11. Once Upon a Time, Nggak Bisa Konsisten

1.1K 109 8
                                    

Materi: Nggak Bisa Konsisten
Tutor: LushitDream (Lucy)

"Eh kok nggak diterusin sih ceritanya?

"Argghhhh gua lupa ide awal gimana?"

"Arghhh lagi males nulis."

"Banyak tugas."

Banyak ya alibi yang kita keluarkan kalo misal ada yang nanya kabar karya kita. Malas, satu kata buat kita berhenti buat nulis. Atau mungkin kena writer block.

Pengen cepet cepet selesein cerita karena udah jamuran/lumutan. Tapi bingung mau nulis apa. Bingung gimana tadi ide awalnya. Gimana ngatasinnya.

Sering kita temui diberbagai karya di WP. Yang dideskripsi ceritanya ada tulisan.

Update setiap Senin dan Sabtu

Update seminggu sekali.

Salut untuk penulis yang bisa membagi waktu. Bisa aja itu kita lakuin asal ada niat. Masak mau sukses, masak pengen karyanya ditawar penerbit nggak mau disiplin.

Ada nih pasti yang kelamaan nggak update atau nulis, lupa ide awalnya kayak gimana. Atau bahkan stuck dan kena writer block.

× Tips Konsisten Nulis

》Awali dengan niat. Aku pengen ini aku pengen itu, niatin dan jangan lupa jalanin.

》Buat jadwal. Harusnya kita bisa bagi antara kita harus nulis atau belajar, main, dll.

》Sebelum nulis lebih baik bikin outline (kerangka). Biar kalo saking sibuknya kamu nggak lupa sama ide awal.

》Jaga kesehatan. Jangan lupa makan, pura-pura bahagia juga butuh tenaga. Jangan terlalu dipikir pusing hal-hal yang nggak penting. Itu juga berpengaruh lupa sama apa yang kamu cita-citakan.

》Fokus sama tujuan. Ini penting, tujuan kamu buat karya ini untuk apa. Jangan patah semangat saat orang bilang ini itu tentang karya kamu. Jadi penyemangan dan jangan lupa atur jadwal buat revisi juga. Typo kebanyakan bikin sakit mata.

One Work. Kenapa aku bilang gini? Ya karena aku sering lihat penulis saking banyaknya ide yang muncul dia buat lagi cerita baru, padahal cerita yang ini belum kelar. Sabarlah. Satu work aja nggak selesai selesai. Kalo emang kamu bisa ngatur waktu dan banyak waktu senggang.

》Jangan lupa cari inspirasi dengan baca-baca buku/cerita biar ada peningkatan pemilihan diksi dan kosakata.

》Motivasi diri sendiri.

"Oh iya hari ini gua harus update. Kasihan para reader gua gantungin. Sakit banget pati kalo digantungin, aku aja sakit banget digantungin."

》Jangan baper. Ini nih penyakit penulis kebanyakan.

POKOKNYA HARUS 100 VOTE 80 COMMENT. KALO ENGGAK SAMPE AKU NGGAK BAKALAN UPDATE!

Ya Allah, kalo aku tangan udah gatel-gatel pengen nulis.

Kamu harus yakin sama karakter dan ide yang kamu buat di karya itu. Jangan minder mentang mentang pembaca sedikit. Ayolah, come on!

Aku yakin kalo misal kalian rajin update, tiap hari ejaan, diksi semakin meningkat, pasti pembaca akan mampir sendiri kok. Percaya deh sama aku. percayalah....

Note:
Kalo misal nggak bisa update hari itu juga. Nggak masalah, yang penting jangan kelamaan. Update sebulan sekali, readers keburu hapus dari perpustakaan ngiranya kamu stuck sama ide kamu.

Nggak usah susah susah nyari ide antimainstream. Cari ide yang mainstream tapi kamu harus mengemasnya jadi antimainstream. Biar mereka ngerasa dapet amanat dari cerita kamu. Percuma cerita bagus nggak ada amanatnya.

Ada lagi nih Tips ketika stuck lupa ide awal dan belum bikin outline.

>> Lihat prolog dan deskripsi cerita yang kamu buat kembali.

>> Kalo misal nggak ada, cari inspirasi dengan baca buku, ebook, Wp, nonton film, ngedrakor, nonton anime atau apalah. Kemudian jika sudah, bikin outline.

>> Dengerin lagu yang maknanya dalam. Pasti ada lagu yang ceritanya kayak karya yang kalian buat. Lihat arti maknanya, mungkin bisa terinspirasi. Ini bukan nyontek, tapi kita terinspirasi sama lagu itu.

>> Saat mau nulis, jangan mikirin quotes dulu. Kelamaan, nanti lupa lagi. Manusia kan gitu, lupaan orangnya. Nanti bikin quotes setelah bikin part itu. Lihat aja, pasti quotesnya nanti lebih dalam terus lebih kayak amanat di part itu😂

Q: Gimana cara lawan malas buat ngetik cerita tersebut sedangkan alur ceritanya udh kepikirin

A: Malas ya. Kalo cara ngatasin malas tiap orang kan beda beda kak. Jadi kalo malas jangan ngetik dulu. Nanti jatohnya jelek. Coba deh kakak nulis nulis diary atau apa. Itu juga bisa meningkatkan semangat. Menurut riset yang pernah aku baca digoogle, menulis diary atau hal keseharian bisa mengurangi stres.

****

28 Maret 2k19

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang