Jadi ANG baru kedatangan author dari luar nih. Namanya Kak Helty, agak unik ya namanya. Kakak Author hebat ini telah membagikan ilmunya pada kita. Kebetulan Kak Helty ini sudah menerbitkan beberapa karyanya. Hebat ya?
Biodata:
Narasumber : Helty Makmur
Nama pena : HeltyMk
Domisili : Makassar
Instagram: @heltymakmur
Wattpad : heltymakmur
Motto hidup : Hidup adalah sebuah perjalanan, maka menulis dan berkaryalah untuk mengenang apa yang kamu lalui kemarin.
Kesibukan : Mahasiswi + Penulis
Hasil karya : Asmara Anak SMA (terbit), Catatan Rasa (proses penerbitan), Adnan Kekasih Halalku (Wattpad), Aku, Setelah Kehilanganmu (Wattpad), Lost You In 2015 (Wattpad).
Bio penulis : Penduduk langit yang sedang berkelana di bumi.
Tokoh fav : Ibuku, ibuku, ibuku, dan ayahku.***
Baiklah, pada kesempatan ini saya hanya akan menyampaikan sedikit pengetahuan saya soal senandika, juga di akhir-akhir materi nanti ada sedikit bonus tentang bagaimana meningkatkan motivasi dalam menulis.
Ok, awal ketertarikan saya pada senandika dimulai saat saya sedang dalam fase jatuh sejatuh-jatuhnya (alias baru saja mengalami patah hati, hehe biasalah anak muda). Awalnya, saya cuma iseng-iseng nulis beberapa narasi tentang bagaimana perasaan saya kala itu. Saat itu, saya sendiri tidak tahu senandika itu apa, apa perbedaan senandika dan prosa serta puisi pada umumnya. Saya benar-benar masih buta akan hal itu. Padahal, bisa dikatakan bahwa setiap hari saya cuma mengomsumsi jenis tulisan ini, lho. Setiap hari, makanan saya cuma buku-buku terbitan media kita yang kebanyakan jenis tulisannya adalah senandika. Tapi kembali lagi, saya masih buta akan hal itu.
Hingga tiba di suatu hari, saya penasaran dengan jenis tulisan dari buku-buku yang akhir-akhir ini menjadi makanan saya. Di situlah saya baru tahu dari salah seorang teman, bahwa ternyata buku yang saya baca ini adalah jenis tulisan senandika. Ketertarikan saya berlanjut saat saya dan beberapa teman virtual saya sepakat akan melahirkan karya sebuah buku antologi senandika-puisi (yang insya Allah akan terbit pada bulan November nanti, aamiin).
Menurut saya pribadi, senandika itu seperti curhatan kita dalam sebuah diary. Yang lahir tahun 80an-90an pasti tahu gimana serunya nulis diary terus diary-nya dipakein gembok, hahahaha.
Senandika adalah jenis prosa baru atau bisa juga disebut prosa naratif. Di sini saya akan memaparkan pengertian dasar dari senandika menurut KBBI dan Wikipedia.
Senandika memiliki satu arti. Senandika memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga senandika dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Senandika berarti wacana seorang tokoh dalam karya susastra dengan dirinya sendiri di dalam drama yang dipakai untuk mengungkapkan perasaan, firasat, konflik batin yang paling dalam dari tokoh tersebut, atau untuk menyajikan informasi yang diperlukan pembaca atau pendengar.
Dewasa ini, senandika sudah mulai banyak dilirik oleh banyak penulis-penulis muda, mungkin karena bahasanya yang mudah dipahami dan kebanyakan merasa “Ini gue banget ceritanya.” Hingga membuat senandika tengah berada di atas angin.
Senandika tidak memiki aturan dan rima yang mengikat, ia cenderung menggunakan bahasa sehari-hari dan menggambarkan sosok aku yang tengah jatuh cinta, merindu, atau patah hati kepada sosok kau. Sejatinya, senandika adalah proses seorang penulis melepaskan kerumitan rasa dan asa yang hanya mampu dituangkannya dalam sebuah tulisan.
Tidak semua senandika adalah kisah nyata, terkadang ide menulis senandika muncul kapan saja. Bisa dari bagaimana perasaan kita saat ini, pengalaman kita kemarin, atau bisa juga ide itu datang lewat dari cerita sahabat atau teman-teman kita yang tak sengaja nyantol diingatan. Yang jelas, banyak cara dan banyak jalan bagaimana mencari ide untuk menulis jenis tulisan ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan