Afterword

465 28 8
                                    

Halo semuaa!!

At last, 'To the Moon and Back' has finally come to an end :"))

Sebagai buku pertamaku di Wattpad, pastinya masih banyak yang harus kupelajari, jadi terima kasih banyak temen-temen yang sudah bersedia ngasih kritik dan saran untuk membantu memperbaikikan buku ini T^T Aku juga berniat revisi dari chapter awal nanti. Plotnya nggak akan berubah sih. It's just the tiny typos and mistakes I will be fixing :)

Bagi temen-temen yang keteteran soal cast and character-nya karena kebanyakan OC dan karakter yang awalnya terkesan sampingan kemudian ternyata mempunyai peran yang lebih besar seperti Nathan, Zoya atau Erika--maaf yaaa TwT Tapi kalau dibaca maraton, nyambung kok! ;)

Kayaknya emang kecenderunganku aja, tapi aku seneng banget cerita dengan tokoh, sifat dan asal-usul yang bervariasi. That's also why, Nara dan Satya adalah independent characters terlepas dari ketergantungan mereka akan satu sama lain untuk berlangsungnya cerita.

Satya memiliki konflik dan traumanya sendiri, begitu juga dengan Nara. So it's not only about Satya's journey, melainkan juga Nara, bahkan karakter-karakter lain juga. Kebetulan aja mereka saling dipertemukan dan ditakdirkan untuk berjalan bersama-sama :)

Singkat cerita, karakter Mahesa itu berawal dari renungan tentang bagaimana efek dari seseorang yang sudah tiada dapat merambat dengan luas dan mempengaruhi seluruh peristiwa yang terjadi setelahnya. Aku juga sebetulnya dari awal berpikir untuk membuat spin-off tentang Zoya dan Mahesa, tapi belum pasti! Jadi kayaknya nanti dulu, hehe.

In a way, tema yang paling disorot di 'To the Moon and Back' itu adalah hubungan saudara ;) Terutama ketika bisa dilihat dari dinamika yang berbeda-beda namun juga mencerminkan satu sama lain di antara setiap siblings di cerita ini, seperti: Satya-Sean, Mahesa-Nara, Jayan-Juan, dan juga Giro-Leo (ayah Nathan).

Intinya sibling relationship itu adalah tema yang akan selalu ada di ceritaku. I love the complexity of it and it's something I like to discuss ૮₍ ' ꒳ '₎ა

Baiklah, sebelum afterword ini jadi kepanjangan, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada the legend himself Park Sunghoon <3 serta ENHYPEN for being the best group to have ever existed dan menjadi faceclaim di cerita ini :)

Tolong untuk bijak membaca dan jangan membawa cerita ini ke kehidupan idol-nya yah !

Dan terima kasih sebesar-besarnya untuk para pembaca yang setia membaca buku ini :"3 Vote, comment, dan pesan kalian tuh mood-boosting banget, serius!! Thank you so much <3

Lastly, see you next time!! Bye! ><

-Yukihoonie

-Yukihoonie

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
To the Moon and Back | Sunghoon (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang