00.08

9.8K 1K 70
                                    

Jeno panik gak karuan. Daritadi dia gak bisa duduk tenang bikin yang liat risih sendiri. Mau cek ponselnya tapi ponselnya lagi dia titip di guru pembinanya.

Sekarang lagi sesi pengenalan teknologi baru dari Jerman. Dan ini salah satu sesi yang ditunggu Jeno dari kemarin. Tapi dia gak bisa ngikutin sesi ini dengan tenang. Bahkan dia gak sadar acara udah selesai.

Guru pembina sekolah Jeno dateng kemeja mereka. Mereka disuruh balik duduk lagi. Mereka duduk di meja melingkar dan gurunya Jeno duduk disamping Jeno.

Gurunya Jeno nepuk pelan pundak Jeno dan Jeno jadi panik. Apalagi pas gurunya liatin semua anak didiknya.

"Yuk berdoa sebentar. Temen kita, Chandra baru aja masuk ICU. Jeno yang sabar ya."

Jeno gak ngerasain apa-apa lagi. Dia liat temen-temen dan gurunya yang panik liatin dia. Tapi Jeno ngerasa dia mati rasa. Yang dia bisa lakuin sekarang cuma inget senyum lucu adeknya, Chandra.

.

.

.

Jeno dikasih dispensasi buat istirahat di sisa hari itu. Jeno daritadi gak berenti nangis, sedangkan Rendi udah gak tau lagi cara buat nenangin adeknya itu.

"Bang udah ya, berenti nangis. Ini adek bentar lagi keluar dari ICU kok. Cuma tadi adek drop sebentar. Udah ya."

Jeno gelengin kepalanya rusuh, "Salah abang pokoknya. Abang udah lupain adek. Adek itu pemikir orangnya, pasti dia mikir abang gak sayang dia lagi. Pasti adek mikir abang balik kayak dulu lagi! Bego! Sal--"

"Jenoardi!"

Jeno diem pas denger kakaknya teriakin namanya. Dia masih nangis sampe mukanya merah dan matanya bengkak.

"Denger, adek emang tipe pemikir. Dia pasti mikirin kenapa kita bisa lupa acara ulang tahun kalian. Sepele, tapi kita sama-sama tau sifat adek gimana. Tapi dengan abang nyalahin diri sendiri semua bakalan selesai? Adek bakalan sehat lagi?"

"Tapi kak--"

"Bang, kita pernah lewatin hal yang lebih parah dari ini. Yang adek butuhin sekarang cuma perhatian kita lagi. Abang bisakan?"

Jeno ngangguk, "Bisa, apapun demi adek."

Jeno bisa denger Rendi hela nafasnya di sebrang telepon. "Besok pagi adek bisa balik ke kamar rawatnya. Abang gak jadi pulang minggu ini?"

"Sabtu depan abang udah balik. Tapi abang pengen sekarang."

"Sabar abang. Ayah juga baru balik besok Selasa."

"Ayah juga pergi?!"

"Ya urusan bisnis. Abang lagi di Jepang jadinya Ayah yang harus pergi."

"Kemana?"

"Kanada."

Jeno bangun dari posisi tidurnya.

"Kak, kita gak ada relasi di Kanada."

"Well, relasi baru mungkin?"

"Kak, kalau kakak lupa. Dia di Kanada."

"Oh shit! Adek jangan sampe tau!"

"Iya kak."

"Yaudah, kakak mau ngurusin administrasi dulu. Bunda lagi nemenin adek."

"Maaf ya kak, abang gak bisa bantuin."

"Heh! Kakak masih jadi anak pertama ya!"

Jeno senyum kecil sebelum ngomong pelan.

"Bunda juga jangan sampe tau ya kak."

"Hmmmm."

.

.

.

Mr. Yudistira

Abang gak peduli Ayah mau sakitin abang berapa kali.
Tapi kalau adek, kakak atau Bunda yang tersakiti, Ayah taukan harus berhadapan dengan siapa?

Ayah udah gak ada urusan sama dia bang.
Abang percaya kan sama Ayah?

Seandainya abang bisa Yah.
Ayah gak lupakan gara-gara siapa abang jadi monster buat saudara abang sendiri?

Gak ada kali kedua bang.
Itu janji Ayah dulukan?

Ya, dan semoga abang gak perlu denger Ayah janji apapun lagi.


*******

Jadi, yang perlu dicurigai siapa?
Oh, dan selamat hari Senin~

Trio YudistiraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang