42

248 4 0
                                    

Menuju tahun baru. Orang-orang mulai menata hidupnya lagi.

Well, mungkin gak semuanya, karena beberapa dari mereka mau hidup dengan kondisi yang lama.

Bukan karena mereka gamau sembuh, cuma kadang, hidup dengan luka itu lebih baik.

To be honest, ga ada orang yang mau sakit. Ga ada yang mau hidup dengan cara yang bikin sakit.

Tapi kadang semesta gak ngasih kita pilihan. Kita bakalan selalu disana. Jatuh lagi, luka lagi, sakit lagi, bangkit lagi.

Dan jatuh lagi.

Terus kayak gitu.

Kadang emang yang namanya takdir suka ga sejalan sama harapan kita.

Kita sakit karena keputusan yang harus kita ambil secara paksa.

Semesta merenggut semuanya, tanpa terkecuali.

Bener-bener semuanya, sampai habis, gak nyisain apapun.

Lo ngabisin waktu buat ngejar sesuatu yang bukan buat lo.

Dan yang bikin sedih banget adalah, lo sebenernya paham, dari awal, kalo emang itu bukan buat lo.

Lo mau ngelawan takdir itu. Nyoba ngerubah kehendak semesta, tapi sayangnya lo gagal.

Dan lo malah kehilangan semuanya, bahkan, lo kehilangan diri lo sendiri.

Dan sampai sejauh ini, bukannya belajar dari yang udah lo lewatin, lo malah lakuin hal bodoh lagi cuma karena lo percaya, usaha ga ada yang menghianati hasil.

Padahal dari awal juga lo udah tau, ujungnya bakalan begini.

Bukan karna sok tau, tapi kadang emang, apapun itu mau diusahain macam gimana juga, gak bakalan bisa lo dapetin karena itu emang bukan buat lo.

Beberapa orang emang percaya sama yang namanya keajaiban, tapi pernah gak lo mikir, Tuhan mau ngasih miracleNya gak mungkin ke semua orang kan?

Cara kerja semesta emang suka gak sejalan sama harapan, tapi itu juga yang bikin kita ada dititik ini. Tempat dimana lo berada sekarang.

Lo dengan semua-apa-adanya lo yang sekarang, lo bersyukur untuk itu, karena walaupun udah hancur berkali-kali, lo masih tetap bertahan, lo tetap hidup.

Iya, seenggaknya lo tetap hidup, walaupun tanpa mimpi lagi, walaupun tanpa tujuan lagi, walaupun lo hidup yang cuma hidup aja. Hidup yang baik, yang sehat, yang nggak bikin orang-orang kawatir sama kondisi lo.

Karena lo tetap hidup, walaupun tanpa keinginan buat survive. Dan lo hidup cuma buat hidup aja, lo gak mau nglangkahin takdir.

Lo tetap hidup, sampai nanti semesta sendiri yang minta lo istirahat, berhenti ngelakuin hal sia-sia, berhenti ngelanjutin hidup yang sekadar hidup, dan lo gak sakit lagi.

Karena semuanya udah berhenti.

Dunia lo udah selesai, semesta udah nyuruh lo berhenti. Udah waktunya istirahat dari apa-apa yang makin kesini makin ga jelas.

***

Lo mungkin ga paham sama cara kerja semesta, dan lo nggak perlu berusaha buat paham.

Lo cukup tau aja, ga usah berusaha buat paham.

Karena beberapa hal emang lebih baik cuma sekadar tau daripada paham.

Dan hidup, bukan cuma tentang lo, ada banyak orang yang datang dan pergi tanpa bisa lo cegah.

Kita semua hidup dalam proses, nyari terus menerus orang yang bisa nerima kita, dengan apa adanya kita. Dengan sakitnya kita, tanpa berusaha buat bikin kita sembuh.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 11, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Bad Girl And Bad BoyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang