Empat puluh

277 23 10
                                    

Sesuai janji abangnya yang entah dari kapan hari dan seharusnya dari lama terlaksana, Endo hari ini benar-benar didatangi saudaranya tersebut. Setelah buat janji ketemuan di depan gerbang kampusnya, dia diajak pergi ke taman hiburan buat refreshing dan juga reward atas keberaniannya.

Abangnya Endo pas tau adeknya mampu ngungkapin rasa bersalah ke orang lain jadi bangga, padahal yang ngelakuin siapa yang paling antusias sama berita tersebut siapa. Katanya kalau bisa syukuran, benaran ngadain syukuran dia.

Endo sendiri nggak tahu dampak dari perubahannya dia ini sebegitu berpengaruhnya ke keluarganya. Dia cerita kalau bisa ngusulin untuk urunan ke yang lain, orang tuanya bahagia banget.

Ini kayak ngeliat anak bayi yang baru bisa jalan, persis banget. Mamanya aja sampai nangis, sumpah Endo nggak bohong.

Dia juga ngerasain sih perbedaannya, mungkin karena dia nyaman kali ya, lingkungannya benar-benar bagus buat dia.

Awal-awal kenal penghuni rumah lain tuh emang canggung, takut apalagi ngeliat bentukan yang udah kerja, kayak gangster (alias Risa sama Akanen). Cuma setelah hampir setahunan ini mungkin, dia jadi lumayan bisa berbaur dengan yang lain.

Baik Risa ataupun Akanen nggak terlalu seram kayak kesan pertamanya ke mereka.

Akanen sendiri kalau kebetulan ketemu sama dia pasti nanya kabar atau, "Mau pergi? Hati-hati kalau naik kendaraan umum, banyak orang mesum. Atau mau dianterin?"

Terus Risa yang walaupun keliatannya kayak cuek dan nggak suka orang lain gitu, tapi pernah bantuin Endo beli buku akuntansi yang gede sementara dia disuruh jagain rumah.

Iya, buku yang punya bau khas itu 🤮

Tapi tau nggak, Risa beliin dia buku yang rada mahal dan yang pasti nggak punya bauk semerbak kayak buku dia sebelumnya. Dan baiknya Risa lagi adalah ngikhlasin uangnya gitu aja tanpa mau diganti balik.

Endo selalu baca chat yang ada di grup, kadang lucu juga ngeliat mereka misuh-misuh pakai bahasa kasar gitu, walaupun sebenarnya ada beberapa yang menurutnya emang keterlaluan.

Dia juga sebenarnya pengen nimbrung, nanggapin candaannya mereka berdua kayak Inoue, Takemoto atau bahkan Hono, tapi rasa beraninya belum sebesar itu. Masih butuh proses lebih.

Endo makin kesini makin tau kalau kesempatan dia buat bersosialisasi perlahan-lahan kebuka. Dia bahkan udah punya teman main dan bahkan pernah senang-senang bareng mereka buat kolam lele.

Selain itu yang lain juga baik banget ke dia, mau gitu ngerangkul. Mereka yang dulunya cuma orang asing, yang seharusnya pasti ngerasa lelah ngadepin orang kayak dia, nggak pernah marah-marah tuh. Malah ngedukung banget. Apalagi dia punya tempat cerita, alias Kak Koike yang udah dia anggap kayak kakak konselingnya.

Orang-orang yang dulu dia anggap nggak bisa dia dekatin, malah berangsur ngedekatin dia. Sekecil apapun reaksi yang dia kasih ke mereka, bahkan nggak pernah jadi halangan buat ngajak dia ngobrol lagi.

Kalau ditanya bersyukur atau nggak, ya jelas banget dia sangat-amat bersyukur. Dibanding tinggal di kos-kosan yang ngebuat dia makin ngurung di kamar, tinggal disini jelas lebih bawa perubahan baik bagi dia sendiri.

Yang pasti, dia mau ngucapin terima kasih banyak ke orang tuanya yang nemuin iklan rumah ini. Dan terima kasih banget juga untuk yang mau sukarela ngasih tempat tinggal ini.

Saku HouseTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang