23. Protective Brothers.

24K 1.2K 14
                                    

Ayra lagi duduk di bawah pohon sambil lihat anak-anak yang lagi latihan PBB. Dia udah pemanasan tadi, dan berakhir dengan ngadem di bawah pohon nikmati angin siang menjelang sore.

Ataya masih belum balik dari ruang Osis sampai sekarang. Bahkan tas Ataya masih di kelas, Ayra mana ada niat bawa tasnya. Buang-buang tenaga katanya. Dasar calon biadab.

Asik-asik melamun, tiba-tiba paha Ayra berat. Waktu dilihat ternyata Ataya, mukanya lesu dan gak bertenaga banget. Ayra jadi kasihan sendiri, terus tanpa ngomong Ayra ngelus-elus rambut Ataya.

"Kenapa?" Tanya Ayra.

"Bentar lagi kakak kelas ulangan. Pak Bowo suruh buat proposal untuk perpisahan" jawab Ataya.

"Itu kan urusan sekertaris. Kenapa elo yang repot?"

"Gue kan ketua Osis nya Ayra. Gue juga harus bantu sekertaris lah. Pak Bowo juga nyuruh nyari anak-anak pintar untuk cerdas cermat"

"Anjir ribet amat. Bukan seharusnya guru yang cari siswa untuk cerdas cermat?"

"Nah itu, gak tau juga kenapa malah nyuruh Osis. Dan pak Bowo maksa harus Osis yang ikut, mana Osis jaman sekarang modal tampang doang lagi"

"Lantik Fatin sama Fitan coba jadi anggota Osis. Mereka pintar tuh"

"Udah gue tawarin, tapi mereka nolak. Katanya fokus ke pramuka aja"

"Terus lo mau gimana?"

"Gue bakal cari anak kutu buku, anak yang gercep, gak gaptek, gak mikir gincu sama bedak untuk Osis dan untuk cerdas cermat. Pokoknya harus bagus"

"Terus cabe-cabe mau lo kemanain?"

"Keluarin"

"Btw anak kutbu di sekolah ini dikit deh ta. Yang pergi ke perpus aja cuma lima, enam orang. Yakin lo?"

"Gak yakin sih. Tapi lo bantu gue dong ay. Lo kan banyak temen gaul, mungkin lo kenal anak yang pintar komputer atau yang gercep dan kreatif lah kalau kerja"

"Lo mah nyebut ciri-ciri anak pramuka. Tapi tenang kalau yang ngerti komputer gue banyak kenal. Ntar gue suruh deh mereka"

"Duh thanks banget"

"Tapi mereka kebanyakan yang sering bolos sama tawuran"

"Anjir! Gue lupa, temen lu gitu semua. Tapi gak apa lah, bawa aja dulu"

Ayra menjambak rambut Ataya. Kesel lah dia, temen nya di hina. Tapi gak secara langsung sih. Ataya yang dijambak rambutnya cuma bisa teriak kesakitan tapi gak niat lepas tangan Ayra dari rambutnya.

"Ayra sakit" Ataya ngomong pakek nada rendah.

Ayra langsung lepas jambakannya. Beralih dia usap halus kayak tadi. "Capek banget yah?" Ataya ngangguk. "Kasihan banget sih" Ayra nyubit pelan pipi Ataya. Dengan Ataya yang pasang muka nelangsa gak dikasih jatah sama bini.

"Misi kak"

Dengar suara orang Ataya langsung duduk, dan natap Fitan sama Fatin yang lagi berdiri didepan mereka.

"Ma-maaf kak, selesai latihan PBB, bakalan ada seleksi?" Tanya Fatin takut-takut.

"Iya. Emang udah selesai latihannya?" Jawab Ayra. Fatin sama Fitan ngangguk. "Suruh kumpul di lapangan basket, udah izin kok sama kak Beno" ucap Ayra.

Fitan sama Fatin pamit undur diri dan cepat-cepat pergi dari sana. Tatapan Ataya gak enak bor, ngeliatnya gak nyantai gitu.

"Ayo ke lapangan basket. Lo kan paling jeli sama PBB" Ayra narik tangan Ataya yang masih duduk ditempat.

"Gendong" ucap Ataya pakek muka yang dipolos-polosin.

"Ataya! Malu sama badan! Badan lo gede minta gendong sama gue" Ayra ngomel.

Ataya ngikutin cara ngomong Ayra, sengaja dia ngejek Ayra, tapi sambilan dia bangun dan jalan duluan ke lapangan basket. Ayra ngerucut kesal.

"Kak Ayra, Fatin sama Fitan ikut?" Tanya Fatin.

"Kalian punya regu masing-masing, kan? Harus ikut lah. Kalau regu lain bagus paling ketuanya yang kita ganti" jawab Ayra.

"Oke kak" Fatin langsung pergi.

Ayra sama Ataya duduk di kursi plastik yang ada di pinggir lapangan. Setiap regu udah gugup kayak mau ikut lomba beneran. Padahal cuma seleksi yang ikut lomba doang.

Kalau dihitung, pramuka SMA ini punya regu sebelas. Lima regu putra dan enam regu putri. Emang banyakan regu putri sih, tapi banyak yang gak ngerti apa-apa. Beda sama regu putra yang emang bandel tapi cepat tanggap. Satu regu isinya sebelas, sepuluh anggota satu pemimpin.

Seleksi dimulai. Ayra sama Ataya pasang muka sangar, emang cuma mereka berdua doang yang seleksi karna pak Lutfi selaku pembina menyerahkan semua ke Ataya dan Ayra. Pelatih? Mereka punya, cuma gak aktif latih lagi, aktifnya dulu waktu Ayra masih kelas sepuluh, dan mereka gak mungkin kan berpatok sama pelatih terus? Kalau bisa sendiri kenapa nggak? Bahasa bulenya mah, why not?.

"Gue gak sreg sama regu ini ta. Kakinya masih gak kompak" bisik Ayra ke Ataya.

Ataya ngangguk. "Berhentiin aja" balas Ataya bisik-bisik juga.

"Jangan, gak enak. Tunggu sampai selesai aja" bisik Ayra.

Seleksi selesai jam lima. Latihan langsung dibubarkan, udah pada capek juga. Ayra sama Ataya udah dapat regunya. Gak ada masalah sih, cuma harus di rapihin aja.

Dari tadi Ayra udah ngerengek minta dibeliin es krim. Ataya bilang besok aja soalnya capek, lah Ayra maksa. Ataya gak ada pilihan lain selain ngikutin apa kata Ayra. Set dah belum punya status aja udah takut gitu sama calon istri. Lah?

"Es nya dibungkus, makan di rumah aja. Gak ada penolakan atau gue tinggal lo disini" ancam Ataya waktu mbak kasir nanya mau makan disini apa bawa pulang.

Ayra cemberut. "Bungkus aja mbak" ucap Ayra lemah. Tapi setelahnya dia langsung senyum lagi waktu liat ada yang jual permen kapas. "Ataya mau itu" rengek Ayra.

"Beli sendiri sana" ucap Ataya cuek.

"Ataya ih, Uang gue udah habis untuk beli es" Ayra masih rayu Ataya.

"Ya bodo. Kan lo yang makan" Ataya masih cuek.

Ayra ngalah dan gak minta beliin permen kapas lagi. Ataya senyum ngeliat Ayra yang manyun, menurut Ataya Ayra itu imut kalau lagi ngambek. Ya gak tau aja kalau Ayra lagi rencana diemin Ataya satu minggu.

"Loh? Tin, Tan. Temen mu tu loh" Ayra sama Ataya reflek noleh waktu denger suara ibu-ibu yang lumayan keras.

Dan disana berdiri Fatin, Fitan sama ibunya. Ayra sama Ataya salim ke ibunya Fatin. Gimana pun juga ibu ini lebih tua dari mereka. Jadi harus dihormati.

"Berdua lagi?" Ibu Fatin nanya.

"Iya tante" Ayra jawab pakek nada canggung.

"Gak usah canggung gitu. Santai aja" Ayra ngangguk dengar omongan ibunya Fatin. "Kalian kalau dilihat-lihat cocok deh. Apa bener kalian cuma sahabat?"

"Beneran sahabat kok tan. Cuma gitu, kita suka berkelahi yang dikirannya lagi mesra-mesraan" ucap Ayra.

"Aduh umi, jangan tanya aneh-aneh dong. Kalau kak Ayra sama kak Ataya emang pacaran ya udah. Gak usah Kepo" Fatin ngomel.

"Iya umi. Itu privasi mereka" Fitan ikut ngomel.

"Nama panjang kamu siapa?" Tanya Ibu Fatin tidak mendengar omelan si kembar.

"Azkayra Assyfa Bagaskara tante" jawab Ayra sambil senyum.

Ibunya Fatin yang tadinya senyum langsung diam dan senyumnya luntur. Dia natap Ayra pakai mata berkaca-kaca. Ayra yang di tatap gitu jadi bingung. Dan berakhir dengan mereka yang pamit pulang karna es nya udah jadi.

Tbc.

Ngapa dah ibu si kembar berkaca-kaca? Ada yang potong bawang kali yah? Apa terlalu lama gak kedip? Mungkin gak salah satu yang gue sebut, muehehehehe. Oke see you gaes :v

Protective Brothers. (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang