Sebenarnya baru terpikir untuk membuat ini karena banyak istilah yang saya buat sendiri diluar istilah/ bahasa yang ada di lore Elder Scrolls.
(Glosarium ini terus diperbaharui karena masih acak-acakan dan jika kalian menemukan kata-kata yang belum diterjemahkan, beri tahu ke saya ya)
=================================
Kemiranan Elt-Gondorin atau Kerajaan Elt-Gondorin atau juga Kekaisaran Elt-Gondorin awalnya memiliki sistem monarki absolut, namun ditengah kepemimpinan Viktor I, dia mengubah sistem pemerintahan menjadi sistem monarki parlementer (nantinya berubah menjadi monarki konstitusional) akibat meluasnya wilayah Kemiranan Snow Blood.
=================================
-=Bangsawan=-
- Miran : merupakan sebutan untuk Raja/Kaisar Elt-Gondorin yang sedang bertakhta. Sang Miran sering disapa Yang Mulia.
- Miranessa : merupakan sebutan untuk Ratu/Kaisarina Elt-Gondorin yang sedang bertahkta. Sang Miranessa sering disapa Yang Mulia Ratu atau hanya Yang Mulia.
- Karal Waen: merupakan suami dari Miranessa yang sedang bertahkta. Biasanya mereka disapa sebagai Karal va Hleed atau Pangeran Agung.
- Karalessa Waen : merupakan istri dari Miran yang sedang bertahkta. Biasanya mereka disapa sebagai Karalessa va Hleed atau Permaisuri Agung.
- Ata Miran : Ayah dari Miran atau Miranessa yang sedang bertakhta.
- Lenya Miranessa : Ibu dari Miran atau Miranessa yang sedang bertahkta.
- Karal : Putra Miran/Miranessa
- Karalessa : Putri Miran/Miranessa
- Karal Runn : Putra Mahkota atau pangeran pewaris tahkta sebagai Miran. Baik pewaris tahkta atau tidak, biasanya mereka hanya disebut sebagai Karal.
- Karalessa Runn : Putri Mahkota atau putri pewaris takhta sebagai Miranessa. Baik pewaris tahkta atau tidak, biasanya mereka hanya disebut sebagai Karalessa.
-=Istilah kekuasaan yang lain=-
- Alt Kantsler : artinya Kanselir Tertinggi atau Kanselir Agung. Ini adalah gelar bagi menteri tertinggi di Kemiranan Elt-Gondorin yang nanti akan dipilih dari seseorang yang paling berpengaruh di parlemen. Jabatan ini akan diangkat dan diberhentikan oleh Sang Miran/Miranessa. Masa jabatan Alt Kantsler adalah 5 tahun.
- Kantsler : artinya adalah kanselir atau menteri. Para Kantsler ini diangkat dan diberhentikan oleh Alt Kantsler dalam bentuk kabinet yang berlaku selama 5 tahun; sama seperti masa jabatan Alt Kansler. Namun bila ada seorang Kantsler diberhentikan/memberhentikan diri sebelum selesai masa jabatannya, Alt Kantsler akan mengadakan rapat untuk menyusun kabinet baru yang masa berlakunya mengikuti sisa masa kabinet sebelumnya.
- Mirvizir : Penasihat Miran/Miranessa atau juga bisa dikatakan menteri.
- Hazreti : panggilan untuk seseorang yang terhormat, biasanya ditulis di awal nama seseorang.
- Vendis : artinya Yang Terhormat. Biasanya digunakan di akhir nama seseorang.
- Snow Blood Parlamen : adalah parlemen yang dibentuk oleh dua majelis yakni Dewan Rakyat (majelis rendah) dan Dewan Bangsawan (majelis tinggi). Dari parlemen inilah para Kantsler dan seorang Alt Kantsler mendapatkan jabatan. Anggota Snow Blood Parlament yang berasal dari Dewan Bangsawan didapat melalui tokoh masyarakat antar hold atau kadipaten (kekaralan) atau gubernatorat yang mendapat kepercayaan dari Kemiranan, sedangkan untuk anggota Dewan Rakyat dipilih melalui pemilu rakyat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Snow Blood : Pray For The Dead
FantasyIni adalah kisah seorang perempuan berdarah Nord dan Falmer yang diberkahi menjadi Mirsil atau biasa dikenal sebagai Cahaya Auri-El. Atas gelarnya itu, ia ditakdirkan akan menerangi seluruh kegelapan yang ada di Nirn. Namun, Raja Kegelapan bernama...