Materi: Bikin Cerita yang Greget
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)Okey, hari ini aku mau kasih materi tentang gimana sih caranya biar cerita kita greget. Masih berkaitan sama materi jumat kemaren soal apa aja yg ngehambat feel cerita kita.
Emmm kalian pernah baca cerita yg konfliknya asli sumpah greget bgt smp mau udahan baca jd sayang gitu. Nah, jd disini aku akan bagi sedikit tips biar cerita kalian juga bisa punya alur yg greget~
1. Siksa Karakter.
Kalian bosen ga sih, baca cerita tp protagonis nya selalu menang terus, selalu dapet apa yg dia mau, lah trs gaada konfliknya gitu. Cerita gaakan jalan tanpa konflik. Dan untuk bisa naikin tensi cerita, kita butuh konflik yang emang bener bener menyiksa karakter.
First, cari tau apa yg ngebuat karaktermu tersiksa dan makin tersiksa.
Ex: dokter bedah yg kerjaannya selalu operasi pasien dan berurusan sama darah ternyata Vampire dan dia hrs nahan nafsunya buat minum darah manusia.
2. Jangan tempatkan karakter di lingkungan yg sempurna.
Jangan tempatin karakter kalian di lingkungan tinggal yg sempurna. Misal Angel tinggal di perumahan, isinya cogan semua, baik semua, naksir Angel semua /*ashoy :v)
Nah jangan gitu ya.Jadi misal, Yaya tinggal di perumahan, tetangganya tukang julid. Yaya ini dikit di komentar itu dikit di komentar gitu.
3. Buat konflik antar karakter.
Poin nomer 2 tadi nggak harus ada, nah sebagai gantinya kita bisa make konflik antar karakter buat naikin tensi cerita kita.
Misal, Lucy tinggal di perumahan yang isinya cogan semua, ramah ramah baik baik, pada naksir ke Lucy, TAPI LUCY TERNTATA LESBIAN! jd cowo cowo yg naksir Lucy bakal susah ngedapetin hati lucy.
4. Naikkan konsekuensi yg harus di tanggung jika protagonis gagal.
Misal : Jika Yaya gagal membuat cintanya pada hasni berbalas, maka yaya akan mati karena penyakit cinta bertepuk sebelah tangannya (hanahaki).
****
Question Time
1. Kan kalo misalkalkan tempatkan karakter di lingkungan sempurna, tpi kan walaupun tinggal di tempat kek gitu, ia pasti memiliki kehidupan yg nggak sempurna kan?
Hmm iya jadi itu masuk konflik dalam diri karakter sendiri. Atau mungkin kalo melibatkan org lain, jdnya konflik antar karakter. Jd emang dasarnya ga mungkin kita buat cerita yg segalanya perfect, karena klo gaada konfliknya, maka cerita gaakan jalan.
2. Gimana tanggapan qaqa kalo di certa wp” itu nggak ada konfliknya? (Maap agak melenceng dikit)
Cerita tanpa konflik itu garing, gaakan jalan. Bahkan novel novel romance cringe menye menye aja kadang punya paling engga secuil konflik. Simple aja, mau nyatain cinta ke cewe yg di suka aja termasuk konflik.
3. Seandainya kita ngangkat konflik yang 'nggak biasa' atau rada sedikit aneh buat tokoh protagonisnya, apa nggak masalah?
Asal kesannya engga aneh dan msh nyambung sama alur ceritanya sih gapapa. Klo gini nanti kita hrs pinter pinter ngatur supaya tetep nyambung
4. Kan kalau di cerita Ada klimaks & anti klimaks, nah boleh bikin double gak ? Contohnya kayak Ada konflik antara Adi sama keluarganya. Terus Ada antiklimaksnya. Setelah itu, muncul konflik lagi / klimaks. Terus baru Ada antiklimaks kedua. Nah kalau kayak gitu boleh gak kak?
Menurut aku sih, boleh banget, karna tiap cerita pasti punya konflik yang berbeda dan pasti lebih dri 1. Trus, misalkan masalahnya muncul, trus pas udah mau dapet jalan keluar, eh malah dapet masalah lagi bahkan lebih parah dri sebelumnya
***
To be Continued
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan