45. Kerja Bakti II

186 36 2
                                    

-Fee


















•••

Hari pertama balik ke sekolah setelah libur dua minggu.

Anehnya, sekarang anak-anak udah gak kek sebelum libur. Gak pada canggung lagi. Mereka malah dah balik ke masa sebelum perang.

Tapi bagus sih, mereka semua pada bersyukur.

Gak ada lagi tuh, yang namanya gigi ngilu.

Lah ngawur.

Gak ada lagi tuh, yang namanya cewek ya cewek, cowok ya cowok.

Semuanya balik kek dulu, IPA 1.

Tapi sebenernya mereka masih kurang gimana gitu sama Bella. Masih canggung banget.

Acara ultah perusahaan deket sekolah kemaren banyak bantu ternyata.

Karena ini hari pertama, mereka bakal kerja bakti dulu. Seperti biasa, mereka dapat bagian toga.

Semua anak kelas jalan ke toga, beberapa bawa sapu. Kebetulan, anak 11 IPA 1 juga dapet tugas disini, tapi gak ada yang dateng. Mungkin belom.

Yang tadi bawa sapu udah nyapuin daun. Sisanya cuma diem.

Sasa aja udah siap bergelantungan di pohon belimbing yang ada di samping toga. Bukan bergelantungan sih, cuma megang-megang daun, tapi berdirinya meresahkan. Maju dikit aja, kecebur dah.

Kerjaan Sasa itu sontak dapet tatapan sinis dari Kia.

"Gue doain lo kecebur!" Kedengerannya mungkin becanda. Tapi dari tatapan matanya, Sasa tau kalo Kia lagi serius. Sasa langsung ngejauh sehabis itu.

"Tapi gue gabut," Katanya sambil mundur pelan.

"Makanya bantuin kerja." Lagi, Kia negor Sasa.

Sukses itu bikin Sasa kicep. Dia terus jalan ngambil selang buat nyiram tanaman.

Ya bagus sih, akhirnya yang dia kerjain berfaedah.

Saking berfaedahnya, Sasa sampe nyiram bunga teratai di dalam kolam.

Cewek-cewek lain bergerombol nyapu daun, kecuali Bella. Dia cuma duduk merhatiin. Sampe akhirnya mutusin balik ke kelas.

Sehabis nyapu, mereka masih harus nyabutin rumput liar di dalam pot bunga. Terus mindahin anak tamanannya ke pot lain juga.

Kalo cowok-cowok, mereka lagi bolak-balik buang sampah ke tempat pembuangan sampah sementara yang gak jauh dari sekolah pake gerobak.

Semua udah selesai sama kerjaan masing-masing. Anak-anak cowok juga udah balik.

Waktu mau nyamperin temen-temenya yang lagi duduk, Sasa papasan sama Yayan, di sampingnya ada Fajrul. Bukan papasan, hadapan malah.

Ketiganya otomatis berenti jalan, mgindarin tabrakan.

Gak tau ada apa sama otaknya Yayan, dia tukeran posisi sama Fajrul. Sekarang Fajrul yang ada dihadapan Sasa.

Bodohnya, Fajrul nurut, Sasa cuma diem berdiri disana.

Habis itu, Yayan sembunyi dibalik badan Fajrul, dipegang kedua lengan atas Fajrul sama dia.

Dengan begonya, Yayan bolak balik ngintip Sasa dari sisi kanan sama kiri Fajrul sambil nyanyi.

"Bole chudiyan, bole kangna, Haai main ho gayi teri saajna
Tere bin jiyo naiyo lag da main te margaiya
Le jaa le jaa, dil le jaa le jaa.."

Sialan, kelakuan Yayan bikin semuanya bahagia.

Yang lain cuma ngakakin kelakuan gak di duga Yayan.

Sasa aja sampe jongkok sambil mengangin perutnya.

Fajrul yang harusnya marah karena dijadiin pohon dadakan juga ikut ketawa sambil gelengin kepala.

Heran semuanya sama isi Yayan.

Sekarang giliran Kia yang gabut.

Dia ngambil batang lidah buaya yang emang mau dibuang.

Dengan kreatifnya, Kia nge-operasi lidah buaya.

Pertama, dia buang sampingnya dulu, yang kek duri itu loh. Terus bagian luarnya juga dibuang sama dia. Nyiasin isi lidah buaya yang warnanya bening, tapi licin.

Kegabutan Kia gak berakhir sia-sia. Buktinya, Eva, Fara, Nada, sama Sasa ikutan jejak Kia.

Jangan tanya itu pisau dapat darimana. Kita juga lupa:(

Mereka sempet kena tegur sama Bu Rose. Tapi Bu Rose juga gak ngelarang.

Selesai ngulitin lidah buaya, mereka cuci tangan. Pas banget anak kelas 11 IPA 1 udah dateng. Gak cuma anak kelas 11, Bu Mira juga ikut dibelakang mereka.

Bau-bau keciduk gak kerja.

Sialnya, gak ada satupun dari mereka yang bawa alat buat kerja bakti. Syukur Bu Mira ada disana. Jadilah Bu Mira nyuruh mereka buat minjam sapu.

Berhubung anak kelas 12 IPA 1 itu baik, yaudah, dikasih pinjem aja. Kerjaan mereka juga udah selesai. Mereka udah boleh balik ke kelas.

Nyampe di kelas, kelas udah bersih, udah rapi. Jelas banget kalo udah ada yang ngeberesin.

Dengan sombongnya, Riza ngambil sapu sambil pura-pura beresin sisa kerjaannya.

Dikira anak kelas pada bego apa? Mereka juga tau kalo yang beresin kelas itu Bella.

"Gak usah sok deh lo, Za! Ketauan banget boongnya!" Kanza yang emang savage, langsung bikin Riza tertohoq.

Karena kelas udah bersih, jadilah yang lain langsung bisa istirahat. Mereka ngantin bentar, terus balik lagi ke kelas.

Sebelumnya, mereka udah ngerencanain buat bawa laptop sama hp, udah tau mereka kalo hari pertama cuma kerja bakti.

Rara yang bawa laptop langsung ngambil tempat disamping pintu, deket colokan. Biar gak ribet kalo tiba-tiba baterai laptopnya mau abis.

Mereka milih buat nonton Annabelle 2. Gak semua sih, cuma Annisa, Delya, Fara, Lia, Nada, Sasa, sama Juan. Tapi Juan duduk di kursi, di belakang anak-anak cewek yang lagi lesehan. Laptopnya di taro di atas kursi.

Rara gak ikut karena dia udah pernah nonton.

Octa udah molor malah.

Cowok-cowok juga betah di kantin.

Sisanya asik sama dunia masing-masing.

Contohnya Eva sama Rara. Ada Ajuy, Lisa, sama Rina juga dideket mereka.

Saking pinternya, mereka malah video call-an. Padahal jarak mereka cuma satu setengah meter:)

Yang lagi nonton gak bisa fokus karena suara yang keulang. Semuanya pada noleh sambil gelengin kepala. Gak nyangka punya temen sekelas se-kreatif itu.

Juan ikut noleh, sebelum akhinya ngomong, "jangan diliat, itu cuma kegabutan yang sia-sia."

•••
Ganteng doang, kelakuan macam..

Isi sendiri.

Isi sendiri

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Class X FamilyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang