13. Jadi Famous Tanpa Harus Drama

1.2K 114 9
                                    

Materi: Famous Tanpa Harus Drama
Tutor: Sugarluve (Kak Angel)

JADI FAMOUS TANPA HARUS DRAMA

Nah aku bahas ini tuh mengingat banyaknya drama wattpad baru baru ini. Nggak baru juga sih ya, udah agak lama kan.

Oke, kebanyakan orang berpikiran pendek, pengennya yang instan instan. Mau terkenal, tapi bukannya memperbaiki work, promosi secara sehat, malah buat sensasi drama di mana mana.

Guys, reminder aja sih, jangan mau terkenal karena keburukan kalian.

Contoh kecil,
Beberapa penulis ada aja yang beranggapan soal 'konten dewasa itu biasanya laris'. Terus mereka masukin deh tuh cerita cerita yang mengandung unsur mature dalam artian sex, etc.

Hey, banyak kok work work yang terkenal, yang sukses, padahal mereka ga mengandung unsur itu.

Mau cerita kalian terkenal? Perbaiki cerita kalian. Bahasa, alur cerita, buat semenarik mungkin. Maka kalian ga butuh bermain drama atau menggunakan adegan mature/sex sebagai bumbunya.

Banyak kok cara buat terkenal di wattpad tanpa harus jadi queen drama. Di wattpad itu punya berbagai macam fitur untuk mendukung kegiatan promosi kalian. Ada wall, ada DM. Ada lapak lapak promosi cerita.

Lalu kalau begitu kenapa harus ber drama drama ria?

Gatau cara pake fitur fitur itu?

Sini deh, aku kasih tau.

Manfaatin wall. Tulis garis besar cerita kamu, usahakan sertakan bagian yang menurut kamu menarik minat pembaca, lalu copy link cerita kamu dan udah deh, kirim ke wall penulis lain.

Tips tambahan nya, coba promosi ke wall penulis yang udah famous. Dengan catatan, akun itu ga keberatan kalo kamu numpang promosi, dan cerita punya dia masih ada hubungannya dengan cerita yang kamu promosi in.

Atauuu...
Lihat cerita populer yang tema atau garis besar ceritanya mirip² sama punya kamu. Buka kolom komentar dan kamu bisa tulis pesan promosi di wall si pengomentar tadi.

Oh iya, buat promosi cerita di  kolom komentar cerita orang lain kalo bisa jangan ya guys, kesannya jadi kurang sopan. Pake DM, caranya sama kaya di wall tadi.

Terus kalo bisa, coba kamu cari lapak lapak promosi cerita. Numpanglah kamu promosiin cerita kamu di sana. Kasih deskripsi semenarik mungkin biar calon calon pembaca jadi penasaran sama cerita kamu.

Banyak banyak juga kenalan sama pengguna wattpad lainnya. Menambah teman itu gaada salahnya, entah nanti mereka bakal baca cerita kamu atau engga pun ga masalah kalo yang penting kamu punya banyak kenalan di dunia oranye ini.

Ikut juga grup grup ke penulisan. Ini berguna buat nambah pengetahuan kamu tentang wattpad juga

Kalo mau, kalian bisa kok promosi di sosial media lain selain wattpad.

Instagram, twiter, etc kayanya ga melarang kegiatan promosi cerita kan?

Tips tambahan, update cerita kalian di jam jam yang kira kira orang tuh pada ga sibuk buat akses internet. Mudeng maksudnya? Jangan update di jam 9 pagi. Anak anak sekolah, orang dewasa kerja. Atau update di jam 12 malem? Ya kali, orang orang udh pada tidur itu. Coba kaya jam 5 sore-9 malam di mana biasanya orang udah lepas dari pekerjaan mereka dan lagi gencar gencarnya cari hiburan.

Itu aja yang mau aku sampein ke kalian ya. Bijak-bijaklah jadi penulis wattpad, promosi cerita secara sehat tanpa harus drama. Jangan sampe penulis lain yang gaada salah apa apa jadi ikut tercemar nama baiknya lantaran satu orang tukang drama. Jangan sampe wattpad di cap jelek karena orang orang ga bertanggung jawab kaya gitu.

Semoga bermanfaat, see you in next time guys!! ^_^

Note dari Kak Angel:
Buat promosi cerita di  kolom komentar cerita orang lain kalo bisa jangan ya guys, kesannya jadi kurang sopan. Pake DM, caranya sama kaya di wall tadi.

***

To be Continued!

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang