Part 1

23.6K 615 11
                                    

"Rin, seriusan ntar jadi ulangan harian ?"
"Yaelah Gitaaa, setdah elu lupa atau gimane ?" Airin menepok jidatku.
"Aku ga belajar, Rin. Kamu knapa ga ngingetin aku semalem ? Padahal kemarin kan kita smsan lama."
"Ini bocah nyalahin gue, ya gue kira elu udah belajar makanyeee gue ga ngebahas soal ujian semalem. Yaudah belajar aja dikit-dikit gapapa mumpung belum bel masuk."
Aku mendengus kesal karena ulangan harian kimia akan dimulai 45 menit lagi di jam pertama. Bayangkan aku harus belajar beberapa subab yg lumayan banyak dan harus ku kuasai dalam waktu yg singkat ini. Memang otak ku ini termasuk dalam kategori lamban, tp gatau juga deh kenapa bisa nyasar di kelas jurusan IPA.
"Larutan penyangga atau bisa disebut larutan buffer..." aku membaca catatanku dg sangat seksama
"Selamat pagi semuanya ?" Ternyata guru kimia tiba-tiba masuk kelas
"Pagi, Bu" jawab semua teman-temanku dikelas.
"Loh, Rin. Ko Bu Irma udah masuk kelas ?"
Airin, ia adalah teman sebangku ku sekaligus sahabatku semenjak aku duduk dikelas 11 SMA.
Airin menoleh kebelakang tepatnya tembok belakang kelas melihat jam dinding. Dg logat betawinya, karena dia anak pindahan semenjak ia masuk kelas 10 SMA dari Jakarta, Airin menepuk lenganku cukup keras.
"Astaghfirrulloh, Git. Jam dindingnyee koit."
"Aduuuh, Airin. Sakiit ini lengan aku. Woles ajaaa kalo ngasih tau." Ku usap lenganku yg panas ini. Lalu kulihat jam tanganku. "Tp Rin, emang bener ini jamnya masuk udah bener sih. Tp knapa belnya ga bunyi ?"
"Oiyaa maaf ya, Nak. Disekolah lagi mati listrik, ada reparasi lampu dikelas 10. Makanya bel ga bunyi. Yaudah yuk doa dulu lalu ulangannya dimulai." Kata Bu Irma guru mapel kimia yg usianya hampir 50an.
"Pantes ajee, dari tadi knapa engap ini kelas. Orang ACnya mati jugaa." Kata Airin sambil menggulung rambutnya yg hitam panjang. Aku hanya bisa melihat Airin dg tertawa kecil.

Jam tanganku menunjukan pukul 10.00 WIB, ini waktunya istirahat. Ku putuskan untuk sholat dhuha dimasjid sekolah lalu pergi ke kopsis dg Airin. Tapi tiba-tiba Hani datang, ia adalah adik kelasku sekaligus adik bimbinganku di ekstrakurikuler Hits Soul sekolah. Yap, aku suka sekali mengurusi mading, majalah apapun itu berita atau tulisan yg menarik untuk siswa SMA.
"Mbak Gita ?"
"Ehh iya Han, ada apa ?"
"Ini mbak, ngumpulin puisi sm cerpen baru buat bahan mading sekolah. Ini semua dr partisipan siswa. Jadi pure karya anak sini ga ada yg dr mbah google. Aku udah milihin yg menurutku unik, menarik dan pastinya puisi ituloh mbak. Dari inisial L F G. Selalu menarik dan bikin penasaran. Hits banget lah."
"Emang siapee tuh si bocah yg suka ngirim ? Misterius bangeett. Tiap musim ganti mading kagak pernah ketinggalan." Airin tiba-tiba datang dan langsung menanyakan puisi-puisi misterius itu.
"Mbak Airin kepo juga yo ? Ya sama kaya aku mbak. Ini puisi selalu udah ada dikotak tempat ngumpulin karya sastra siswa ko."
"Hmmm, yaudah aku terima dulu Han. Nanti aku review lagi kalo udah fix ntar kita terbitkan bareng-bareng sama yg lainnya. Yaudah makasih yaa aku mau sholat dhuha dulu nih."
"Oke, Mbak Gita samasamaa."
Aku dan Airin melanjutkan tujuanku.

Sepulang sekolah aku putuskan untuk mampir kerumah Airin. Rumahnya sejalan dg rumahku jadi aku sering mampir atau sekedar main. Tante Yuni, Mama Airin sangat baik kepadaku. Beliau jg jago masak. Jadi kalau teman-teman Airin kerumahnya tidak akan pernah kelaparan.
"Gita, ini Tante buatin kesukaanmu. Rujak cireng."
"Waah, makasih Tante. Pasti habis deh hehehe"
"Elu mah giliran rujak cireng aja abis mulu. Yuk kita santai ditaman depan aja sambil ngadem." Airin mengajakku
"Airin kaga makan siang dulu sama Gita ?"
"Kaga deh ntar aja Ma. Airin ngadem dulu sama Gita."
Kami asik bercanda di taman depan rumah Airin. Sambil duduk-duduk disebuah bangku kayu klasik dan memutar lagu barat dari hp Airin.
Kriiing.. Kriing.. Kriing..
Nada dering hpku berbunyi dan aku pun segera melihat siapa yg menelfonku.
"Rin, pause lagunya. Aku mau jawab telfon Mas Feri nih." Airin pun mempause lagunya. Lalu melanjutkan makan camilan rujak cireng.
"Halo Assalamualaikum. Iya Mas Fer ada apa ?... Ohh Iya udah Mas... Iyaa tinggal review aja ko... Hmmm oke oke gampang beres... Iya Mas... Waalaikumsalam."
"Knapee Mas Feri nelfon ? Nanyain mading ?"
"Iyaa Rin. Yuk bantuin aku milihin dong soalnya besok disuruh Mas Feri udah terbit." Aku mengeluarkan lembaran-lembaran kertas yg diberikan Hani tadi disekolah yg kusimpan rapi dalam tasku.
Aku melihatnya satu persatu dan ada yg kubaca sekilas. Begitu juga Airin yg membantuku. Ia sering membantuku memilih-milih seperti ini meskipun dia bukan bagian Hits Soul. Tapi dia sangat mengerti dg sastra. Dan dia juga jago karate. Yaa maklum, Papanya adalah TNI. Sejak kecil ia diajarkan karate hingga SMA tp dia sedikit malas mengikuti ekstrakurikuler tsb sebab ia sebenarnya sudah mulai enggan bertarung karena ia ingin fokus belajar saja agar masuk universitas yg di inginkannya selama ini.
"Dan kaulah melati diantara bunga yg bermekaran. Ku janjikan akulah pemilikmu. Bersabarlah kini, suatu hari ku kan kembali bersama janji itu. Aku masih dalam penantianmu." Aku melihat Airin yg membaca penggalan terakhir puisi yg ia baca.
"Puisi misterius itu yaa ?"
"Gue jadi penasaran banget, Git. Kira-kira siape sih yg ngirim ini puisi. Kalo diliat-liat setiap puisi yg dia kirim keknya dia lagi memendam sesuatu tp kagak mau atau belum mau diomongin keorang itu."
"Iyasih Rin. Tp knapa dia ga ngasih tujuan puisi itu buat siapa juga ? Pake inisial atau apa gitu ? Nggak juga. Sudahlah terserah Mr.X berinisial LFG. Aku hanya menjalankan tugas."
"Kapan gue dikirimin puisi romantis kek gini Git ?"
"Ko nanya ke aku sih. Situ punya pacar ga ?"
"Pacar ? Deket aja Papa gue udah keluar tanduknyee apalagi pacaran."
"Hahahaa Rin Airin. Ehh atau jangan-jangan kamu mau dijodohin sama om-om dikantornya Papa mu makanya kamu gaboleh pacaran dulu."
"Kagak ape-ape deh, asal omnya ganteng."
"Kalo tua tetep mau ? Hahahaa"
"Hahahaha gilee apee ogah Git"

KULEPAS DIA DEMI CINTATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang