Waktu terus berjalan dan Dharma nyaris nangis haru pas sadar kalo dia sekarang lagi pasangin si kembar seragam pertama mereka di hari Senin yang cerah ini.
Ya, sikembar masuk TK kelas nol kecil hari ini. Tepuk tangan semuanya~~
Chandra udah siap sama seragam warna putih dengan garis kuning samar dan celana kotak-kotak warna kuning. Topi kuningnya juga udah kepasang dan gak lupa tas gambar robot warna merah sama biru tua juga udah aman dipunggungnya.
Kalian mau tau isinya? Eiii~ bukan apa-apa kok, sedikit pula. Cuma ada kotak bekel, botol air minum, jajan, selimut sama guling kecilnya dia. Stttt, yang terakhir jangan sampe ditau Bunda yaa hehehe.
Dharma ngalungin nametag punya Chandra sama Jeno di leher masing-masing anaknya terus senyum lebar.
Jeno ikut senyum sampe matanya nyaris ilang beda sama Chandra yang liatin Bundanya tapi mulut dia masih aktif ngunyah biskuit paginya.
"Nah udah siap deh anak-anaknya Bunda. Sekarang kita kedepan soalnya Ayah sama kakak udah nungguin di mobil."
"Nanti Bunda nungguin abang sama adek kan?"
"Iya abang, nanti Bunda duduk di deket box tempat main pasir yang kemarin Bunda tunjukin. Abang inget?"
Jeno ngangguk yakin, "Eum! Inget!!"
Dharma ngacak rambut Jeno gemes, "Adeknya di jagain ya bang?"
"Oke!"
Dharma senyum tipis terus liatin Chandra yang barusan narikin bajunya, "Kenapa dek?"
"Nanti dikasi jajan?"
Dharma ketawa, "Iyaa, tapi harus berbagi sama temen-temen. Oke?"
"Owkay!!"
.
.
.
"Itu punya abang dek, kan tadi adek udah maem nuggetnya semua."
Chandra majuin bibirnya terus nyembunyiin mukanya dilipetan tangannya, "Tapi mau lagi~"
Jeno ngehela nafas terus liatin temen-temennya yang lagi makan. Sekarang lagi waktu istirahat. Mereka semua dikasi kesempatan buat makan bekel yang mereka bawa dari rumah. Hari ini Jeno sama Chandra dimasakin telur gulung, ayam goreng, nugget sama rebusan sayur yang wajib hukumnya dimakan.
Nugget Chandra udah abis 5 menit begitu dia buka bekelnya sementara Jeno baru makan satu potong dari 6 potong nugget yang Dharma taruh di masing-masing kotak bekel mereka.
Jeno nyenggol lengan adeknya, "Dek ayo maem dulu biar gak laper."
"Mau nugget abang~"
Jeno ngedengus, "Yaudah tapi adek yang maem sayur abang ya?"
Chandra langsung angkat mukanya dan senyum lebar, "Owkay!"
"Inget, jangan kasitau Bunda!"
"Iyaa abang~ Nugget?"
Jeno nyebik tapi tetep mindahin 4 nugget dia ke Chandra dan tentu saja tumpukan sayur rebus jatah dia ke kotak bekel Chandra. Chandra dengan senyum lebar mulai makan lagi bahkan dia dengan semangat makan rebusan sayur dikotak bekelnya yang jadi banyak banget.
Jeno ngeringis pas liat Chandra dengan semangat makan sayur. Jeno lagi mikirin seeanak apa sayuran itu sampe kembarannya suka banget.
Iseng, Jeno coba ambil satu potong brokoli terus dia masukin kemulutnya. Jeno coba kunyah dan seketika dia nyesel. Nyesel pernah penasaran sama rasa sayuran rebus.
Hambar.
.
.
.
"Satu dua! Tiga empat! Lima enam! Tujuh delapan!"
"Siapa rajin kesekolah! Cari ilmu sampai dapat!"
"Sungguh senang~ amat senang~"
Dharma ketawa pelan liat Jeno sama Chandra semangat nyanyi lagu yang tadi di ajarin ke mereka pas di sekolah. Dharma jalan ke arah anak-anaknya sambil bawa dua piring kecil isi kue.
"Siapa mau kue?"
"Abang!!"
"Adek juga mau!!"
Dharma senyum lebar, "Duduk ya."
"Oke! Adek, bersiap!"
Chandra langsung duduk manis disamping Jeno yang udah duluan duduk di depan meja mereka.
"Tangan keatas~ tangan kesamping~ tangan kedepan duduk yang rapi."
Dharma lagi-lagi cuma bisa senyum liat kelakuan dua anaknya yang niru kegiatan mereka disekolah tadi.
"Berdoa, mulai!"
"Ya Allah Ya Tuhan kami, terimakasih aras rezekimu hari ini. Semoga akan bermanfaat bagi kami. Aamiin."
"Aamiin~"
Dharma ngacak rambut anak-anaknya gemes. Dharma gak bisa nahan senyuman bangganya pas Chandra bisa langsung hafal doa yang di ajarin kemereka pas disekolahan tadi.
"Jangan lupa doa makannya loh."
Dharma ngingetin pas liat Chandra sama Jeno mau makan kue mereka. Chandra nyengir terus nengadahin dua tangannya lagi ngikutin Jeno. Dan doa makan mereka pun bisa Dharma denger. Alhamdulillah, gak lupa Allahummabarik sebelum makan mereka tuh hahaha.
Dharma liatin dua anaknya yang sekarang lagi makan kue sambil nyeritain ulang kegiatan mereka dihari pertama sekolah.
Dan Dharma gak mau bohong kalo dia ngerasa sangat amat terharu sampe pengen nangis pas sadar suatu saat nanti anak-anaknya lah yang akan ada di posisi dia.
Diposisi dia yang sadar kalo anak-anaknya bakalan terus tumbuh dan akan beranjak dewasa pada waktunya.
*******
Kemarin ada yang nanya "Mau sampai kapan flashbacknya?"Pertanyaan ini kulempar balik ke kalian, mau sampe kapan trio krucil kita tetep jadi bocah?😂😂😂
KAMU SEDANG MEMBACA
Trio Yudistira
Short Story[Hey. Bae. Like it. • Spin-Off] Mereka bersaudara. Rendi si sulung serta Jenoardi dan Chandra si kembar tak terpisahkan. Mereka akur kok, banget. Gak percaya? Boleh ditengok ke dalam, gratis gak pake bayar~ NCT Dream AU Brothership RenjunXJenoXHaech...