27. Logika dalam Cerita

634 42 0
                                    

Materi: Logika dalam Cerita
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)

***

Kalian pernah ga nemu cerita, genre nya bukan fantasy atau sejenisnya, trs karakter dalam cerita itu yg tadinya org normal jd punya kekuatan super tbtb dan tanpa alasan?

Sebagai contoh aku mau kasih gambaran gini aja:

Yaya murid sekolah biasa, tbtb dia bisa liat masa depan suram temen temennya.

When kalian mau buat alur cerita kaya gitu, kalian gabisa langsung ngejadiin Yaya bisa liat masa depan temen temennya. seengganya, kalian perlu perantara. Bisa jadi sebuah peristiwa, dll.

Nah nah, biar cerita kalian masuk akal dan nyambung, enjel yg cuantiiik ini bakal berbagi tips sama kalean. Apa itu? Ini dia beberapa hal yg harus di perhatikan saat menentukan peristiwa dalam cerita :

1. Punya Penyebab.

Ketika aku buat Lucy tiba tiba di gebugin sampe bonyok sama jungkook di dalem cerita aku, tp gaada penjelasan kenapa lucy bisa di gebugin? Cuma karena 'ya aku prngen'. OH NO NO NO, itu salah fatal syekalih. Pembaca bakal bingung dan yg pasti jd anehh.

So, kalo kalian mau menentukan peristiwa pastikan ada *penyebabnya* .

Sekarang aku buat gini, Lucy di gebugin Jungkook karena Lucy nyolong hp nya Jungkook bcz hp nya lucy kentang dan dia pengen hp baru, jd jungkook marah pas hp nya di colong lucy dan berakhir lucy di gebugin.

Lebih jelas ya?

2. Masuk akal.

Masuk akal ini penting ya. Emm sebagai contoh misal Yaya punya penyakit alzheimer trs tbtb dia sembuh sendiri tanpa obat apa apa. Setau aku itu penyakit yg gabisa di sembuhin dannn kalo tanpa obat apa apa bisa sembuh berati ada keajaiban kali ya, but apa itu masuk akal?

3. Sesuai fakta.

Sesuai fakta di sini maksudnya adalaaaahh, sesuai sama apa yg di terangkan di chapter sebelumnya.

Misal aku buat cerita. Di chapter sebelumnya di tulis kalo Jimin itu benci bgt sama Yaya. Tapi di chapter berikutnya aku malah buat Jimin peluk pelukan mesra sama Yaya, kan ga sesuai fakta. Faktanya kan Jimin benci sama Yaya.

4. Penting.

Pastikan bagian yg kalian tulis itu penting dan mempengaruhi konflik utama cerita. Kalo engga? buang aja.

***

QUESTION TIME!

1. Jika jenis genre cerita kita adalah fantasi, apa nggak masalah kalo buat yang diluar nalar. Misalnya kayak kuda berkepala tikus, atau banteng berekor ikan.

Kalo cerita kita fantasy ga masalah buat yg di luar nalar, karena fantasi itu gaada batasan. Kita bebas mau menuliskan imajinasi kita dlm genre fantasi.

2. Kalo mau nyambung, masuk logika, cara riset yang bener gmna? Kan ada aja tuh yg hoax hoax.

Kalo aku cari di website yg emg udh terpercaya, atau kalo kebetulan kenal someone yg lbh tau ttg hal yg akan kita riset, lbh baik tanya langsung.

3. Sepenting apa riset biar masuk logika?

Sepenting aku bagi jaemin alias sangat penting. Karena riset itu salah satu cara buat mengetahui fakta suatu hal yg akan kita tulis di cerita kita

4. Gmna klo wktunya abis buat riset? Misal cuma buat narasi ngejabarin tempat di busan, eh risetnya ampe sejam gra gra datanya kurang

aku gatau. Aku ga pernah riset smp se jam. Klo misal ada sesuatu yg gabisa aku temuin ya aku gaakan jabarin atau aku akan ganti tempat. Biasanya gitu, dan ini aku loh ya.

5. Suka sebel bat ama penulis yg sotau tntang suatu hal yg sbnrnya kita kuasai. Pas dikritik malah dia marah marah bilangnya uda riset. Gmna dong itu?

Biarin aja udh biar dia ngeyel krn malu salah.

6. Ftv sinet kan bnyak yg ga logis, crta di wp jg bnyak misal keserempet malah amnesia. Tapi malah famous dan bnyak dsukai. Gmna tuh?

sebuah bukan cuma ttg famous apa engga nya, tp bermutu apa engga? i mean sbg penulis kita hrs bisa mempertanggung jawabkan karya kita juga kan, kenapa harus niru yg jelek cuma buat famous kalo kita bisa ciptakan yg lbh bagus?

***

To be Continued

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang