Bab 9

16.1K 914 23
                                    

Anye terpaku menatap ke arah kamar Dipta, anaknya.

Anak yang ia hadirkan dengan paksaan.

Anak yang keras kepala bertahan di dalam tubuhnya meski telah coba ia lenyapkan beberapa kali.

Tak terhitung berapa banyak dosa yang Anye lakukan pada darah dagingnya itu.

"Dia tau, dia bisa merasakannya. Kalian berdua sangat mirip. Dipta tau jadwalmu datang kesini, dia selalu menunggu. Berpura-pura menawarkan bantuan hanya agar bisa bicara denganmu." Ujar Ambu Nina sembari menangis tergugu.

Anye tersedu, segera dia berlari menuju ruangan yang tadi dimasuki oleh Dipta.

Disana, anaknya berbaring menghadap tembok. Anye tau, Dipta-nya tengah menangis.

Anye merebahkan badannya dibelakang Dipta, lalu memeluknya erat.

"Maaf, maafin mama." Bisik Anye ditelinga putranya.

Malam itu, Anye dan Dipta habiskan dengan menangis sambil berpelukan.

***

Pagi ini bisa dibilang pagi paling indah dalam hidup Anye setelah papanya meninggal.

Sejak bangun pagi, Anye tidak berhenti membantu Ambu Nina membersihkan rumah serta membuat sarapan.

"Makan yang banyak, Sayang. Gimana? Enak?" Tanya Anye mengelus kepala Dipta sayang.

Dipta hanya tersenyum malu, selama ini dia tidak pernah berani membayangkan bisa sedekat ini dengan mamanya.

"Enak." Balas Dipta singkat.

Anye tertawa melihat wajah merona putranya.

Wajah Dipta merupakan paduan adil dari sosok Anye dan Bagas.

Jika dilihat sekilas, tidak akan terlihat mirip Anye ataupun Bagas.

Aman, Anye belum mau membuka identitas Dipta pada keluarga Prawirohardjo.

Enak saja, Anye gak mau kalo suatu saat dia diceraikan terus Dipta dibawa Bagas sampai lupa sama Anye seperti di mimpinya dulu.

Walau Elina sudah tidak ada, tapi bukan berarti tidak akan ada Elina yang lain.

Setelah selesai sarapan, Anye membantu Dipta mengemas beberapa barang yang akan anak itu bawa ke Jakarta.

Hari ini Anye akan memboyong Dipta dan Ambu Nina ke Jakarta.

Meski awalnya Ambu Nina menolak, tapi dengan bujukan Anye, beliau akhirnya bersedia ikut dengan syarat akan bekerja sebagai ART di tempat Anye.

"Dipta dengerin mama. Apapun yang mama lakuin ke kamu di Jakarta nanti, percayalah, mama sayang sama kamu. Ngerti." Tegas Anye memberikan sedikit penjelasan mengenai keadaan yang akan mereka hadapi nanti.

Dipta memperhatikan dengan seksama, lalu membalas dengan anggukan.

"Bagus, ayo kita berangkat. Ambu sudah selesai, kan?" Tanya Anye pada Ambu Nina yang baru saja kembali dari rumah tetangga.

Ambu Nina menitipkan rumah pada tetangganya dengan imbalan tetangga bisa bercocok tanam di halaman rumah Ambu Nina yang memang cukup luas.

Ambu Nina sudah lama hidup sebatang kara, dan kehadiran Dipta seperti cahaya dalam kegelapan akibat ditinggal oleh mendiang suaminya dulu.

Jadi, tidak sulit bagi Ambu Nina meninggalkan tempat ini, dia bisa melakukan apa saja untuk Dipta. Cucunya tersayang.

***

"Kemana saja kamu?" Tanya Bagas tepat setelah Anye membuka pintu apartemen.

Anye melengos, tak mempedulikan pertanyaan Bagas.

Anyelir Tak Pernah LayuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang