Tau enggak, kenapa Indonesia dijajah bangsa Eropa?
Hal ini akan erat hubungannya dengan runtuhnya konstantinopel oleh Sang Hero bernama Muhammad Al-Fatih.
Konon, bangsa Eropa sangat bergantung pada rempah-rempah semacam kayu manis, kapulaga, lada, bunga lawang dan cengkeh. Kesemua rempah itu didatangkan dari negeri nun jauh dari Timur Eropa, dan harus melalui jalur laut berbulan-bulan, karena negeri penghasil rempah-rempah itu adalah negara kepulauan yang di sekelilingnya laut, yang antar pulaunya pun masih ada selat-selat pula.
Maka tak salah ada lagu, "Nenek moyangku Sang Pelaut".
Untuk apa sih rempah ini oleh orang Eropa?
Nah, seperti kita tahu, Eropa secara geografis dan astronomis masuk di wilayah dengan empat musim, yang musim panasnya pun bisa jadi masih tergolong dingin untuk orang-orang di Timur Tengah yang sebagian besar wilayahnya gurun, atau bahkan wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.
Dari itu, rempah-rempah sangat berarti bagi bangsa Eropa untuk menghangatkan badan. Apakah untuk campuran minuman, atau bahkan masakan yang mendunia, Sup.
Sialnya, saat Konstanstinopel ditaklukkan oleh pasukan Alfatih, diberlakukan pembatasan perdagangan rempah-rempah ini bagi orang2 yg menentang kedaulatan Turki Utsmani. Kejadian inilah kemudian yang menjadi pemicu para penjajah dengan misi 3G itu berlayar menemukan negeri di Timur, penghasil rempah-rempah. Itulah Nusantara.
Sup adalah masakan berkuah dengan rempah-rempah yang isiannya bebas mau dikreasikan dengan apa saja.
Nah, buat yang suka makanan superkomplit tapi cukup sekali masak kayak aku, sup ini adalah menu pilihan tepat. Karena dalam sup kita bisa campurkan bahan apa saja yang mewakili sumber karbohidrat, protein, lemak dan mineral serta berbagai macam vitamin.
Hari ini menu berbuka-ku didampingi oleh sup ayam dengan bumbu rahasia dari Almarhum nenek.
Jadi hangat dan segarnya udah pasti Yummy, tapi lemaknya enggak buat numpuk kolesterol. Kalo penasaran, entar kalo kita ketemu aku kasih tahu rahasianya dimana ☺️.
Udah ada rencana makan sayur apa besok? Ingat loh, pastikan ada kandungan vitamin C dan E, ya? Kita butuh kali zat penangkal radikal bebas ini untuk menjaga daya tahan tubuh, supaya kuat ngelawan wabah Covid-19 ☺️☺️
KAMU SEDANG MEMBACA
100 Hari Menuju Ramadhan 1441 H
DiversosIni hanyalah tulisan random di masa penantian 100 hari sebelum masuk Ramadhan 1441 H. Di bagian akhir justru bagian dari ke-gabutan karena mau enggak mau harus #dirumahaja selama masa Pandemi Covid-19 Selamat menyesap kenikmatannya.