6. Plot Twist

2K 202 5
                                    

Materi: Mengenal Plot Twist
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)

Ada yang udah kenal sama si plot twist ini? Buat yang belum kenal, yuk kita kenalan dulu.
Jadi plot twist ini adalah perubahan mendadak atau tajam dari arah plot atau cerita. Gampangnya sih ya, kalian menulis suatu hal yang sebelumnya ga di sangka sama sekali oleh pembaca secara tiba tiba alias dadakan.

Jenis plot twist

Setelah tau apa itu plot twist, mari kita mengenal juga jenis jenisnya yang sering di pake dalam cerita. Jadi kalo misal kalian minat buat plot twist, kalian sudah tau jenis dan fungsinya masing masing.

Anagnorisis atau pengungkapan

Teknik ini berfungsi untuk menciptakan suspense dan membuat pembaca semakin bertanya tanya akan kelanjutan cerita kita.

Contoh penggunaannya: misal ada suatu karakter yang tanpa di duga mengungkapkan karakter lain yang selama ini terlihat baik itu ternyata musuh si tokoh utama.

Unreliable narator

Di plot yang ini, kita sebagai penulis seolah memanipulasi cerita dan memberi info palsu pada pembaca.

Jadi contohnya, misal kita membuat si tokoh A selalu di sudutkan sebagai penjahat. Si tokoh B sebagai seseorang polisi yang bekerja keras menangkap penjahat itu dengan susah payah. Di awal pembaca berpikir kalo tokoh A adalah penjahatnya karena semua bukti mengarah ke dia. Tapi ternyata si tokoh B lah penjahat sebenarnya. Jadi semua bukti yang mengarah ke tokoh A itu hanya untuk memanipulasi alur saja.

Kalo pake alur ini, kita bisa buat pembaca merasa tegang karena alur tiba tiba berubah. Membuat pembaca semakin penasaran sama si tokoh A yang sebelumnya selalu kena tuduh.

Deus ex machina

Di plot ini bakal muncul karakter, atau kemampuan baru dari karakter untuk memecahkan masalah yang tampaknya sulit di pecahkan secara tiba tiba dengan cara tidak di sangka sangka.

Misalnya, si tokoh A di sekap di suatu tempat dan di kelilingi oleh musuhnya. Terus tiba tiba ada seseorang ga di kenal yang muncul secara mendadak untuk menyelamatkan si A tadi.

Chekhov's gun.

Di plot ini,  karakter atau objek yang selama alur cerita sebelumnya kelihatan ngga berguna mendadak jadi bagian penting cerita. Si chekhov's gun ini kadang ga muncul lagi sampai suatu saat dia memang kembali di butuhkan.

Non-linear narative.

Kalo di plot ini, si karakter dan alur nya di ungkap secara acak alias tidak urut. Jadi untuk bisa memahami alur yang sebenarnya, pembaca harus merangkai potongan potongan alur acak tadi.

Jadi kaya nanti kita buat alur cerita yang acak acakan tapi berhubungan satu sama lain. Dan pembaca harus mengurutkan alur itu. Kaya misal harus ini dulu baru itu terus kalo udah urut, baru kita tahu maksudnya.

Kelebihan dari adanya plot twist ini adalah kita bisa buat pembaca penasaran sama cerita kita yang alur nya tidak terduga. Tapi kekurangannya, kadang plot twist yg kita buat berujung ga masuk akal.

Nah untuk menghindari hal itu, aku ada beberapa tips:

Yang pertama, buat plot twist yang unik, tapi tetap masuk akal sama alur cerita. Jangan sampe sangking kamu mau mengejutkan pembaca, terus kamu menghayal plot twist nya kejauhan dan berujung ga masuk akal.

Lalu, plot twist ini harus membuat cerita bergerak maju dan yang pasti, punya fungsi pada cerita. Fungsinya itu apa? Fungsinya ya membuat pembaca penasaran. Jadi sebisa mungkin buat pembaca berteori ria dengan plot twist mu. Kalo misal teorinya udah ke tebak sebelum selesai, gimana pun caranya kamu harus tetap buat twist itu menarik sampai akhir. So, meski udah ada spoiler kamu bisa pura pura menyalahkan spoiler itu dan membuat pembaca kembali penasaran.

***

#Catatan dari Kak Angel

Jangan sampai hanya fokus ke plot twist dan mengabaikan alur cerita sebelumnya.

To be Continued

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang