21. Main Hujan

456 51 0
                                    

-V

















----

Naik ke kelas XII, mereka ketemu sama guru-guru baru.

Sebelumya ada Bu Ningsih, sekarang Bu Jenny.

Bukan Jenny Blackpink.

Bu Jenny ini guru B. Indonesia. Seru kalo beliau ngajar. Gak ngebosenin.

Beliau juga gampang dialihin perhatiannya. Langsung nyambung kalo ngebahas apapun. Diminta cerita juga beliau mau.

Walaupun beliau ngajar jam terakhir di IPA 1, anak-anak pada melek semua. Gak ada yang ngantuk.

Karena sekarang pancaroba, hujan panas gak bisa diduga. Paginya cerah, siang hujan.

Itu juga yang terjadi sekarang. Pagi tadi masih cerah, banget. Tapi siang ini udah mendung aja.

Awannya hitam, anginnya kenceng.

Beberapa cewek pada merinding. Takut.

Beda sama Sasa, "WOAHHHHH, Asikkk!!!" Dia kek baru nemu hujan aja. Bocah banget.

Mereka kira Bu Jenny gak masuk, soalnya ini udah telat 20 menit. Jadi mereka santai aja.

Ngobrol-ngobrol kek biasanya. Curhat, ghibah, jalan-jalan keliling kelas, ngantin, sampai nongkrong di UKS. Bukan sakit, cuma mau rebahan aja.

Waktu lagi asyik-asyiknya ngobrol, tiba-tiba pintu dibuka pelan. Semua pada gak nyadar.

Gak lama, satu kepala nyempil. Masih gak ada yang sadar.

Entah kenapa, Muna pengen liat pintu. Bukannya pintu yang diliat, Muna malah liat penampakan. Mukanya Bu Jenny.

Muna langsung bangunin Octa yang tidur, "Ada ibu!" Bisiknya. Octa langsung bangun. Langsung duduk tegap.

Karena emang Muna ini gak suka teriak, jadi dia nyolek Sasa yang ada disebelahnya.

"Ibu dateng, Sa!" Sasa langsung noleh ke pintu. Bu Jenny masih mantau.

Toa mode on.

"GUYSS!! IBU DATENG!!" Yang lain pada kaget, langsung balik ketempat duduk masing-masing.

"Ibu boleh masuk gak, nih?" Kalimat pertama Bu Jenny dikelas ini.

"Boleh kok Bu, boleh!" Vian ngewakilin yang lain buat jawab.

Bu Jenny buka pintu, terus masuk. Tanpa disuruh, Ali maju ke depan. Minta izin buat manggil mereka yang lagi ada di UKS. Lana, Fajrul, Yayan, sama Riza.

"Udah kenal, sama saya?" Tanya Bu Jenny sehabis salam.

"KENAALLLL!!!" Mereka langsung ngegas.

Emang sih, Bu Jenny ini salah satu guru hits. Sifatnya sebelas dua belas sama muridnya. Padahal beliau juga udah punya anak dan sekarang juga udah kelas XI.

Bu Jenny udah terkenal sejak mereka kelas X.

Kesan pertama, asik.

Tapi sayang, Bu Jenny sama kek Bu Ningsih, cuma ngajar kelas XII.

Dan disinalah mereka sekarang. Diajar sama Bu Jenny.

Mereka kenalan, Bu Jenny cerita sedikit tentang kenapa beliau bisa ngajar disini. Terus Bu Jenny ngabsen anak-anak.

Tiba-tiba, mereka denger rintik air jatuh, hujan. Mereka langsung rusuh. Minta izin sama Bu Jenny buat ngambil helm diparkiran.

Gak semua, cuma mereka yang markir di belakang kelas XII IPS. Disana gak ada atapnya.

Bu Jenny ngizinin mereka.

DUARRRR.....

Anak-anak pada kaget. Denger suara geledek yang tiba-tiba.

Hujannya makin lebat, anginnya juga makin kenceng.

Sasa langsung bikin quotes. Dia nulis dibuku catatan.

Seperti hujan, hadirmu adalah yang selalu kurindukan.

Cihh, dasar bucin.

Rara yang ada dibelakang Sasa nepuk pundaknya.

Sasa sama Lia noleh kebelakang. Mereka ngangkat alis, seolah nanya, apa?

"Inget gak, quotes gue kemaren?"

Lia sama Sasa tatap-tatapan. Mereka sama-sama coba ngingat. Tapi mereka juga sama-sama lupa. Dan mereka juga sama-sama gelengin kepala.

"Aishh, gimana sih kalian ini?"

Lia sama Sasa Cuma ngangkat bahu ga peduli, terus fokus lagi ke Bu Jenny.

Mereka yang tadi izin ngambil helm udah balik lagi ke kelas, sambil nenteng helm.

Baru nyampe, Bu Jenny ngomong, "main hujan, mau?" Ajak Bu Jenny yang langsung bikin heboh satu kelas.

"MAU BU, MAUU!!" Yayan langsung histeris. Ga cuma Yayan sih, satu kelas juga histeris.

"MAU BANGET, BUU!!"

"BENERAN BOLEH?"

"Iyaa, mau?" Bu Jenny masih ngasih harapan ke mereka.

Cowok-cowok udah pada bediri, siap mau keluar.

Sasa juga pengen, tapi malu karena dia duduk paling depan.

"Ayok, keluar!" Bu Jenny jalan duluan ke pintu. Liat lapangan futsal yang udah basah. Hujannya juga lumayan.

"Beneran nih, Bu?" Riza mastiin.

Tapi Bu Jenny balik lagi ke depan anak-anak.

"Hahha, jangan. Nanti, kalian sakit."

"Yhaaa, kecewa hati ini," Dramatis Juan.

"Ga cuma doi, Bu guru juga bisa nyakitin hati." Imbuh Lia yang tersakiti.

Bu Jenny lanjut jelasin pelajaran, tapi anak-anak banyak yang ga fokus. Fokusnya sama rintik hujan.

Pengen main hujan.

Ga lama setelah itu, mereka denger suara dari lapangan sebrang. Rame-rame gitu.

Fajrul sama Ali yang duduknya disamping jendela langsung berdiri, liat apa yang terjadi.

Bu Jenny juga jalan lagi ke pintu. Waktu dibuka, ternyata cowok-cowok IPS lagi main hujan.

Ga ke tengah lapangan sih, mereka cuma berdiri dipinggir koridor. Terus dorong-dorongan. Ga jarang ada yang sampe ke tengah lapangan.

Anak-anak langsung histeris. Iri.

Pengen main juga.

Apalagi anak-anak IPS itu temen mereka ngebarbar.

Tapi apalah daya, mereka ga mungkin ngusir Bu Jenny keluar dari kelas cuma karena mereka pengen ikut main.

Mereka emang barbar, emang bobrok, kelakuan nyeleneh, tapi mereka masih punya rasa hormat sama guru.

Mereka ngehargai Bu Jenny yang ga ngizinin. Mereka tau itu yang terbaik buat mereka sendiri.

Bu Jenny ga pengen mereka sakit, itu artinya Bu Jenny peduli. Mereka tau betul itu.

••••

Pelupa.

Pelupa

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Class X FamilyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang