Materi: Seputar Prolog
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)****
Penggunaan prolog.
Pada penggunaannya, memang nggak semua penulis itu memakai prolog dalam karyanya. Terus gimana kita mutusin mau pake prolog atau engga?
Pertama, kita pahami lagi fungsi prolog, yaitu buat mengenalkan karakter cerita dan tema cerita kita, serta buat mengenalkan arah jalannya cerita. Soal jalannya cerita ini, kita bisa buat lewat potongan adegan yang kemungkinan bakal muncul di beberapa chapter berikutnya, atau di epilognya. Jadi, si pembaca akan berujung penasaran pada full adegan tersebut.
First nya sebelum buat prolog sih, kita harus mengenali cerita kita sendiri. Paling engga punya gambaran tentang mau di kemanain alur cerita itu.
Atau misal, kamu punya buku yang ber seri atau sekuel. Kamu bisa kasih prolog di awal kelanjutan buku itu. Isinya? Bisa tentang backstory di buku sebelumnya. Backstory di sini adalah tentang konflik dan masalah genting yang terjadi di buku sebelumnya.
Yang perlu di perhatikan, untuk prolog, kita bukan memperkenalkan tokoh , tapi hanya tema, karakter dan sebagian jalan cerita. Hindari perkenalan tokoh karena bisa jadi akan membuat pembaca tidak penasaran pada cerita kita. Pengenalan tokoh bisa di lakukan di chapter lain sesudah prolog.
Membuat prolog.
Kalo buat aku pribadi, sebenernya ga terlalu sering pake prolog. Karena biasanya pas udah bikin prolog trs ga bisa di post. Tapi buat yang suka bikin cerita dengan prolog perhatikan soal, prolog itu ngga perlu panjang, asal isinya greget dan berhasil bikin orang penasaran sama jalan cerita kita.
***
QUESTION TIME!
1. Berarti kalau pengenalan karakter itu bukan prolog, kan?
Karakter itu prolog termasuk nya yang engga adalah tokoh nya. Karakter yang di maksud di sini adalah karakter cerita atau bisa jadi bocoran karakter satu tokoh.
2. Mengenali cerita maksudnya gimana?
Gini lho, maksudnya kita harus tau cerita kita genre nya apa, mau di bawa kemana alur cerita kita. Jangan prolog nya horror, terus jatohnya jadi romantis menye menye kan ga lucu. Jadi jangan sampe prolog kita melenceng dari kelanjutan cerita
3. Cara Membuat Prolog yg menarik bagaimana?
Aku lbh sering pake perkenalan karakter dlu 🤦♀Kalo mau buat prolog yang menarik, kita bisa ambil gambaran dari imajinasi kita tentang kejadian apa yang kira kira bakal terjadi di chapter selanjutnya, tapi kejadiannya juga harus greget. Makannya tadi aku bilang kita harus tau dulu mau di bawa kemana alur cerita kita.
4. Kalo kita nih. Biasanya saat kita mau lanjutin cerita. Padahal dari awal udah kayak mikir ini itu gitu. Tapi lupa. Nah kalau seandainya diubah nanti nggak sesuai ekspetasi awal. Nah itu gimana caranya mempertahankan cerita itu.
Udah buat prolog nya? Kalo udah ada prolog, biasanya kita bisa liat lagi buat membangkitkan imajinasi.
Kalo saran aku sih ya, kalo seandainya kamu lagi stuck di satu chapter gitu, coba kamu berhenti nulis dulu trs cari inspirasi. Inspirasi kan bisa dateng darimana aja dan kapan aja. Kalo aku krn nulis nya ff jadi biasanya ide muncul pas mau tidur sambil merhatiin foto bias, biasanya dpt ide ttg mau di gimana in cerita kita.
Atau ngga coba baca baca buku karya penulis lain, itu juga bisa menambah inspirasi. Bukannya njiplak adegan atau gimana cuman kaya biar ada gambaran aja.
5. Kalo misal disangka plagiat gimana?
Kan ada beda, sayang, njiplak sama terinspirasi :')
Makannya jangan jiplak. kita cuma baca biar ada sedikit pencerahan trs bisa mengembangkan sendiri dgn versi kita.
Ya kan Pasti slalu ada Ide yg sama yg pnting kan kata2nya ga sama. Klo sma percis baru tuh plagiat
***
#Catatan dari Kak Angel
Kesimpulannya, kalo misal kita kau mutusin pake prolog, kita harus mengenali cerita kita sendiri, buat prolog yang singkat tapi menarik minat pembaca.
To be Continued
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
No FicciónDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan