Epilog

43 4 2
                                    

Udah selesai looh ini guys, ada yang mau nanya-nanya nggak, kenapa gini? kenapa gitu?

-oOo-

"Hai! Apa kalian udah ngebaca semua curhatan 'aku'? Gue sendiri bingung harus mulainya darimana, ini gak papalah ya pakenya tanpa kata baku? Dibolehin aja lah, gue bukan anak sastra atau bahasa soalnya, tapi gue sendiri mau bilang kalo... curhatan yang kalian liat di  bagian awal itu emang Cila, cewek manja yang kalian suka dan gue suka. Ah bucin dah gue. Itu curhatan dia di kelas sebelasnya.

"Sekarang... dia udah jadi mahasiswi yang selalu keliatan dingin di mata orang-orang. Ada yang nanya nggak siapa yang nulis ini sekarang? Nggak nanya pun bakal gue jawab, gue... Fathah. Gue tiba-tiba nemu buku buluk yang dia bawa-bawa terus, nah  tanpa dia tau gue baca deh, halaman terakhir gue liat dia nulis curhatan  di buku ini mungkin... sekitar tiga tahun yang lalu.

"Mungkin terakhir dia isi pas dia tau kalo sahabat dia, si Fathah, eh salah, si Rion itu yang dia sayang atau cinta pergi tanpa kabar, entah ke negara mana, gue sendiri, maupun temen SMA yang dulu, masih belum pada  tau cowok yang namanya 'Rion'  kemana. Bang Rezvan sama ortunya aja yang tetangganya nggak tau tuh kemana keluarga 'Rion' pergi, bener-bener putus kontak.

"Gue sendiri pengen banget Cila perempuan yang gue anggep istimewa itu bahagia, tapi sampe saat ini cewek yang dulu dikenal imut itu sendiri nganggep kalo kebahagiaannya bakal ada kalo Rion dateng dan selalu ada di sisinya, jijik apa nyesek? Gue sih karena suka sama Cila jadi nyesek yak.

"Tapi gue sendiri gak bisa maksain tuh anak buat ngerubah pilihannya, selagi dia nggak nyakitin dirinya sendiri aja udah sukur."

"Terakhir kali gue ngomong sama Rion itu pas tuh bocah ngasih tau ke gue kalo dia bakal pergi dan dia nyuruh gue buat jagain Cila, lagipula tanpa dia suruh pun gue bakal jagain.

"Oh ya, gue kan sempet baca kan curhatan Cila tentang Bang Rezvan sama Tika. Kenyataannya mereka sampe sekarang masih sekedar sahabatan doang, padahal gue liat sendiri mereka udah saling nyaman, terus gue waktu itu nanya ke Tika dong, 'lo kagak suka sama Bang Rezvan?' terus dia jawab 'suka, sayang malah, tapi gue gak mau dia jadi pacar gue, soalnya gue gak mau diakhirin namanya putus,' Tika yang sekarang udah jadi mahasiswi mah udah beda dong ah.

"Dia bukan lagi Tika yang nganggep buku itu hp, paham gak lo? Pahamin aja lah ya. Ya pokoknya Tika bukan lagi cewek yang kerjaannya belajar terus, maybe dia mungkin emang belajar sih masih sering tapi nggak selalu, sekarang dia udah kenal namanya suka-sukaan, udah kenal nongkrong di kafe, dan bercanda dengen embel-embel 'tanpa kaku.' Maksudnya udah nggak kaku gitu loooh kalo bercanda sama orang.

"Ya gitulah kalo tentang Tika, beda lagi sama Cila, cewek itu udah bener-bener dingin, sedingin matahari, mampuskan begonya gue keluar, pokoknya Cila udah bener-bener cuek, ketus, datar, setajem piso. Gue sendiri sih udah kayak bodyguard dia yang selalu jagain ke mana pun tuh bocah pergi, kecuali kalo ke dasar jurang atau jurang kematian, gue nggak maulah anjir, suer gue nggak sesetia 'sehidup semati,' kecuali kalo mungkin dia bakal jadi bini, maksud gue, kalo dia udah bener-bener cinta gue terus nerima lamaran gue nanti terus jadi istri gue."

"Yah sibangsat, gue malah ngehalu. Oke cuekin ajalah kalimat terakhir, lanjut."

"Rion udah nggak tau kemana, kalo kalian ngeliat dia lagi jalan-jalan atau apa nanti kalian bisa telpon gue dah, tapi gue gak bakal ngasih nomor gue, nanti kalo tiba-tiba dapet pulsa gratis kan guenya keenakan wkwkwk... 😂😂 /akhirnya gue bisa buat gambar emot/"

"Terakhir penjelasan dari tulisan ceker ayam gue adalah tentang Agneta dan Aluna, pertama Agneta yang mungkin sampe sekarang kalian benci. Sebebernya gue males banget nyeritain ini, udah keempat kalinya gue ceritain tentang dia ke beberapa orang yang nanya ke gue. Oke, mungkin dia emang jahat, tapi... gue sendiri iba juga karena dia bener-bener keluar dari sekolah, dia juga bilang kalo dia nyesel ngelakuin itu dan kelakuannya ini emang pelampiasan dia dari masalah keluarga yang lagi rusak banget, sekarang sih dia udah tobat. Bukan tobat lagi, kalo ketemu dia aja gue serasa ngeliat ustadzah lewat, bener-bener udah berubah.

"Beda lagi sama Aluna yang makin ke sini makin parah, dia... dipenjara selama dua tahun atas kasus percobaan pembunuhan, walaupun gue rasa itu gak adil, dan sekarang atau mungkin baru-baru ini dia keluar, itu juga kata si Dimas njir, emang doyan gosip dia mah. Katanya Aluna sekarang udah kayak cewek malem banget njir ih... geli gue, bukan katanya sebenernya tapi emang iya. Gue sempet ketemu sama dia, dia udah kayak tante-tante kurang belaian."

"Dan satu hal yang Rion titip ke gue waktu itu selain nyuruh jagain Cila. Dia juga... ngasih surat ke gue buat Cila nanti. Mungkin nanti gue bakal selipin surat itu di buku buluk ini setelah ngasih liat ke kalian.

"Udah ah, bacot mulu nih gue,  semoga curhatan Cila dan tambahan dari gue ini nggak bikin kalian yang akan baca buku buluk ini penasaran, byeee... jangan kangen gue yak? Eh...  bangsat, bangsat, CILA DATENG DONG anjir, daaah ah, kalo sampe dia tau gue ngambil buku buluknya, suer hukumannya bukan lagi nyuruh nraktir makan, bisa-bisa gue bener-bener ke jurang kematian lah kampret!"

"Salam jantan Fathahnya Cila /cogan yang nyempil di tong sampah kantin/

***

Gimana pnjelasan dri Fathah? Puas tydack?

Eh ngomong-ngomong kalian bosen nggak sih stiap buka bab bru psti ada tulisan, 'The chapter short and types are excessive.' Atau malah ada yg apal? Siapa? Siapa? Yg apal bkal dksih ciuman pipi dri Helmi, Azwar, Dimas, dan cogannya XI IPA 5 itu udh trmasuk Aldo, si kembar dan banyak lagi. Ganteng2 smua lah, nnti deh ak tnjukin fto mereka wkwkwk... Fathah sma Rion udh trmasuk yaa.

Oh ya ak jg mw ngasih tau kalo nama Fathah atau karakter Fathah tuh emang bener-bener ada kalo pengen tau.

Dia kakak kelas ak di skolah skrang udh kelas tiga bntar lgi lulus huhu... Fathah kakak klasku jg anak basket gtu, nggk inti tpi emang trkenal, trus Fathah yg asli sih mukanya nggk ganteng tpi baby face trus manis gtu. Kdang udh kyak lgi ngliat jdoh di msa depan 😂😂. Syangny Fathah yg asli enggk tmenan sma aku.

Klo Rion sendiri mah terinspirasi dri sifat tmen skelas, sifatny bner2 mrip Rion judesnya masya Allah, trus bedany klo tmen skelas ak tuh smbong gtu, pkokny pngen bgt ak tabokin, tpi bukanny dtabokin mlah ak jdiin tkoh d critaku, krng baik apa coba?!

Trus nama Helmi sih dri nama tmen Kakak ak, kakak ak kan cwok jg ya, ngmong Rezvan tuh kakak idaman smua adik² d sluruh dunia. Ak buat Rezvan jdi Kakak yg baik tuh krena Kakak ak sndri nybelin, jail, pkoknya bner2 ngselin.

Oh ya Helmi knytaanny sih nggk tw jail atau nggk, dn gk gnteng tpi jg gk jlek soalny ak nggk tmenan sma dia, beda lagi sma Fathah yg emng kliatan petakilan atau jail trus emng manis2 mnta dmiliki 😂 jdi y gtu.

Dimas jg dri nama tetangga ak, Dimas tetangga ak sndri pendiem, tmen Kakak ak jg d rmah hahaha... nmany emng bnyak trinspirasi dri sekitar. Dia jg gk gnteng tpi jg gk jlek.

Nada jg dri Kakak kelas ak yg anak osis gtu, skrang klas tiga, cntik, mtany sipit-sipit mnis, klo sma dia ak mah udh kyak remahan rengginang.

Oh iya crita ini jg fix nggk ad sequel atau apapun itooo, karena because selalu always, eh srius deh, ak lgi mles buat crita yg hrus mkir². D akun ak yg stuny soalny prnah buat sequel dan itu repotin bgt, sequelny aj blom slesai pdhal tnggal endingny doang 😂 jhat nggk sih?

Udh ah napa ak jdi bnyak ngmong kyak Fathah sih?

Rncananya ak bkal publish crita bru guys jngan lupa dbca d akunku ya

Choose Silence | ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang