Materi: Mendesain Karakter
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)****
Kali ini aku akan kasih tau beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum kalian mulai desain karakter. Kenapa sih harus tau? Supaya karakter kalian tertata dan engga memicu timbulnya plot hole.
Apa yang pertama kali harus ada saat mendesain karakter?
1. Tujuan.
Sebelum nentuin hal lain kita harus pastiin tujuan karakter kita. Misal, Angel fangirl garis keras dan dia berusaha buat deket sama Jaemin selaku idolanya. Setelah nentuin tujuan seperti ini, karakter kita nantinya akan berjalan sesuai tujuan. Jadi yg bakal muncul nantinya pasti cara angel deket sama Jaemin dll.
2. Sifat.
Setelah menentukan tujuan, kita tentukan sifat karakter yang akan kita buat. Karakter macam apa yang sesuai sama tujuan cerita kalian? Misal Angel yg tadi fan girl garis keras, maka karakternya kemungkinan delusional, ceria, dan dia selalu semangat buat apapun.
Oiya, jangan lupa kasih kelemahan dalam cerita kalian. Misal angel tadi, kelemahannya dia gabisa bertatapan muka sama orang yang dia suka, Nanti mukanya bakal langsung merah gitu. Nah itu akan jd konflik kecil kecilan dalam cerita kalian.
3. Nama.
Terakhir, nama. Nama yang mengandung arti khusus, sesuai dengan jalan cerita itu lebih bagus. Kaya misal pas event ang buat cerbung aku buat cerbung judulnya blue. Tentang cewe yang punya kelainan dan rambut, mata, bahkan darahnya itu biru. Aku kasih dia nama Yoo Chan. Chan artinya biru.
Dan, cari nama yang unik tapi gampang diingat. Eh iya, sebisa mungkin jangan pasaran. Jd saat pembaca denger nama itu, pembaca bakal langsung konek ke cerita kamu. Kaya misal alana, banyak tuh orang yg pake nama alana. Begitu di sebut alana mereka pasti 'alana yg mana? Dari cerita mana?'.
Untuk nama kalian bisa intip di situs nama bayi juga kalo semisal bingung.
NOTE DARI KAK ANGEL: Tujuan, sifat karakter, dan nama karakter kalian supaya sekalipun nnt kalian hiatus lama, kalian gaakan lupa sama tujuan awal cerita kalian dan engga timbul plot hole.
To be Continued!
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan