gue. Selama perjalanan, gue cuma sesekali nanggepin obrolan yang kebanyakan keluar dari mulut tante Ika. Bukan apa-apa, cuma gue udah capek ditambah kaki gue yang udah minta dipakein jepit. Dalam hati gue cuma bisa minta pengertian sama sepasang kaki gue buat bertahan lebih lama malam ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
(UN)MONOTONOUS MARRIAGE
RomanceRara, gadis yang bisa dibilang sukses di usia muda tapi tidak memiliki planning hidup ke depan bertemu dengan Ivan yang menurutnya hanya seorang om-om kaya di acara makan malam investor ayahnya. Mereka kemudian menikah dan menjalani pernikahan yang...