38. Tanda Hubung

483 25 0
                                    

Materi: Tanda Hubung (-)
Tutor: Sugarluve

Nah, haru ini, kita bakalan bahas tentang si tanda hubung. Kira-kira, tanda hubung ini fungsinya buat apa aja, sih

1. Tanda hubung dipakai untuk menandai bagian kata yang terpenggal oleh pergantian baris.

Contoh: 
Parut jenis ini memudahkan kita me-
ngukur kelapa.

2. Tanda hubung dipakai untuk menyambung unsur kata ulang.

Contoh :
anak-anak

3. Tanda hubung dipakai untuk menyambung tanggal, bulan,_ dan tahun yang dinyatakan dengan angka atau menyambung huruf dalam kata yang dieja satu-satu.

Contoh :
11-11-2013
A-n-g-e-l

4. Tanda hubung dapat dipakai untuk memperjelas hubungan bagian kata atau ungkapan.

Contoh:
ber-evolusi

5. Tanda hubung dipakai untuk merangkai

a. se- dengan kata berikutnya yang dimulai dengan huruf kapital (se-Indonesia, se-Jawa Barat)
b. ke- dengan angka (peringkat ke-2)
c. angka dengan –an (tahun 1950-an)
d. kata atau imbuhan dengan singkatan yang berupa huruf kapital (hari-H, sinar-X, ber-KTP, di-SK-kan)
e. kata dengan kata ganti Tuhan (ciptaan-Nya, atas rahmat-Mu)
f. huruf dan angka (D-3, S-1, S-2)
g. kata ganti -ku, -mu, dan -nya dengan singkatan yang berupa huruf kapital (KTP-mu, SIM-nya, STNK-ku)

Catatan dari Kak Angel : Tanda hubung tidak dipakai di antara huruf dan angka jika angka tersebut melambangkan jumlah huruf.

Contoh : P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.)

6. Tanda hubung dipakai untuk merangkai unsur bahasa Indonesia dengan unsur bahasa daerah atau bahasa asing.

Contoh:
me-recall

7. Tanda hubung digunakan untuk menandai bentuk terikat yang menjadi objek bahasan.

Contoh :
Akhiran -isasi pada kata betonisasi sebaiknya diubah menjadi pembetonan.

Tbc

Materi Kepenulisan ~Author Next GenerationTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang