37. Onomatope

661 41 5
                                    

Materi: Onomatope
Tutor: Sugarluve

Hari ini aku akan memperkenalkan salah satu hal yang sering banget kalian pake dalam bikin cerita tapi belum tentu kalian tahu, apa itu?

Onomatope

Apa sih onomatope itu?

onomatope /ono·ma·to·pe/ /onomatopé/ n kata tiruan bunyi, misalnya "kokok" merupakan tiruan bunyi ayam, "cicit" merupakan tiruan bunyi tikus

Yups, jadi onomatope adalah efek suara dalam novel. Nah yang mau aku bahas disini adalah "Seberapa Sering dan Perlukah Onomatope Dalam Cerita?"

Jadi ada yang pernah bilang kalau sebenarnya onomatope itu tidak terlalu diperlukan. Dan aku memang setuju, karena kalau bisa di deskripsikan lewat narasi, kenapa tidak?

Lalu apa onomatope engga boleh di pake? Tentu boleh. Toh tujuannya adalah supaya pembaca bisa lbh merasakan cerita. Tapi kalo berlebihan juga ga bagus ya gais.

Contoh:

Enjel melangkah pelan-pelan membelakangi si pembunuh berantai. Namun saat matanya sedang fokus memperhatikan si pembunuh, ia tidak memperhatikan langkahnya.

Krek....

Kakinya tanpa sengaja menginjak ranting kering. Pembunuh itu menengok ke belakang dan menyadari keberadaan enjel.

Drap drap drap....

Ia melangkah menghampiri enjel yang bersembunyi sambil ketakukan. Saat pembunuh itu menemukan enjel, ia langsung menembak kepalanya tanpa memberi kesempatan enjel menghindar

Dorr .

Nah daripada terlalu banyak onomatope, bisa di ganti jadi narasi deskriptif kaya misal :

Enjel melangkah pelan-pelan membelakangi si pembunuh berantai. Namun saat matanya sedang fokus memperhatikan si pembunuh, ia tidak memperhatikan langkahnya. Ranting kering yang teronggok di depannya pun terinjak lantas sebabkan suara bising yang ganggu rungu si pembunuh. 

Pembunuh itu menengok ke belakang dan menyadari keberadaan enjel. Kakinya melangkah cepat menghampiri enjel yang sibuk bersembunyi sambil gemetar ketakutan karena mendengar suara langkah kakinya.

Saat pembunuh itu menemukan enjel, ia langsung menembak kepalanya tanpa memberi kesempatan enjel menghindar. Peluru panas itu lolos dari sarangnya dan sebabkan bising yang menakutkan.

Sejujurnya, aku juga masih agak sering pake onomatope. Tetapi kalian tau ga sih, kalo onomatope ini punya suatu kelemahan yaitu tidak adanya standar baku antar suara. Misal cetar itu bisa saja menggambarkan petir, atau pecut, atau aku--eh :))

Q : Mau nanya, itu, jadi, kalo misalkan cerita genre romance itu ada onomatope gak?
Terus kalo ada, yang kayak bunyi plakk gituan bukan sih? misalnya ada cowok yg ketahuan selingkuh, kan pasti si cewek nampar muka cowok, atau kejadian si cowok bohongin cewek tentang penyakitnya, karna kecewa pasti nampar muka cowok, gitu😂

A : Ya ada atau engga nya kan tergantung penulis mau adain atau engga. Trs soal yg plak, itu iya onomatope.

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang