Materi: Tips Menulis Blurb.
Tutor: Sugarluve°°°
Annyeonghaloseyo yorobun~
Kaliini, aku mau bawa materi request dari salah satu member lagi, yaitu tentang tips menulis blurb yg menarik. Emmmm, kira kira gimana ya?Ehem, seperti biasa, sebelum kita bahas lebih jauh tentang blurb, alangkah lbh baiknya kalaw kita kenalan dulu.
Blurb itu apa sih hyung? Blurb adalah sinopsis singkat yang diletakkan di belakang novel atau bawah cover cerita wattpad kalian itu. Singkatnya, blurb ibarat teaser dari sebuah film.
Emmm, kalian pernah lihat cerita wattpad yg bagian deskripsinya singkat buanget se singkat jawaban chat doi padaku? Sering kan pasti. Mungkin, tujuan mereka adalah bikin pembaca penasaran tanpa harus membeberkan alur ceritanya./soalnya aku dolo begitu/
Tapi sebetulnya, itu nggak terlalu efektif. Mengapa?
Karena tujuannya nggak tersampaikan dengan baik hyung. Penulisan blurb pun nyatanya perlu formula loh, udah tahu belum?
Nah, berikut ini adalah hasil belajarku tentang formula yg perlu dipakai dalam menulis blurb :
1. Kondisi.
Di sini, kita menceritakan tentang situasi yang terjadi di cerita kita secara singkat. Sesuatu yang membuat cerita itu bergerak.Misal : sebuah pembunuhan berantai yang tidak terpecahkan selama bertahun-tahun kini kembali muncul dan meneror masyarakat.
Dari sini calon pembaca bisa nangkap, oh situasinya tentang pembunuhan berantai, dan nanti cerita ini bakal fokus mengungkap kasus itu.
2. Sebuah kemungkinan.
Si kemungkinan ini bertujuan untuk membangun harapan dan gambaran pada pembaca, sekaligus memancing rasa penasaran pembaca.Misal : "Mampukah Wonwoo dan Livy memecahkan kasus misterius itu?"
Ini akan membuat calon pembaca dapat gambaran tentang cerita. Seperti kalau kalian bikin laporan percobaan, pasti ada rumusan masalah. Rumusan masalah itulah yg akan jadi kesimpulan laporan. Begitu juga dengan kemungkinan yang ditulis di blurb kalian. Blurb itu akan mengarah pada kesimpulan, mampu, atau tidak mampu.
3. Nuansa cerita.
Saat kalian menulis cerita dengan bahasa puitis, maka gunakan juga gaya bahasa itu di blurb kalian. Saat kalian menulis cerita genre horror, maka gunakan juga gaya penulisan kalian di blurb.Jangan sampai blurb kalian menyebabkan org salah paham terhadap genre dan nuansa cerita kalian.
Tips tambahan:
Bikin blurb kalian singkat, tapi menarik rasa penasaran. Gimana? Sisipkan masalah. Nggak harus keseluruhan masalah, cukup secuil dan intinya aja. Orang akan penasaran kalau ada masalah bukan? Bikin blurb kalian se dramatis mungkin, tapi jangan sampai over.
Nah, itu aja materi dari aku malam ini. Sebetulnya aku juga belum ahli dalam bikin blurb. Hal yang satu ini susah-susah gampang kalau menurutku. Tapi ya, semoga kalian bisa bikin lebih baik dari aku.
•••
Question Time!
1. Blurb sama Sinopsis apa bedanya?
Sinopsis itu ringkasan secara panjang, lengkap awal, konflik, sampe akhir.
2. Blurb juga bisa diletakkan di depan cover?
Kalo diletakkan di depan cover aneh.
3. Ini namanya apa? Yang tulisan kecil itu?
Itu subjudul.
•••
Tbc
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan