Setelah drama lupa jalan pulang, yang menyebabkan Anye bertahan diboncengan Pak Andri kurang lebih satu tengah jam dalam keadaan basah kuyup, akhirnya mereka sampai di lobi gedung apartemen Anye.
"Maafin Anye ya, Pak. Udah bikin bapak basah kuyup, capek, abis bensin lagi." Ucap Anye merasa bersalah, sedikit tapi.
Tentu Anye merasa bersalah karena lupa jalan pulang memang hanya alasan agar bisa boncengan lebih lama dengan si bapak.
Apa? Mau bilang Anye plin-plan? Tadi Bagas, sekarang Pak Andri?
Biar Anye jelaskan, Pak Andri itu cinta pertama Anye. Ngerti kan gimana rasanya cinta pertama? Nah, itulah yang terjadi pada Anye akan sosok Pak Andri.Rasa untuk Pak Andri berbeda dengan yang Anye persembahkan untuk Bagas, Anye yakin sangat mencintai Bagas dan bersedia melakukan apapun untuk memilikinya.
Ntahlah, sekarang Anye sudah tidak yakin lagi.
"Sudah, tidak perlu dipikirkan. Cepat kamu masuk, kuyup gitu kayak anak ayam kejebur got." Ujar Pak Andri khawatir sekaligus menggoda.
"Lah, kalo saya yang kayak gini dibilang mirip anak ayam kejebur got, terus bapak namanya apa? Bapak mau mampir dulu di tempat saya sampai hujannya reda?" Tawar Anye spontan, lupa dia jika ada makhluk lain yang sekarang bersarang di apartemennya.
Ketahuan Bagas, auto tamat.
"Tidak usah, saya gak enak lagian orang rumah pasti udah cemas nunggu dari tadi apalagi hujan gini." Tolak Pak Andri bijak.
Yah, gagal.
Anye mengembalikan atribut motor milik Pak Andri. "Yaudah, ini helm dan jasnya dipake biar lebih nyaman di jalannya."
Pak Andri pun mengenakan helm dan jas yang tadi dipakai Anye.
Serasa abis dipeluk Anye pastinya.
"Sudah, saya pulang ya." Pamit Pak Andri saat sudah siap menerobos hujan lagi.
"Hati-hati, Pak. Salam buat Mba Fika sama anak-anak." Ujar Anye riang sambil melambaikan tangan, dadah.
***
Anye berjalan menuju kamar apartemennya dengan riang gembira. Tidak peduli meski atributnya basah kuyup, hati Anye girang luar biasa.
Di depan TV, Anye mendapati Dipta, Seruni, dan Ambu Nina yang sedang menonton kartun dari negeri sebelah.
"Sore, Everybody." Sapa Anye ceria.
"Mama, kok basah kuyup gitu?" Tanya Seruni yang seperti biasa, tidak akan dipedulikan oleh Anye.
"Kak Anye, ... ."
"Ssst, Dipta gak usah khawatir. Kakak baik-baik aja kok, tadi seneng kan sekolahnya?"
Anye tak lupa menanyakan hari pertama Dipta di sekolah.
"Seneng banget, Dipta punya banyak temen baru."
Dipta bercerita dengan sangat antusias.
"Wah, hebat. Yaudah Dipta lanjutin nontonnya, kakak mau mandi dulu. Ambu, tolong buatin yang anget-anget ya buat makan malem, biar gak flu."
"Iya, sana. Neng Anye beberesih dulu."
Cup, Anye mengecup kening Dipta sekilas.
Seruni menatap tajam Dipta setelah Anye masuk kamar. "Jangan deket-deket sama mama aku, Mama Anye itu mama aku, bukan mama kamu. Ngerti."Ambu Nina yang bisa mengerti perasaan Seruni pun langsung membawa Dipta ke dapur agar menemaninya memasak sup ayam untuk menu makan malam hari ini.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Anyelir Tak Pernah Layu
General Fiction"Mama ... ." Suara seorang gadis kecil mengagetkanku saat membuka pintu. Apa dia panggil aku barusan? Mama? HELL, NO. Mama, Mama. Mama dari Hongkong gitu. Jangan harap aku bakal luluh seperti halnya wanita dalam novel, lalu berakhir menjadi ibu samb...