28. Penyebab Gagal dalam Membangun Emosi Cerita

690 55 0
                                    

Materi: Penyebab Gagal Membangun Emosi
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)

****

Di kesempatan kali ini aku bakal bicarain ttg salah satu keluhan para penulis yaitu 'ko cerita aku gabisa nge feel sih?'

Sebenernya nge feel atau engga nya sebuah cerita itu relatif karena tingkat emosi tiap orang juga beda kan. So, kita gabisa maksain hrs nge feel ke org lain, tapi paling engga kita bisa ngebuat diri kita sendiri baper saat baca cerita itu, jd seengganya ada kemungkinan buat org lain juga bakal baper pas baca.

Penyebab gagal dalam membangun emosi cerita.

1. Masalah diksi.

Dalam cerita, setiap penulis punya kebebasan buat milih diksi, tapiiii pemilihan diksi ini juga harus di perhatiin. Jangan sampe diksi yg di pilih malah jd aneh saat dimasukkan ke cerita kamu.

2. Menulis terburu-buru.

Klo kalian buat cerita nya keburu buru kea misal di kejar dl gt, bisa jadi bakal mempengaruhi standar emosi di cerita kalian. Karena yg ada di otak kalian cuma 'pokoknya cepet selesai.' Biar maksimal, coba tenang dan jangan keburu buru.

3. Terlalu banyak tell

Aku pernah bilang ke kalian, saat buat cerita lbh baik to the point. Yg penting penting aja, yg mendukung konflik utama. Terlalu banyak narasi mungkin bisa buat pembaca bosan dan bisa mengurangi feel cerita.

4. Penulis nggak meresapi tulisannya

Sebelumnya aku udh bilang kalo soal tingkat kebaperan readers ngga bisa kita paksa, tp paling engga kita sendiri bisa baper pas baca tulisan kita. Kalo kita aja engga, apalagi orang lain?

5. Kurang mengenali karakter.

Kalian yg menciptakan karakter jd kalian juga harus kenal betul sama karakter yg kalian ciptakan. Pahami apa yg mereka rasakan, coba bayangin kalian ada di posisi mereka.

****

Question Time!

1. Itu kan ga boleh nulis buru-buru, yak? Nah, kalau semisal kita bikin cerita terus mepet sama deadline itu gimana?:"

Makannya jangan buat mepet mepet. Klo kata aku sih, misal sebelumnya kita ga mood, buat kaya drabble singkat aja dulu, yg penting ide kita ketulis. Gitu aja trs lama lama kan tulisan kita bakal jadi.  Baru nnt klo udh jadi kita revisi lagi apa yg menurut kita kurang enak di baca. Jd bakal meminimalisir perasaan di kejar" waktu dan keburu buru.

***

To be Continued

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang