Hari Senin telah tiba. Para siswa kelas 12 sedang melaksanakan ujian try out hari itu. Sementara para adik kelas mereka yaitu kelas 10 dan kelas 11 diliburkan supaya tidak mengganggu para siswa kelas 12 yang sedang mengerjakan try out. Terlihat suasana kelas Bian sangat hening. Seluruh siswa kelas tampak mengerjakan soal try out dengan tenang. Namun, Bian hanya asal mengerjakan soal-soal try out itu. Ia benar-benar tidak bisa berpikir dengan jernih saat itu karena ia masih terus memikirkan kondisi Tama yang belum juga membaik. Ia tidak memiliki semangat untuk mengerjakan soal-soal try out itu.
Tak berbeda dengan Bian, Naufal juga mengisi soal-soal itu dengan jawaban yang asal. Ia merasa tidak semangat mengerjakan soal-soal itu. Ada banyak hal yang sedang ia pikirkan. Pertama, ia memikirkan Tama yang masih kritis di ICU. Kedua, ia memikirkan ayahnya kini sedang menjalankan sidang di pengadilan untuk menerima keputusan dari pengadilan. Hari itu ayahnya akan menerima hukuman dari pengadilan atas perlakuan buruk ayahnya pada Tama dan papahnya. Lalu yang ketiga, ia juga memikirkan bundanya yang juga masih shock dengan kejadian ini. Bundanya bahkan menuntut perceraian pada ayahnya. Bundanya merasa malu dan kecewa pada ayahnya. Itu sebabnya bundanya itu memilih untuk bercerai dengan ayahnya. Kini hidupnya benar-benar hancur. Ia merasa, mungkin ini adalah karma yang harus ia terima setelah tega menyakiti Tama selama ini.
Sama dengan Bian dan Naufal, teman-teman yang lain seperti Haiden, Rafa, dan Sakti pun juga tidak mengerjakan soal-soal try out dengan bersungguh-sungguh. Mereka tidak memedulikan nilai try out mereka akan mendapatkan hasil yang jelek sekalipun karena mereka pikir ini hanyalah try out, bukan ujian akhir kelulusan. Sehingga mereka tidak begitu memedulikan nilai. Mereka bahkan tidak belajar sedari kemarin karena memang mereka hanya memikirkan Tama yang masih belum sadar di ruang ICU. Mereka terus mengkhawatirkan kondisi Tama dan mereka tidak henti-hentinya berdo'a pada Tuhan supaya Tama bisa kembali sadar dan pulih.
Setelah beberapa jam berlalu, akhirnya waktu untuk mengerjakan soal ujian try out pun berakhir. Para siswa diminta untuk segera mengumpulkan jawaban ujian pada guru pengawas. Setelah itu, para siswa pun berjalan keluar dari dalam kelas untuk langsung pulang ke rumah masing-masing. Bian dan teman-temannya itu berjalan lesu menyusuri koridor sekolah.
"Ngga semangat banget gua, sumpah! Baru kali ini gua ngerasa males sekolah cuma gara-gara Tama. Padahal, selama ini gua justru malah ngarepin Tama keluar dari sekolah ini. Selama ini gua ngerasa biasa aja kalo Tama ngga masuk sekolah karena sakit. Tapi sekarang, gua beneran ngerasa kehilangan. Gua ngerasa ada yang kurang kalo ngga ada Tama di sekolah," ucap Haiden sambil berjalan bersama teman-temannya.
"Itu karena lu sekarang udah beneran nganggep dia temen. Lu udah sayang sama dia. Lu udah nganggep kalo dia itu berarti buat lu. Makanya sekarang lu ngerasa kayak gitu. Gua juga ngerasain hal yang sama kayak lu sekarang," balas Rafa.
"Hm, kira-kira Tama mau bangun kapan, yah? Masa lama banget tidurnya?" sambung Sakti.
"Lu udah dapet kabar belum, Bi? Tama gimana sekarang? Apa masih belum ada perubahan apa-apa sampe sekarang?" tanya Rafa pada Bian.
"Gua belum dapet kabar apa-apa. Setiap hari gua ke rumah sakit terus buat jengukin Tama. Tapi dia masih belum sadar. Kasian nenek gua. Nenek gua sampe sakit gara-gara mikirin Tama," jawab Bian.
"Ya ampun, terus nenek lu gimana sekarang?" ucap Haiden.
"Ya gitu, namanya orang udah tua. Udah gampang capek. Kalo mikir yang berat-berat pasti jadi sakit. Apalagi nenek gua tuh punya vertigo sama diabetes. Pas pulang dari rumah sakit habis jenguk Tama, fertigonya tiba-tiba kambuh. Nenek gua ngga mau dianter ke rumah sakit. Sekarang dirawat di rumah aja sama nyokap. Nenek gua ngga mau makan. Nangis terus pas dikasih tau Tama masuk ICU. Tadinya mamah ngga mau ngasih tau ke nenek soal kondisi Tama. Tapi nenek nanyain Tama terus. Ya udah akhirnya nenek baru dikasih tau pas Tama udah nginep dua hari di ICU. Nenek gua shock banget waktu baru dikasih tau kalo Tama habis diculik. Nenek gua nangisnya sampe ngeraung-raung gitu. Gua sedih liatnya. Baru kali ini gua liat nenek gua kayak gitu," ucap Bian.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kakak Sempurna Untuk Saka || JENO × JISUNG√
أدب المراهقينDILARANG PLAGIAT!!! ❌ (𝐒𝐮𝐝𝐚𝐡 𝐓𝐀𝐌𝐀𝐓!) "Saka, dunia ini tempat dan waktunya cuma sebentar..," "Maafin kakak ya, Sa.. kakak harus pulang..," "Maaf, Sa.. kakak belum bisa jadi kakak yang sempurna untuk Saka," ~Tama.