Ulama salaf pernah berkata, "Barangsiapa yang tidak memiliki pondasi maka ia tidak akan sampai tujuan."
Sebagaimana kita ingin membangun pondasi/basic, maka semua itu butuh waktu yang panjang. Bahkan lebih lama dibanding membangun yang lain. Untuk mencapai sebuah tujuan dibutuhkannya saling menguatkan antara satu sama lain. Sebagaimana seorang mukmin telah rasul umpamakan seperti bangunan.
الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا
"Orang mukmin dengan orang mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain." [Shahih Muslim No.4684]
Dan berbicara bangunan, itu yang harus dikuatkan terlebih dahulu adalah pondasinya. Begitu pula jika kita ingin islam kita kuat, hijrah istiqomah, pondasi harus kuat.
Kalau kita mau hijrah pondasinya tidak ada, bahkan buku satupun tidak ada yang dikhatamkan dan tidak mempelajari adab sebagai mana makna adab telah disampaikan Ibnul Qoyyim, "Yaitu adab kepada Allah dan RasulNya." (Jami'ul Ulum wal Hikam), maka bangunan itu pun tak akan berdiri kokoh dan kuat. Dan mengokohkan ilmu dalam islam itu yang termudah adalah dengan LANGKAH KE EMPAT, MENCATAT (Poin 1-3 telah dibahas di Wattpad sebelumnya berjudul "Rambu Memasuki Taman Surga").
Mencatat merupakan perintah langsung dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
قيدوا العلم بالكتابة
"Ikatlah ilmu dengan tulisan". (Silsilah hadits Ash Shahihah no. 2026)
Allah juga berfirman, "Dan apa yang dibawa rasul ambil dan kerjakanlah. Dan apapun yang dilarang maka tinggalkanlah." (Al-Hasyr : 7)
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata : "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi Nabi-Nabi mereka'." [Diriwayatkan oleh Al-Bukhâri dan Muslim].
Al-Imam Asy-Sya'bi rahimahullahu ta'ala berkata, "Catatan itu ikatan untuk sebuah ilmu agar tidak lepas."
Syair yang terkenal adalah "Ilmu itu ibarat binatang buruan dan catatan adalah pengikatnya. Ikatlah binatang buruan dengan ikatan yang kuat. Dan salah satu bentuk kedunguan, engkau memburu seekor kijang, lalu begitu tertangkap ia dibiarkan saja tanpa diikat, maka pasti kaburlah tuh kijang."
KAMU SEDANG MEMBACA
Ruang Semangat
ContoTulisan ini adalah catatan kisah perjalanan dalam segelincir waktu yang saya pergunakan untuk menuntut ilmu dengan sebutan "Halaqoh". Semoga bermanfaat.. Mohon koreksi dan saling mengingatkan jika terdapat salah dan khilaf.