Materi: Plot Hole dan Resep Mengatasinya.
Tutor: Sugarluve•••
Annyeonghaloseyo semuanya~
Kali ini, aku bawa request materi dari salah satu admin, yaitu tentang plot hole dan cara mengatasinya. Udah kenal sama plot hole belum?Buat yang belum kenal, plot hole ini bagaikan virus dalam dunia kepenulisan. Kalo cerita kalian terserang plot hole, rusak sudah semua rasa yang kalian bangun dari awal cerita.
Plot hole secara ringkas berarti ketidaksesuaian cerita dari awal sampai akhir.
Plot hole bisa meliputi inkonsistensi alias nggak konsistennya penulis, kontradiksi atau penjelasan hal secara bertentangan dari ketetapan sebelumnya, ketidak logisan, dan kesalahan faktual meliputi waktu dan tempat.
Aku pernah ngalamin plot hole sewaktu sewaktu outline cerita lamaku kehapus semua sedangkan aku udah lama nggak melanjutkan cerita itu. Kesel banget kalo inget.
Lha terus pie biar plot hole ini nggak menyerang cerita kita?
Supaya cerita kita nggak terserang plot hole, maka ini adalah hal-hal yang harus kita lakuin :
1. Bikin outline.
Ini adalah resep paling umum yang udah diketahui banyak orang. Saat membahas outline, biasanya ada yg tanya "apa hal itu wajib dilakukan sebelum nulis cerita?" Nggak kok. Nggak wajib ada, tapi kalau ada lebih baik, karena si outline inilah yang akan menghalau plot hole. Gampangnya, anggap aja outline sebagai antibodi cerita kalian.uhuk.2. Baca chapter-chapter sebelumnya.
Ini cuma berlaku buat cerita yang bersambung ya, secara kalo nggak bersambung alias cuma 1 part ya ngapain baca part sebelumnya. Ini juga berlaku buat kalian yang udah lama nggak melanjutkan cerita itu. Baca ulang bisa merefresh jalan cerita yang kesimpen di otak kalian, dengan begitu, gaada deh yang namanya plot hole.3. Tetapkan bagaimana dunia kalian berjalan.
Yang ini paling utama untuk genre fantasy. Dalam genre fantasy, pastinya kita punya universe kita sendiri, yang hukumnya beda dari dunia nyata, pokoknya segalanya beda dari dunia nyata. Maka tetapkanlah gimana dunia kalian berjalan, sehingga nggak akan ada plot hole. Misal, di awal cerita kalian bikin monster yang bisa dimusnahkan pakai api. Eh di chapter berikutnya kalian musnahin monster pakai air. Nah metode ini berguna buat menghindari plot hole seperti barusan.4. Lakukan penelitian menyeluruh.
Riset emang penting banget, terlepas dari genre apapun yang kalian ambil. Kenapa? Ya supaya cerita kita tetap berjalan dengan logis.5. Beri penjelasan yang cukup untuk tiap sesuatu.
Jangan sampai mendadak muncul tokoh baru yang nggak diketahui identitasnya tapi ikut ikutan menyerang tokoh utama. "Lah dia siapa? I dont even know who is tokoh baru itu." Jangan sampe pembaca mikir gitu.Lalu bagaimana kalo misal cerita kalian sudah terserang plot hole?
Ini adalah beberapa hal yang aku lakuin buat melawan plot hole di cerita aku kemarin :
1. Coba kasih penjelasan masuk akal untuk mengalihkan plot hole.
Misal, dulu kalian nulis tentang si penjahat yang kidal. Lalu, tiba-tiba di chapter berikutnya kalian lupa dan nggak sengaja bikin adegan penjahat menodongkan pistol ke polisi pakai tangan kanan. Nahloh. Daripada bikin dari awal, coba kasih penjelasan masuk akal seperti si penjahat selama ini ternyata cuma pura pura kidal untuk mengelabuhi profilnya di tangan polisi, supaya penyelidikan berjalan dengan sesat.2. Ubah kegagalan jadi peluang, ubah plot hole jadi plot twist kecil-kecilan.
Di awal kalian tulis kalau si A kehilangan pacarnya karena kecelakaan. Tapi setelahnya, kalian tulis si A kehilangan pacarnya karena dia bunuh diri. Tinggal bikin aja jadi gini "si A sebenarnya nggak punya pacar, dia cuma halusinasi." 😀Oke. Lanjut ke yang terakhir.
3. Revisi cerita kalian.
Ttttapi, metode ini cuma bisa mengatasi plot hole buat pembaca yang belum dan akan baca cerita kalian. Kalo yang udah baca? Ya sorry sorry sorry sorry nega nega nega monjo/*jangan nyanyi/ tapi pembaca sudah bakal terlanjur merasa aneh dan kehilangan rasa. Tapi gapapa, lebih baik daripada ga direvisi sama sekali.•••
Tbc
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan