Dipantai - jakarta
Ku lihat rian menatap laut. Aku menunggu tanggapannya tentang kisahku dan farhan di kediri.
"Jadi sampe sekarang lo belom tau dia suka apa gak sama lo?" Tanya rian.
"Belom" jawabku.
"Lo tau, farhan itu beruntung loh. Walau gue akuin lo itu kalo udah marah menakutkan, tapi itu malah daya tarik lo." Ujar rian.
"Pea lo, mana ada marah jadi daya tarik." Jawabku sambil memukul lengan rian yang cukup besar.
"Lo masih kontekan sama dia?" Tanyanya.
"Masih, kenapa?" Tanyaku kembali
"Gak papa, gue mau tanya, tapi lo harus jawab jujur. Oke, apa alasan lo mau ngelepasin perasaan lo ini?" Tanya rian kepadaku.
"Gue capek berharap yan, gue gak tau pasti apa dia suka sama gue apa gak, selama ini gue berharap dia ngomong secara langsung ke gue kalo dia suka sama gue. Tapi gw tau diri, dia gak akan bilang itu. Ditambah gw sadar diri kok, gw itu bukan perempuan baik-baik dan pantes buat dia sukain yan." Jelasku, rian mengangguk-angguk mengerti.
"Pantesan ya dani bilang lo itu perempuan baik banget. Gue jadi paham alasan dani dan amri masih suka sama lo. Lo tau gak ada yang namanya perempuan baik-baik atau perempuan pantas untuk seseorang rey. Kalo menurut gue, perempuan malam itu juga perempuan baik-baik untuk keluarganya hanya saja pekerjaannya gak baik. Itu aja, kalo lo merasa gak pantes, berusaha lah buat jadi pantes untuk dia pilih. Kalo dari cerita lo tadi, menurut gue dia suka sama lo rey." Ujar rian sambil mengusap kepalaku.
"Yan, banyak yang lo gak tau tentang gw, emang lo tau soal perjalanan hati gw, tapi keluarga gw. Apa farhan bisa nerima yan." Tanyaku kepada rian
"Ya emang kenapa keluarga lo? Punya ekor?"tanya rian.
"Yan, keluarga gue mungkin terlihat normal seperti keluarga pada umumnya, tapi busuk yan. Gue itu kaya sampah yan. Bahkan pelacur aja lebih baik daripada gue. Bokap gw melecehkan gw saat gw akan tumbuh dewasa, abang bokap gw pun sama, dan beberapa orang sekitar gw begitu, lalu apa yang bisa gw lakukan? Ngadu ke nyokap, selama ini nyokap selalu menyalahkan gw yang selebor dalam berpakaian. Sedangkan lo liat sendiri, pakaian gw seperti apa. Bahkan oci lebih ngetat dan terbukan pakaiannya dari pada gw yan. Trus apa gw bukan sampah namanya?" Jelasku kepada rian yang kurasakan dia memandangku tidak percaya.
"Coba jelasin maksud lo" tanyanya
"Waktu gw SMP kelas 2, pas nyokap masukl rumah sakit, abang bokap gw hampir memperkosa gw, dia nyium bibir gw dengan nafsu, beruntung adek gw manggil, jadi dia lepasin, dan saat malam, tangan paman gw meraba badan gw saat gw tidur yan, saat itu gw begitu benci sama dia, gw gak berani bilang sama nyokap karna dia masih sakit, jadi gw pendem sendiri. Tapi gw memendam kebencian kepada dia. Gak lama setelah itu, pas kelas 2 SMA, bokap gw beberapa kali ketangkep basah nyium bibir gw dan tangannya meraba badan gw saat gw tidur, pas gw bangun, bokap langsung gelagapan. Gw diem lagi saat itu yan, dan beberapa saat setelahnya, tetangga rumah gw kebetulan disuruh benerin saluran pembuangan air rumah gw saat orang itu nunggu upah benerinnya, dia nyelinap kekamar gw, trus meluk gw dari belakang dan meremas dada gw, belum lagi guru ngaji gw yang disuruh ngajar kerumah, beberapa kali karna gw bosan dengar ceramanya, dia nyium gw. Lo tau gw itu kaya sampah dibuat mereka semua. Dan setelah kuliah gw bilang sama nyokap, apa nyokap bilang, gw aja harusnya instropeksi diri. Jadi orang pakean harus lebih rapi, jangan menggoda, kelakuan jangan liar. Nyokap gw sendiri bilang begitu yan. Apa bukan berarti gw itu sampah?" Ujarku dengan nada yang begitu emosi.
"Rey, lo diperlakukan begitu karna memang bentuk badan lo sedikit menggoda, gw harus akuin itu. Tapi lo bukan sampah rey. Lo itu perempuan kuat. Gw beberapa waktu lalu ketemu dani, kita banyak ngobrol, dia lagi nyetak buat kerjaan dia."ujar rian, dan rian pun menjelaskan obrolannya dengan dani - mantan pacarku yang hampir menjadi suamiku.Flashback play - rian
"Hai, lagi nunggu cetakan ya bang?" Ujarku menegur bang dani - senior dikampus sekaligus mantan pacar reyna - yang sedang duduk di banggu depan pos barang jadi.
"Iya, apa kabar yan, gimana kerjaan lancar?" Tanya dani kepadaku
"Puji tuhan baik bang, Lancar bang, ini lagi nyetak brosur buat tempat gym tempat gw ngajar bang" ujarku.
"O bagus lah."ujarnya.
"Gw baru denger soal reyna nolak lamaran lo bang, gw ikut sedih dengernya bang, sayang banget 5 tahun kalian pacaran bahkan sampe LDR jakarta medan malah reyna nolak pas lo lamar dia. Gak ngerti gw jalan fikiriannya dia bang" ujarku kepadanya, sejujurnya aku ingin tahu alasan pastinya reyna nolak dani.
"Dia udah ngelakuin hal bener yan, dia itu perempuan kuat, sabar, pinter lagi. Mungkin gw gak bakal nemu yang seperti reyna lagi yan. Lo tau yan, orangtua reyna itu keras, dari kecil reyna didik sangat keras sama bapaknya, dia dipaksa mandiri sama mamanya yan."ujarnya membela reyna.
"Maksudnya?" Tanyaku bingung.
"Lo berapa kali dipukul bokap lo pake gesper? Gak pernah kan. Dia dari SD kelas 4 kalo dia gak nyatet pelajarannya tiap minggu dia kena gesper, belum lagi dari umur segitu juga dia udah ngerjain strika baju, nyuci piring, jemur pakean. Waktu dia untuk main gak ada. Sampe sekarang. Bahkan pernah bapaknya nampar dia dan bapaknya bilang ke gw, saat itu gw pengen kerumah dia ngehajar balik bapaknya, cuma temen-temen gw ngelarang. Dia diperlakukan seperti asisten rumah tangga dirumahnya sendiri yan. Gak ada tuh dia berleha-leha dirumahnya sendiri. Saat gw kerumah dia, gw bukan ngapel pacaran sama dia, tapi sama bokap nyokapnya, dia mah didapur masak, beberes. Lo bayangin aja deh. Belum lagi selama gw bareng dia, nyokapnya selalu merongrong minta uang pas dia kerja, sebelum tanggal gajian nyokapnya ngeluh minta dia kasih uangnya. Bahkan saat dia kos diluar yan. Gw yang bantu dia untum tetap kuat, tapi gw tau, dia gak mau gw terus-terusan di salahin sama orangtuanya. Makanya dia nolak lamaran gw. Gw sayang banget sama dia. Dia itu kaya mutiara yan." Jelas dani kepadaku Yang sedikit membuatku kaget akan ceritanya tentang keluarga reyna.Flashback end - rian
"Begitu ceritanya rey, apa bener yang dibilang dani?" Tanya rian sambil melihatku yang sedikit terharu.
"Ya begitulah, gw gak mau dani di salahkan terus akibat ulah gw yan." Ujarku sambil mengusap kedua mataku yang sedikit berair.
"Trus seandainya farhan mengakui perasaannya kepada lo, apa lo akan terima dia menjadi pasangan lo? Apa lo gak kasian nantinya farhan akan diperlakukan sama seperti dani?" Cecarnya kepadaku.
"Lo kira gw yang dulu sama kaya yang sekarang yan? Gw yang dulu bertindak tanpa berfikir, sekarang gw berfikir dulu sebelum bertindak yan. Gw tau tinggal dengan orangtua gw adalah penjara yang terus mengikat gw, tapi kalo gw bisa cari cara untuk membuka pintu penjaranya kenapa nggak yan."ujarku kepada rian.
"Oke, sekarang coba lanjutin cerita hubungan lo dengan farhan setelah lo dijakarta, gw pengen tau" ujar rian.
"Oke, setelah gw dijakarta ya" dan akupun memulai bercerita kembali mengenai hubunganku dengan farhan setelah aku kembali dijakarta.
KAMU SEDANG MEMBACA
REYNA
RomanceBerawal dari kisah cinta periode kampung inggris pare, hingga berujung cinta gila yang berusahan memisahkan cinta sejati.