Saksi cinta kita

389 24 26
                                    

Jadi ceritanya gini - ucap Alex

Kisah yang tersebar luas kepada masyarakat ialah tentang seorang gadis yang tersangkut bersama dengan anjing peliharaanya.

Kisah Batu Gantung dimulai pada jaman dahulu kala, hidup seorang gadis cantik. Suatu ketika ia beranjak dewasa, ia dijodohkan dengan anak namborunya (saudara perempuan ayah).

Pasalnya, calon suami yang akan dinikahkan dengan Seruni berasal dari keluarga kaya, tetapi keterbelakangan IQ. Seruni yang mengetahui hal itu membuatnya sedih, karena dia sudah memiliki lelaki yang ia cintai, tidak mungkin ia mengkhianati lelaki itu padahal mereka berjanji akan menikah. Seruni melarikan diri dari rumahnya diikuti oleh anjing kesayangannya dan tiba di tepi jurang danau Toba. Akhirnya, Seruni memutuskan untuk terjun dari tepi jurang Danau Toba.

Ketika melompat, rambut Seruni tersangkut di salah satu pepohonan yang tumbuh di tepi jurang, anjing kesayangannya yang melihat seruni tergantung mencoba membantu dengan cara yang bisa dilakukan seekor anjing, mencoba menarik tuannya. Namun sayang anjing itu tidak berhasil dan ikut tersangkut bergelantungan dibongkahan jurang.

Alhasil, tubuh Seruni bergantung bersama anjingnya, yang kemudian seiring berjalannya waktu berubah menjadi Batu yang menyerupai tubuh seorang perempuan dan seekor anjing, dan disebutlah jadi Baru Gantung.

Saat ini, Batu Gantung menjadi obyek wisata populer yang kerap dikunjungi wisatawan di Danau Toba.

Dan juga tempat ini menjadi satu tempatbyang sakral, dimana ketika berada didekat batu gantung tidak boleh berkata kasar, atau ujaran kebencian.

Gitu ceritanya Bu/pak, bahkan sangking menyedihkannya kisah cinta si seruni ini atau si batu gantung ini sampai ada keluar lagi Batak berjudul batu gantung. Lagunya itu bercerita tentang sepasang kekasih yang saling mencintai dan batu gantung ini menjadi saksinya, mereka berjanji bahwa akan saling mencintai dan saling melengkapi, jika ada diantara mereka yang mengkhianati atau dikhianati maka nasibnya akan seperti batu gantung ini, bukan menjadi batu tapi akan nasibnya akan naas dan menyedihkan seperti seruni. Dan didalam lagi itu si laki-laki yang mengingkari janji mereka, sebelumnya hubungan mereka baik-baik saja, namun ada suatu ketika si laki-laki pamit kepada si perempuan untuk mencari pekerjaan yang lebih layak untuk bisa menikah dengan perempuan ini dan membayar sinamot ( mahar adat dalam Batak ) dan pesta, seiring berjalannya waktu tidak ada kabar dari silelaki, dan pada suatu ketika si perempuan menerima surat dari si laki-laki, tapi bukan surat kabar melainkan surat undangan pernikahan. Dan si perempuan datang kembali ke tempat sebagai saksi dan mereka berjanji yaitu dibatu gantung, untuk menyampaikan segala sakit hati yang diterimanya- ungkap Alex.

Hiks ...hiks....
Terdengar suara isak tangis ditengah keheningan mendengar penuturan Alex.

Semua yang mendengar cerita Batu gantung yang disampaikan Alex berhasil membuat semua telinga yang mendengar menitikkan air mata, hanya saja ada salah satu diantaranya yang menangis hingga terisak.

"Sayang... Kamu gapapa?" Tanya Ruli tersadar melihat kekasihnya menangis terisak, dan Yaya pun hanya menggeleng.

" Ka Liya kenapa? Kaka bawa perasaan banget ya ceritanya?" Tanya Alex pada Yaya yang dibalas anggukan.

" Cerita si seruninya aja aku udah sedih kasian gitu dia gak bisa perjuangkan cintanya, ditambah lagi cerita dari lagi Batak yang kamu bilang ak..hiks...." Sahut Yaya

" Hey... Sayang... Kita semua juga ngerasain kok sedihnya cerita tentang seruninya, tapi kalo yang lagu itukan karya seseorang sayang, dan belum tentu itu kenyataan jadi jangan terlalu diambil perasaan sayang, kasian kamu nih jadi nyesek" - ucap Ruli memeluk kekasihnya, entah mengapa perasaan Yaya semakin sedih ia tau bahwa lagu itu hanya karya orang lain, bisa jadi karangan ataupun diadopsi dari cerita sebenarnya, dan bahkan isi cerita lagu itu tidak ada terjadi dalam dirinya, namun entah mengapa hal itu membuat emosinya terkuras habis.

Pamit Untuk Kembali ( END )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang