Terapkan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi cadel pada anakmu:
• Biasakan agar Si Kecil minum dengan sedotan. Gerakan mengisap dengan sedotan ini bisa melatih kekuatan motorik mulutnya, yang mana hal ini penting untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbicara.
• Latih dia untuk merapatkan gigi atas dan bawah saat mengucapkan huruf s. Agar Si Kecil bisa mengingatnya, ajak dia berlatih di depan cermin.
• Ajak dia melakukan permainan yang bisa melatih kekuatan motorik mulutnya seperti meniup terompet mainan yang kerap dipakai saat pesta ulang tahun atau meniup gelembung air sabun.
• Ketika kamu melihat dia sedang asyik mengisap ibu jarinya, segera lepaskan, karena mengisap ibu jari bisa memicu cadel.
• Ajari dia sesering mungkin untuk mengucapkan kata-kata dari huruf yang tidak bisa diucapkan secara jelas. (alodokter.com)"Apa kau suka mengisap ibu jarimu, Hyung? Seperti ini?" tanya Taehyung, mengisap ibu jarinya sendiri.
"Yaks Thamchon. Itu menjijikkan. Jika ada Minchan dia pasti bilang Thamchon you are tho nathty," komentar Seokjin menirukan nada bicara Minchan.
"Baiklah. Baiklah. Jadi kau tidak mengisap ibu jarimu." Taehyung melepas isapannya dan kembali membaca artikel yang ada pada ponsel. Tiba-tiba sebuah ide dengan ilustrasi lampu menyala kini muncul di kepala Taehyung.
"Hei, bagaimana kalau kita berlatih dengan main terompet saja?"
"Hm," Seokjin tampak berpikir sejenak. "Memangnya kita punya terompet, Thamchon?"
"Tidak," sahut Taehyung dengan singkat dan santai, membuat Seokjin harus menahan kekesalannya.
"Lupakan thaja, Thamchon. Aku mau ithirahat thaja. Aku lelah."
"Hei Hei Hyung, jangan menyerah seperti itu. Mari pikirkan hal lain."
"Ini yang terakhir, Thamchon. Jika ide Thamchon tak mathuk akal lagi, aku akan pergi tidur thaja." Seokjin sudah nyaris tak peduli. Diliriknya Taehyung yang menampakkan deretan gigi dengan senyum kotaknya.
"Kau tidak akan kecewa, Hyung."
Setelah mengatakannya, Taehyung menarik tangan Seokjin, mengajaknya keluar dari kamar menuju halaman belakang yang hari ini sepi lantaran Daddy belum pulang kerja dan Mommy sedang sibuk bersama Minchan di dapur.Tiga puluh menit berlalu, Seokjin tampaknya setuju dengan ide Samchonnya yang satu ini. Tawanya terdengar riang saat meniupkan sabun cair yang dicampur dengan air. Tiupan itu kemudian membentuk gelembung di udara, menyibukkan Taehyung-yang bertingkah seperti anak kecil-berlarian memecahkan balon-balon tembus pandang itu di udara.
"Nah, Hyung, kau harus sering meniup balon gelembung untuk melatih lidahmu agar tidak cadel lagi."
Seokjin mengangguk setuju. Ia kembali meniup gelembung sabun itu dengan penuh semangat. Kalau sering berlatih seperti ini, Seokjin jadi yakin kalau besok lusa huruf 's' nya akan mengalami perkembangan yang pesat.
Pemuda kecil itu masih sibuk dengan khayalnya akan kisah-kisah indah setelah kecadelannya hilang, seraya terus menerus meniupkan balon gelembung ketika suara debuman terdengar diiringi jeritan.
"AAAAWWW!"
Seokjin terkejut hingga botol berisi cairan gelembungnya terjatuh berserakan membahasi lantai sudut taman belakang. Mata pemuda itu makin terkejut tatkala dilihatnya seorang perempuan kini memegangi bokongnya sambil menatap masam padanya dan Taehyung secara berganti.
"I ... imooo ...."
"NANAAA?"
Seokjin dan Taehyung bersuara hampir bersamaan. Taehyung buru-buru menghampiri Nana dan membantu gadis itu untuk segera duduk di bangku yang berada tak jauh dari mereka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Daddy Namjoon and Kim Triplets
FanfictionNamjoon yang care tapi ceroboh. Yejin yang cuek namun cerewet. Bagaimana jadinya jika mereka akhirnya menikah dan memiliki tiga anak kembar? Akankah Namjoon sanggup menjadi ayah yang baik sementara teman-temannya terkadang turut andil membuat kekaca...