Materi: Mengenal Vote Trading
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)Vote trading kalo di artikan berarti jual beli vote. Atau lebih jelasnya, saling bertukar vote atau menggunakan vote sebagai hadiah untuk keuntungan bersama.
Dan yang paling penting, vote trading ini tidak diizinkan di wattpad.
Kalo misal ada penulis yang baca cerita kamu, lalu minta di feedback, itu ga masuk vote trading ya. Vote trading itu ketika si penulis A vote semua cerita si B tanpa di baca dan meminta si B melakukan hal yang sama. Jadi cuma saling vote doang tanpa nge baca ceritanya. Kalo gini, ngerasa di hargain ga kalian?
Ya kali cerita ngga di baca, cuma di vote doang. Ibarat kalian jualan makanan, ada orang yang beli doang abis itu makanannya di buang, ga di makan. Kan miris.
'menggunakan vote sebagai hadiah untuk keuntungan bersama'
Maksudnya apa sih?
Ini misalnya vote tersebut di lakukan sebagai bayaran atau syarat.
Contohnya?
Misal kamu menawarkan untuk me review ceritanya si A tapi kamu minta buat si A nge vote ceritamu. Itu termasuk vote trading.
Atau kamu punya misal cover shop, promosi cerita dll, tapi syaratnya harus vote cerita itu. Itu juga masuk vote trading loh guys.
Karena kalo vote trading ini kalian lakukan berkali kali, nggak menutup kemungkinan akun kalian jadi korbannya.
Kalo ga percaya silahkan cek di kebijakan wattpad, di sana tertulis kalo vote trading tidak diizinkan di wattpad, yang mana jika kebijakan itu di langgar berulang ulang maka akan memungkinkan akun si pelanggar ini di tutup oleh pihak wattpad.
Sekian terimakasih, semoga penjelasan aku kali ini bermanfaat bagi kalian semua ^_^
Note dari Kak Angel:
Nah, kalian para penulis cermat cermat lah dalam menggunakan kesempatan memberi vote. Kalau punya suatu work seperti cover shop atau promosi cerita dll, jangan gunakan syarat 'vote semua cerita di akun ini' atau semacamnya.***
QUESTION TIME!1. Klo saling memfollow itu gimana?
Ini ga masuk vote trading kak.
***
6 Mei 2019To be Continued!
KAMU SEDANG MEMBACA
Materi Kepenulisan ~Author Next Generation
Non-FictionDisini adalah tempat dimana kami membagi sedikit ilmu yang kami miliki dari perkumpulan Author Next Generation ~ Materi Kepenulisan