Materi: Nama Pena dan Nama Tokoh
Tutor: LushitDream (Lucy)***
Penting nggak sih nama pena?
Waduh, kalo ditanya gini, aku bakal bilang nggak penting penting amat buat kita sebagai penulis.
Tapi biar keren, kita bisa pakai nama pena. Selain itu, nama pena bisa jadi ciri khas kita.
Eh kenal kak lushit dream, nggak?
Woah penulis Raras Diary kan? Ya kenal lah!
Nah seneng nggak tuh, kalo ada yang kenal kalian? Walaupun nggak dengan nama asli kalian.
Misal kalo kalian nggak punya nama pena:
Eh eh kenal Angel nggak?
Ha? Angel siapa? Nama Angel banyak kali.
Itu lho penulis Pure Love.
Pure Love yang mana? Banyak judul Pure Love yang aku baca.
Itu yang tokohnya Taehyung.
Oh yang itu.
Masak orang lain harus nyebutin cerita kita baru kenal siapa kita.
Saran aja si ya, kalau mau bikin nama pena, enaknya ada unsur nama kita. Jadi mereka bisa manggil siapa kita tanpa pake nama pena yang menurut mereka susah.
Misalnya
》LushitDream : Luci
》Bellazmr (Penulis Flesh Out) = Bella
》Asyifashi (Penulis Regret) = SyifaNggak usah terlalu dipikirin ya temen temen. Seenak kalian aja gimana. Oke!
Nama tokoh bikin pusyeng
Siapa yang disini suka bingung cari nama tokoh?
Siapa yang disini paling mentingin nama tokoh?
Siapa yang disini pusing kesana kesini riweuh sama nama tokoh?
Hayoooooo tayooooo... (*eh garing! Basahin dong!)
Nama tokoh itu emang penting, kalo nggak ada namanya, ibarat kita chatingan sama mantan tanpa nyebut namanya😑
(*bukan curhat)Note dari Lucy: Penting tapi jangan diambil pusyeng
Aku sih termasuk tipe penulis yang suka asal tempel nama. Terlebih lagi aku lebih seneng tempel nama temen aku yang cocok sama karakter didalam karya yang aku tulis.😂😂Tapi inget ya, nama itu akan tumbuh dibenak pembaca karena karakternya. Tanpa karakter yang timbul atau khas, pembaca nggak bakalan inget sama novel yang ia baca.
Misalnya:
Contoh 1
Lu kenal Shenda nggak?
Shenda? Yang mana?
Itu lho yang hobi petakilan, anak karate, tukang ngeles diruang BK.
Oh iya gua tahu.
Contoh 2
Elo tahu Berlin nggak?
Oh Berlin yang galak, judes, suka ngehajar member ANG yang ngelanggar rules? Dia kan emaknya ANG.
Nah,
Shenda dikenal karena petakilan, anak karate dan tukang ngeles. Sedangkan Berlin dikenal sebagai emak yang galak di grup ANG.Nama mereka akan timbul di benak pembaca maupun orang lain. Kalo misal nggak ada karakter yang menonjol dari nama tersebut, jadinya pembaca malas buat nginget nginget namanya.
W. R Supratman = Pencipta Lagu Indonesia Raya
Ir Soekarno = Presiden Pertama IndonesiaKalo misal nggak ada karakter menonjol,
Eh lu tahu Zisya?
Zisya mana?
Zisya yang pinter itu lho.
Yang pinter banyak kali, Ci.
Ya pokonya namanya Zisya.
Ah nggak tahu.
Akhirnya mereka nyerah, lebih milih bahas Jimin BTS daripada bahas Zisya.
Ada tuh yang sampai sampai bikin nama tokoh sampe cari di google, cari artinya. Ribet amat kayak hubungan aku😉
Note lagi dari Lucy:
Carilah nama yang jangan terlalu sulit sampe kamu ngetik aja susahnya kayak dapetin doi😦. Yang penting kamu bisa menimbulkan karakter yang bisa membekas di hati para pembaca. Tapi inget, harus realistis.
****
QUESTION TIME!
1. Cara ngebikin nama pena sendiri gimana? Kadang suka buntu gaada ide samsek buat bikin nama pena, jdnya pke nama asal2an :(
Aku pribadi sih nggak tahu tiba tiba kepikiran. Aku pake nama panggilan aku, kemudian aku gabungin sama fenomena lucid dream karena cara bacanya sama. Kalo kak Asyifashi itu katanya kan namanya asyifa, lah dia tambah dengan syi, karena mengganggu kebanyakan Y, akhirnya pake H.
2. Aku personal pake nama pena tanpa unsur nama asliku. Apa itu bakal mengganggu dan susah dikenal khalayak umum? Seandainya iya, apa aku perlu ganti nama pena?
Nama pena itu nggak penting-penting amat kak. Kalo misal kakak udah sreg dengan nama itu fine fine aja. Kayak tere liye, sampe sekarang kita nggak tahu nama aslinya.
3. Penting gak sih buat nama tokoh yang ada artinya, soalnya aku suka kek gitu. Trus gimana kalau umpanya kita punya nama penah yang sama kayak tokoh yang ada di cerita kita, kayak digabung gitu
Ini sih niat banget. Tapi malah lebih bagus sih. Aku juga kadang cari di KBBI. Untuk nama pena tuh terserah kakak gimana baiknya aja. Kalo itu bisa kenapa enggak.
To be Continued!
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan