43. Plot Twist pt. 2

442 34 2
                                    

Materi: Plot Twist
Tutor: Sugarluve

•••

Kali ini aku bakalan bahas tentang plot twist. Ini udh pernah dijadiin materi di ang sih, dulu. Buat yg udh baca materi kepenulisan ang pasti tau, cuma kali ini aku mau nambahin beberapa hal tentang plot twist. Apa ya?

Btw peringatan, materinya panjang dan bikin sakit mata plus sakit kepala karena aku ngetiknya dadakan spt tahu bulat. Sabar sabar aja ya gais, Aku harap kalian paham :)

Pertama, aku mau ajak kalian kenalan sama plot twist. Plot twist itu apa sih?

Plot twist adalah perubahan mendadak atau tajam dari arah plot atau cerita. Simpelnya perubahan plot ke arah yang nggak disangka sama pembaca alias mengejudkan skali.

Nggak mau memungkiri, plot twist ini emang berguna buanget buat bikin cerita kita makin greget. Di sini, pembaca bakal ditipu habis habisan sama penulis dan alur ceritanya. Oke, menipu itu baik.g

Setelah kenalan sama apa itu plot twist, skrg kita kenalan sama jenis jenisnya. Ada apa aja?

1. Unreliable narator.
Sesuai namanya, unreliable narator artinya narator yang tidak bisa dipercaya. Kok gitu? Iya soalnya narator di sini bertugas sbg tukang tipu alias memanipulasi dan ngasih info palsu ke pembaca.

2. Anagnorisis (pengungkapan)
Teknik ini bakal mengungkap informasi yang tidak diduga pembaca sekaligus karakter. Simpelnya gini, kalo di yg nomer 1 karakternya sengaja ngebohongin pembaca, nah si nomer 2 alias anagnorisis ini karakternya nipu pembaca, tapi dia juga ketipu.

3. Deus ex machina.
Muncul karakter atau kemampuan baru dari karakter secara tiba tiba untuk memecahkan suatu masalah sulit.

4. Chekhov's gun.
Karakter yang sebelumnya nggak berguna mendadak jd bagian penting cerita.

5. Non linear narative.
Pengungkapan karakter dan alur secara acak.

Nah, berdasar jenis di atas, aku bakal bagi plot twist ke dalam beberapa bagian, apa aja?

1. Plot twist tokoh.
Di sini kita bakal memunculkan suatu pertanyaan yaitu "siapa yg melakukan?"
Udah jelas di sini identitas pelaku bakal disembunyikan, tapi gimana caranya bikin identitas itu nggak terduga?

Yang pertama, kita bisa pakai teknik "pelaku adalah si aku alias tokoh utama".
Ini adalah perwujudan dari unreliable narator, karena ini bakal bikin pembaca merasa dikhianati sama si tokoh utama. Kalo kalian pernah nonton drama 'Trap' aku pikir itu bisa masuk dalam kategori itu. Soalnya karakter utama di sana bener bener nipu pembaca. Awalnya dia bertindak kaya korban, tapi ternyata bukan. Kalo penasaran nonton deh coba.

Kedua, ada teknik "pelaku adalah tokoh yang penting bagi tokoh utama". Di sini bisa jadi misal keluarganya, temen dekatnya, atau pacarnya. Plot twist yg satu ini aku temuin di drama '365: repeat the year'. Buat yg pernah nonton juga pasti kaget pas tahu kalo penjahat ternyata adalah org yg paling penting buat tokoh utama, bahkan gara" org itu si tokoh utama sampe masuk ke permainan misterius yang bikin pemain lain tewas.

Sebetulnya aku pernah pakai metode ini di cerita aku yg judulnya 'Awake' yg penasaran bisa cek di wp aku sugarluve/*ekhm promosi.maap.

Teknik ketiga, "pelaku adalah orang yang sekilas nggak penting". /kasian bgt dia bukan prioritas. Yg ini adalah kebalikan dari 2 yg sebelumnya, soalnya kali ini kita pake karakter sepele yg bahkan nggak diperhitungkan pembaca. Tapi ada tapinya, si karakter ini harus punya scene yg bikin pembaca tetep bisa ingat sama dia. Jgn smp pembacanya bingung "loh ini saha? Aku gatau ko tbtb nongol?"

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang