00.03

11K 1.1K 31
                                    

Chandra dari tadi nangis gak berenti gara-gara abangnya yang bakalan pergi sebulan penuh ke Jepang buat ikut pelatihan.

Gak mau turun dari kasur apalagi keluar kamar. Ini udah hari kedua dan Jeno makin khawatir.

Dibujuk pake apapun tetep gak mau. Rendi sampe bela-belain mau balik kerumah selama Jeno di Tokyo. Gak mempan!

Jeno mau gak ikut, tapi dia ketua tim. Dan bakalan jadi masalah besar kalo dia gak ikut. Sedangkan kalo dia ikut, Chandra lagi begini. Mana berangkatnya lusa. Makin pusing Jeno, padahal dia udah packing.

Dan Chandra makin kejer nangisnya pas denger abangnya selesai packing. Malem itu Rendi baru aja nyampe rumah pas Chandra akhirnya mau keluar kamar.

Tapi Chandra gak mau di deketin siapa pun kecuali Bunda. Mereka berlima duduk diruang tengah, masih dengan tujuan yang sama. Ngebujuk Chandra.

"Dek, ayo itu abang sedih loh adek gak mau deket gini."

Chandra gelengin kepalanya. Mukanya nempel sama dada Bundanya. Gak peduliin omongan siapapun.

"Kakak sedih loh kalo adek gini. Gak suka ya kalo sama kakak aja?"

"Bukan gitu." Suaranya Chandra kecil banget pas nyautin omongannya Rendi.

"Terus?"

"Kasian kakak kalo bolak balik dari rumah ke kampus, jauh."

"Jadi kakak gak apa-apa balik ke apart? Adek gak marah?"

Chandra gelengin kepalanya pelan.

"Kalo gitu abang boleh ya ke Jepang?"

Jeno langsung nyaut bikin Ayah, Bunda sama Rendi liatin dia kesel. Gak bisa pelan-pelan apa?!

"Ngantuk, mau bobok."

"Yaudah gapapa--"

"Nanti dulu, ini sama abang belum selesai urusannya."

"Nanti ya bang, adeknya ngantuk."

"Tapi abang perginya lusa Yah!"

"Yakan tinggal pergi."

Chandra nyaut pelan. Jeno micingin matanya tajem.

"Yaudah, lagian Ayah sama Bunda juga udah kasih ijin."

Chandra yang tadi belakangin Jeno langsung ngehadep ke Jeno.

"Yaudah! Terserah abang mau ngapain aja!"

Chandra udah banjir air mata lagi. Jeno gak tega sebenernya. Tapi dia rasa kali ini adeknya agak keterlaluan. Dia dibutuhin sama timnya buat ke Jepang.

Jeno masuk ke tim sains dan teknologi di sekolahnya dan kebetulan dia sama beberapa temennya dapet kesempatan buat pergi ke Jepang. Ada pelatihan sekaligus kompetisi.

Inituh kesempatan yang gak datang dua kali. Dan Jeno gak mau sia-siain kesempatan ini gitu aja.

Akhirnya Jeno jalan duluan ninggalin ruang tengah dan masuk ke kamarnya. Bantingan pintu kedengeran bersamaan dengan Chandra yang udah nangis lebih keras dari sebelumnya.

Ayah Johnny hela nafasnya pelan. Dia liatin Rendi yang duduk dikursinya, "Kak masuk kamar, tidur. Besok pagi Ayah anter balik ke apart."

Rendi ngangguk terus ninggalin ruang tengah. Tinggal Chandra sama Ayah Bundanya disana.

"Adek, duduk."

"Yah."

Dharma kasih peringatan lembut ke Johnny yang di bales gelengan sama pria itu.

"Adek denger Ayah? Duduk."

Chandra yang masih nangis akhirnya duduk di depan orangtuanya.

"Berhenti nangis. Ayah gak mau ngulang omongan Ayah ya dek."

Chandra gigit bibirnya, nahan buat gak nangis. Sementara Dharma pengen nangis aja liat anaknya begitu.

"Adek sekarang ngomong, kenapa adek gak ngasih abang pergi?"

"Hiks jauh hiks ..saw hiks ...atnya hiks ...tuh hiks!!"

Omongan Chandra gak jelas gara-gara kesedak sama tangisnya sendiri. Johnny mijit pelipisnya pelan.

"Gak masuk akal dek. Adek taukan ini salah satu hal yang jadi mimpi abang? Adek mau ngehalangin mimpi abang gitu?!"

"Ayah!"

"Diem dulu Bun, adek kalo kita manjain terus nanti jadinya kelewatan kayak gini."

Chandra makin nunduk pas denger orangtuanya berantem. Bunda hela nafasnya pelan terus liatin anaknya yang lagi nunduk itu lembut.

"Adek, masuk ke kamar ya. Besok kita ngobrol lagi."

Chandra anggukin kepalanya terus lari buat masuk ke kamarnya.

"Bego! Chandra bego! Nyusahin!"

********

Nahloh😭

Trio YudistiraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang