ONE

8.6K 192 0
                                    

Hari Sabtu memang hari yang paling menyenangkan di hidup gue. Hari dimana gue ga kerja, dan besoknya masih libur. Bisa seenaknya ngapain aja tanpa harus mikirin masuk kerja. Justru hari Minggu yang kadang bikin gue cemas mikirin menggilanya diri gue di Senin pagi. Tapi bodo amat, di pagi yang indah ini gue ga mau mikirin Senin yang masih jauh. Gue mau memanjakan diri dengan males-malesan di rumah.

Gue keluar dari kamar dan mencari asupan makanan ringan di kulkas. Seinget gue masih ada brownies kukus yang dibawa kakak gue semalem pas mampir rumah. Sekalian ambil susu ukuran seliter buat pasangannya, dan bawa ke depan tivi. What a perfect combination!

"Ya ampun ini anak belum mandi udah nongkrong aja depan tivi. Malu sama kucing tetangga, Ra!!" Suara mama nyaring banget dari arah pintu belakang. Pasti mama habis olahraga di halaman belakang rumah. Emang dah, nih emak-emak rajin banget. Gue tetep diem pura-pura budeg sambil terus nyari channel tivi yang lumayan bikin seneng. Belum juga nemu channel yang pas, mama udah berdiri ngalangin pandangan gue depan tivi.

"Apaan sih maaa, aku mau nonton tivi nih" gue merengek protes.

"Kamu tuh ya, mama stres tau ngeliat hidup kamu yang ga jelas gini. Luntang lantung ga ada tujuan."

Gue tau mama bakalan mulai ceramah paginya tentang tujuan hidup gue yang menurut orang tua gue ga jelas. Well, menurut gue sendiri hidup gue saat ini jelas, terlalu jelas malah sampe ga ngerti lagi gue harus ngapain.

"Enak aja. Hidup Rara ini jelas banget ya. Coba mama liat kelompok ibu-ibu arisan komplek kita ini, mana ada yang anaknya lebih jelas hidupnya dari Rara? Rara umur dua puluh tiga tahun udah selesai kuliah, udah kerja, dan finansial juga udah mandiri. Kurang apa coba?" Aku membela diri. Jelas gue ga terima dibilang ga jelas ama emak sendiri. Mamaku melipat tangannya mendengar jawabanku.

"Kurang nikah, Ra. Mama dulu nikah sama papa kamu umur 20 tahun. Kamu nih 23 tahun jomblo mulu, ga ada gandengan. Kayak ga ada niatan buat membangun rumah tangga gitu. Mama tuh kepikiran mulu tiap pagi."

"Ya udah Ma, jangan dipikirin. Gitu aja repot." Gue ngambil brownies dan melanjutkan makan

"Ya ga bisa gitu dong Ra. Sekarang mama tanya deh, kamu tuh ada niatan buat nikah ga sih?" Akhirnya mama duduk juga di sampingku. Gue menghela napas, the time has come. Datang lagi nih pertanyaan wajib tiap weekend.

"Ya niat lah. Masa ga mau nikah. Masalahnya ga ada yang mau sama Rara dan Rara tuh masih muda Ma, ga usah repot mikirin Rara ga laku deh. Ntar juga laku sendiri."

"Kalo mau laku ya kamunya usaha dong Ra. Nyari kek, ikut aplikasi kencan kek, apalah biar ada gandengan. Apa perlu mama yang nyariin kamu suami?" Mama memandang gemas ke arahku. Ini emak-emak kenapa sih, masih pagi tapi udah tensi tinggi.

Gue berdiri sambil bawa sisa brownies yang tinggal seperempat wadah.

"Terserah mama dah. Kalo mau nyariin Rara suami, harus yang ganteng, pinter, kaya, mapan, baik, udah punya rumah sendiri, trus bisa jamin hidup Rara. Noh cariin dah tuh calon." Gue ninggalin mama yang kicep setelah gue cecar dengan kalimat gila gue ke dapur buat balikin brownies ke kulkas dan masuk kamar. Daripada dimarahin terus, mending gue mau tidur lagi aja mumpung masih pagi. Kalo ga libur gini kapan lagi coba gue bisa tidur lama.

🐄🐄🐄

Gue bangun tidur kliyengan gara-gara kebanyakan makan cokelat. Laper sebenernya tapi gue males keluar kamar, bawaannya pengen nempel kasur mulu. Apalagi kalo gue udah sayang-sayangan ama boneka sapi kesayangan gue, udah deh gue ga butuh yang lain. Tapi gue akhirnya nyerah dan keluar kamar karena perut gue udah perih banget, sedangkan gue punya sakit maag.

"Kak, tadi Kak Aldo mampir kesini dan beliin Kak Rara kebab. Masih di atas meja makan Kak." Mbak Yanti, ART rumah yang ga tau dateng dari mana ngasih tau gue. Gue ngelirik ke arah meja makan, ada bungkusan kecil di pinggirnya.

(UN)MONOTONOUS MARRIAGETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang