00.04

9.9K 1.1K 46
                                    

Akhirnya Jeno beneran pergi ke Jepang. Dia di anter Ayah sama Bundanya ke bandara. Chandra lagi disekolah, karena emang jadwal pesawatnya Jeno itu Rabu pagi.

"Nanti kalo udah sampe telpon Ayah sama Bunda. Kabarin kakak sama adek juga."

Jeno agak gelisah pas Dharma nyinggung adeknya.

"Bun, adek bakalan gapapa kan?"

Ayah senyum terus nepuk pundak anaknya pelan, "Gapapa. Abang yang fokus aja ya."

Jeno ngangguk pelan terus pamitan soalnya bentar lagi harus take off.

"Ayah."

"Ya Bun?"

Johnny liatin Dharma yang senyum tipis ke arahnya.

"Semoga gak nyesel ya."

Johnny naikin alisnya minta penjelasan. Tapi Dharma balesnya senyum tipis lagi.

.

.

.

Hampir tiga minggu Jeno di Jepang dan Johnny baru sadar maksud ucapan istrinya itu pas ada kurir bawa kiriman besar banget dari salah satu toko.

Pernak-pernik ulangtahun.

Dan dia semakin ngerasa bersalah pas Chandra pulang sekolah dan liat kotak besar itu dengan tatapan kosong.

Gak tahan, malemnya dia ngajak Dharma ngomongin masalah ini.

"Mungkin saking semangat dan senengnya bisa ke Jepang dan ngeraih salah satu mimpinya, abang lupa gimana dia sama adek ribet milih pernak-pernik hiasan buat ulangtahun mereka yang ke-17."

"Dan mungkin saking padetnya urusan dikampus, kakak juga lupa ulangtahun adek-adeknya. Padahal Bunda tau, kalo beberapa item itu pilihan kakak. Iyakan kak?"

"Maaf Bun."

Iya, mereka juga lagi vidio call sama Rendi.

"Ayah juga, lupakan Yah? Bunda juga sebenernya. Tapi inget pas gak sengaja liat kalender. Intinya kita semua lupa."

Hening. Gak ada yang buka suara sampe hape Johnny bersuara. Telpon dari rekan kerjanya.

Dharma matiin sambungannya sama Rendi setelah mastiin anaknya gak terlalu terbebani dan ngasih banyak pesen ke akanya itu. Gak jauh-jauh dari jaga kesehatan sih.

"Bun, Ayah harus ke Kanada besok."

Dharma hela nafasnya pelan terus senyum kecil kearah Johnny yang keliatan bingung banget.

"Asal baliknya 3 hari lagi ya Yah. Kasian adek."

.

.

.

Chandra nyoret kalendernya yang ditanggal 1 Maret dilingkerin spidol warna merah. Senyum tipis pas inget itu tanggal istimewanya dia. Sama Jeno juga. Tapi kayaknya Jeno lupa.

Jeno lupa, Ayah lupa, kak Rendi lupa, Mas Alnya lupa dan kayaknya cuma Bunda yang inget.

Mereka aja lupa kalo hari ini Chandra tampil di acara festival sekolah. Chandra senyum tipis.

"Apasih yang lo harepin Chan?! Bego kok dipelihara!"

Chandra tidur telentang sambil liat lampu kamarnya.

"Terang sih, tapi kok rasanya gelap?"

*******

Nahloh😭(2)

Trio YudistiraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang