Yang Komen Dapat Apa?

233 29 2
                                    

Bismillaah

Yang komen dapet apa?

"Ish liat deh....sayang banget ya, baik sih orangnya, care sama temen, lemah lembut sama suaminya, penyayang ke anak-anaknya, ga pernah dia tuh kepancing ghibahin orang, shalatnya juga kejaga...tapi tuh liat auratnya kemana-mana....rambut keliatan kaya gitu mana aman sih dari api neraka....kalo aku sih yang penting udah jilbaban, meskipun prilaku aku ke suami sama ke orang-orang ga sebaik dia sih....hahahhaha..."

Lalu di kemudian hari...
Yang diomongin dapet hidayah dan pake jilbab syari.
🤐Yang komen dapet apa?

"Eh tau ga pasangan itu, hijrah sih katanya, bener-bener belajar amalin sunnah, mulai dari penampilan sampei cara hidup, tapi ternyataaaaaa.....itu si suaminya masih aja suka ngeroko...diiih...mana pantes sih orang udah belajar agama tapi masih aja jejelin benda kaya gitu ke mulutnya...suamiku dong meskipun shalatnya masih bolong-bolong belom nyunnah-nyunnahan tapi dia sih cerdas mana mau jadi perokok..."

Lalu di kemudian hari...
Yang diomongin dapet hidayah dan brenti ngeroko.
🤐Yang komen dapet apa?

"Percuma deh umrah tiap taun, pake jilbab panjang, tapi kalo ngomong ceplas ceplos banget ga dijaga...mendingan aku lah ga pake jilbab belom pernah umrah tapi lebih bisa jaga lisan...."

Lalu di kemudian hari...
Yang diomongin Allah kasih hidayah, taubat nyesel suka bicara nyablak dan tetep istiqomah umrah tiap taun.
🤐Yang komen dapet apa?

"Bu, bu,udah liat belom di ig, temen kita yang baru pake niqob itu jadi selebgram... ngajinya sih memang makin bagus, makin banyak diem di rumah juga, tapi yaa....kalo menurut aku sih kalo udah pake niqob nyadar diri dong ga usahlah selfie-selfie centil macam gitu...ga cocok....mendinglah kaya kita-kita aja sekalian jarang pengajian ya masih doyan selfie karena memang belom pake niqob yekaaaaan...."

Lalu di kemudian hari...
Wanita berniqob itu bertaubat dan menghapus semua foto selfienya di instagram.
🤐Yang komen dapet apa?

"Ah mending juga kaya kita gini kan pak, usaha lancar, harta ada, shalat 5 waktu bapak di rumah juga bisa, ga usah repot macam temen bapak itu...ekstrim...kesannya susah amat jadi orang muslim...rumah kecil begitu, anak banyak, usaha ga jelas...duuuh kasian...kasiaaaannnn.....istrinya ditutup-tutup kaya teroris, jarang gaul kaya mama gini...baju bapaknya gamis kaya daster emak-emak...ck ck ck...pindah ke Arab aja sono...wkwkwkwwk....."

Lalu di kemudian hari...
Usaha suaminya terpuruk, makin susah jaga shalat, sementara yang diomongin usahanya maju dan tetep yang dia utamakan ketaatan sama Allah.
🤐Yang komen dapet apa?

"Aneh deh saya, ibu yang pake jilbab itu kerjaannya ngomongin orang mulu....iya sih jaga shalat, ngajinya bagus, sedekahnya top deh....tapi ya itu ada aja yang dia omongin dari orang lain...mending saya aja deh belom pake kerudung tapi hati bersih ga pernah kepikiran ngomongin orang....ngaji belom bagus, sedekah jarang, tapi yang penting saya ga pernah ngomongin orang lain, bener ga..."

Lalu di kemudian hari...
Ibu yang suka ghibah itu dapet hidayah, ga mau lagi ngomongin orang karena ga mau amal ibadah dia habis diserahkan ke orang yang dia ghibahin, dan dia fokus berbuat baik sampe akhir hayatnya.
🤐Yang komen dapet apa?

Komen-komen di atas nyata adanya bu...
Terjadi di sekitar kita 😢😢

Tanpa sadar seringkali kita merasa jauuuuh lebih baik dari orang lain, meremehkan BANYAK kebaikan orang lain HANYA karena mereka punya 1-2 kekurangan yang fatal menurut kita.
Padahal, begitu Allah kasih hidayah, bertaubat dan dihilangkan keburukannya, maka menjadi LENGKAPLAH kebaikan orang tersebut 😊

Tapi kita, saking semangatnya kita komen terus keburukan orang, kita justru merasa lebih baik, padahal kebaikan kita yang 'diandalkan' itu cuma 1-2 😓😓 dan melupakan kekurangan kita yang mungkin sebetulnya teramat banyak dibanding orang yang kita asyik jadikan bahan komen.

Waktu terus bergulir, pekerjaan kita hanya terus menjadi komentator yang semakin handal melihat keburukan orang lain.
Semakin lama semakin ga sadar bahwa diri menimbun semakin banyak keburukan dan amal baikpun ga nambah-nambah 😢😓

Orang lain Allah beri hidayah asbab kebaikan yang mereka upayakan terus menerus,
Sementara diri yang senang komen merasa paling baik dengan amalan yang sebetulnya pas-pasan bahkan banyak kekurangan bisa-bisa Allah cabut satu persatu kebaikan yang masih tersisa sehingga entah apa yang bisa dibawa ke hadapan Allah.
Na'udzubillaah 😔

Merasa risau akan keburukan orang itu harus, dengan niat kita tulus inginkan kebaikan bagi mereka, belajar sampaikan nasehat dengan baik-baik.
Kalo belom Allah karuniakan kekuatan untuk menyampaikan, masih selemah-lemah iman 😔😔😔, 
minimal SAYANGI DIRI SENDIRI DENGAN TIDAK MENGGUNJINGKANNYA, karena kelak kita akan diminta pertanggungjawaban akan setiap komen tersebut.
Jika perlu menyebut nama dan kekurangan orang lain, maka sebutlah namanya di hadapan Allah dalam doa kita yang tulus.

Kita akan kaget dengan Kuasa Allah merubah seorang hamba...
Bila Allah sudah berkehendak memberi hidayah, memberi kebaikan, maka ga ada yang sanggup menghalangi....

Kalo Allah Kuasa merubah kita, kenapa kita meragukan kuasa Allah mampu juga merubah orang lain?

Kalo Allah Kuasa merubah orang lain, kenapa kita meragukan kuasa Allah mampu juga merubah diri kita?

Allah Maha membolak-balikkan hati.

Dekati orang-orang baik yang membawa hidayah.
Mohonlah hidayah pada Allah dan minta dikekalkan dalam hidayahNya.
Jangan merasa cukup dengan keadaan keimanan kita yang sekarang.
Karena ga ada jaminan apakah iman itu mampu bertahan sampai di penghujung usia kita 😓

Pengingat buat bunda juga 😷

Barakallaahu fiik

CURHAT PasutriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang