Screen time

730 71 8
                                    

Bubu itu seperti orang tua pada umumnya. Ingin yang terbaik untuk bertumbuh dan masa depan masing-masing anak Jung. Semua orang tua pasti ingin dan mau anak-anak sehat dan pintar. Begitu juga dengan Bubu maupun Ayah.

Ayah dan Bubu mempunyai ajaran yang berbeda. Ayah terkesan bebas dan sewaktu-waktu keras. Sedangkan Bubu selalu pada intinya dan tidak mudah dibantah.

Ayah dan Bubu akan melakukan apapun agar anak-anak Jung makan dengan enak, tidur dibawah selimut hangat dan bisa berteduh dirumah saat hujan.

Beda ajaran yang dimaksud itu contohnya seperti ini- masalah tentang time screen tablet atau ponsel untuk bermain.

Di zaman sekarang yang serba canggih, tidak ada salahnya mengenalkan anak-anak pada teknologi masa kini. Tujuannya agar anak tidak kudet atau kurang pengetahuan tentang teknologi.

Di lain sisi, terlalu banyak memainkan ponsel bagi anak-anak juga berdampak buruk. Contohnya saja untuk kesehatan mata. Interaksi sosial yang kurang dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, Ayah dan Bubu tidak mau anak-anak Jung, nantinya mengambil dampak negatif dari kemajuan teknologi yang ada. Keduanya sepakat untuk membatasi masing-masing anak Jung dalam bermain ponsel.

Selain untuk belajar dan mengikuti kelas secara online, anak-anak Jung diberi waktu lima belas sampai empat puluh lima menit untuk menghibur diri. Mulai dari bermain games atau melihat video di salah satu aplikasi untuk anak.

Setiap anak menanggapi peraturan ini dengan cara berbeda. Setiap anak punya keinginan dan sifat keras kepalanya masing-masing.

Untuk Mark- Mark itu sulung Jung yang paling pengertian dan paling bijaksana. Selain karena dirinya yang tua, Ayah juga mengajari Mark untuk bisa dijadikan panutan tiga adiknya.

Menjadi panutan di usia muda dengan rekor terbanyak tiga adik, tentunya tidak mudah. Mark harus sigap dan selalu berusaha menjadi pribadi yang baik agar bisa membantu Ayah maupun Bubu.

Mark juga anak yang patuh. Contohnya seperti ini,"Bubu, Tablet Mark dimana ya?,"

Bubu membuka laci kamar dan memberikan tablet bertuliskan nama Mark di bagian belakang.

"Sudah mau belajar online Kak?,"

Mark mengangguk, menerima tablet miliknya dan mengucapkan terimakasih dengan suara yang lucu. Didalam kamar, Mark belajar dengan giat. Mendengarkan dengan baik materi pelajaran yang diberikan guru.

"Sampai disini ya, pelajaran dari Ibu. Kita sambung Minggu depan. Bye anak-anak,"

Setelah mengucapkan terimakasih, Mark menutup tablet miliknya dan berjalan ke tempat dimana Bubu berada.

Bubu tengah santai sembari menonton salah satu berita siang yang sedang disiarkan secara langsung.

"Bubu," panggil Mark.

Mendengar panggilan itu, Bubu menurunkan volume suara dan melihat Mark dengan tablet di gendongan.

"Sudah selesai belajarnya?,"

Mark mengangguk sembari mengembalikan tablet miliknya pada Bubu.

"Tidak mau main dulu? Bubu kasih waktu setengah jam?," Tanya Bubu sembari mengembalikan tablet milik Mark.

Mark mengangguk semangat,"Terimakasih Bubu,"

Setelah itu, selama setengah jam- Mark akan bermain dan menonton video dengan tenang. Sesekali diganggu adik-adiknya yang rusuh memintanya untuk memutar video dinosaurus.

Selam setengah jam itu, Mark selalu memastikan waktu yang tersisa. Setelah waktu habis, Mark mengembalikan tablet miliknya dan memilih bergabung dengan dua bungsu Jung untuk bermain bersama.

[Aku update di Twitter]

Jung Fams feat Beomgyu Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang