Bab 32

13.1K 705 7
                                    

Anye menatap dalam rumah yang menjadi naungan semasa kecilnya, dia tidak pernah sekalipun menginjakkan kakinya di tempat ini setelah mengikuti pria paruh baya yang sekarang menjadi ayah mertuanya sekitar sepuluh tahun yang lalu.

Bahkan disaat dirinya kebingungan mencari tempat tinggal ketika minggat dari rumah keluarga Prawirohardjo, tempat ini tidak pernah terlintas sedikitpun dalam benaknya untuk menjadi tempat berteduh.

Namun sekarang, entah mengapa langkahnya membawa Anye menyinggahi tempat keramat ini.

Sepuluh tahun tak dihuni membuat rumah mungil yang dulunya hangat menjadi dingin tanpa kehangatan yang tersisa dengan debu yang bertebaran dimana-mana disertai rumput liar yang tumbuh tak terurus. Sangat kontras dengan rumah Pak Andri di depannya, ataupun tetangga lain di sekitarnya.

Anye melenggang masuk dengan lancar karena dia memang masih menyimpan kunci gerbang maupun pintu rumah lamanya itu.

Semuanya masih sama, tidak ada satupun benda yang melenceng apalagi hilang.

Anye menatap lekat foto keluarga yang pernah menjadi bukti kehangatan rumah ini.

Disana, ada dirinya yang tengah mengenakan seragam putih biru, tersenyum manis diapit oleh papa dan mamanya.

Anye ingat, foto itu diambil di hari pertama Anye masuk SMP. Pagi hari sebelum berangkat ke sekolah diantar oleh papa dan mamanya.

Entah ekpresi seperti apa yang harus Anye keluarkan saat menatap foto tersebut.

Anye sangat merindukan sang papa. Sedang untuk mamanya, Anye ...

"Sudah saya duga kamu ada disini." Suara yang datang tiba-tiba dari arah pintu sukses membuat Anye melonjak kaget.

"Ih, si bapak ngagetin." Seru Anye manja pada Pak Andri yang berdiri di ambang pintu.

Pak Andri tertawa dengan tingkah manja dan centil Anye yang sudah biasa dilihatnya. Dia mendudukan dirinya di kursi, bersebelahan dengan mantan muridnya yang kegenitan itu.

"Bapak gak ke sekolah? Apa jangan-jangan milih pensiun dini dan lebih milih jadi penulis?" Tanya Anye bingung saat mendapati Pak Andri di sekitar rumah ketika seharusnya sedang bercengkrama dengan para muridnya di dalam kelas.

"Kamu dan isi pikiranmu itu benar-benar ya. Saya baru pulang dinas kemaren malam, jadi dapat jatah libur sehari. Niatnya mau ngaso di teras, eh malah lihat pintu rumah ini kebuka. Disamperin, ternyata memang beneran kamu." Ujar Pak Andri menatap Anye lembut, dia tau Anye sedang butuh teman bicara.

"Anye ketemu sama mama, tapi mama sudah berubah. Bukan mama yang dulu, Anye gak kenal sama sekali." Ujar Anye memfokuskan tatapannya pada wajah sang mama yang tengah tersenyum manis di foto.

"Apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya?" Tanya Pak Andri cukup menghentak pikiran Anye, sedikit banyak Pak Andri paham dengan permasalahan yang tengah dihadapi oleh Anye.

Anye membalas pertanyaan Pak Andri dengan gelengan kepala.

"Mungkin ini yang terbaik." Gumam Anye namun masih bisa terdengar oleh telinga Pak Andri.

"Kamu gendutan, ya?" Canda Pak Andri mencoba mencairkan suasana.

Bagi Pak Andri, Anye yang genit lebih baik daripada Anyelir yang murung.

"NGGAK, ini tuh bukan gendut tapi semok. Lagian, Anye kan lagi hamil, wajar kalau lebih berisi." Dumel Anye yang tak terima dibilang gendut.

"Hamil? Anaknya Pak Bagas?" Tanya Pak Andri agak kaget.

Sejujurnya Pak Andri memang sangat kaget saat tahu jika Anye sudah menikah dan bahkan anaknya sudah mau dua. Secara, Anye kan artis. Namun, Pak Andri tidak pernah mendengar berita itu dari infotainment manapun.

Masa iya, para wartawan gak tertarik sama kehidupan pribadi seorang Bunga Anyelir Danuarta.

Pak Andri penasaran. Ingin bertanya, tapi sadar jika dirinya sama sekali tidak punya hak.

"Yaiyalah, emang siapa lagi." Jawab Anye spontan.

"Genit, ya. Majikan sendiri digodain, ketauan istrinya dipecat loh. kena labrak, ya auto viral tuh." Goda Pak Andri yang mampu membuat Anye senewen.

"Sembarangan, itu tuh suami tercintahnya Anye tau." Ujar Anye bersungut-sungut lucu.

"Tercintah banget, ya. Saya jadi merasa terkhianati." Ledek Pak Andri menyinggung kelakuan Anye yang selalu mengatakan kata cinta padanya sampai memohon-mohon untuk dijadikan istri keduanya dahulu kala.

"Abis gak diindahkan sama bapak, jadi Anye pindah haluan aja." Jawab Anye menampilkan ekpresi merajuk yang memancing tawa Pak Andri.

Terlalu asyik dengan canda tawa, Anye dan Pak Andri tidak sadar dengan kehadiran Bagas yang sudah lama berdiri di ambang pintu.

Kesal karena sang istri tidak juga menyadari kehadirannya, ditambah interaksi seru yang dilihatnya, Bagas berdehem keras untuk menyadarkan kedua orang yang tengah duduk di sofa membelakanginya.

"Eh, ada Akang Suami?" Genit Anye berlari menghampiri Bagas, lalu mengapit lengannya erat.

Anye berusaha menetralisir rasa terkejutnya, sekalian meredakan emosi suaminya itu. Iya, suami Anye itu walau sering jinak, tapi serem juga kalau lagi ganas.

Cemburuan banget. Bener, kan dia cemburu?

"Siang, Pak Bagas. Anye, bawa suami kamu ke rumah buat makan siang bareng ya. Saya kasih tau Mba Fika-mu untuk masak sekarang, gak ada penolakan. Ngerti?" Ujar Pak Andri yang dibalas anggukan antusias oleh Anye sebelum berlalu menuju rumahnya sendiri.

"Seneng banget kayaknya." Sinis Bagas yang sudah menampilkan mode sensinya. Cemburu kali, ya.

Anye terkikik melihat wajah masam sang suami.

"Cemburu, Kang?" Tanya Anye menggoda, sepertinya dia sudah lupa dengan insiden banting pintu tadi pagi.

"Iya, cemburu. Kenapa? Gak boleh?" Aku Bagas sewot yang membuat tawa Anye menguar seketika.

Anye mengalungkan lengannya pada leher Bagas, berjinjit, lalu mengecup bibirnya beberapa kali.

"Udah gak cemburu lagi, kan?" Tanya Anye yang dibalas gigitan nyelekit sang suami.

Aduh, bisa sariawan ini. Perih banget tau.

"Kamu gak ada niatan pindah kesini, kan? Kita sudah seperti manusia purba yang kerjaannya pindah-pindah terus." Tanya Bagas was-was setelah menumpahkan kekesalannya atas interaksi Anye dan Pak Andi barusan.

Anye tertawa mendengar ocehan Bagas.

Pak Andri yang belum terlalu jauh dari keduanya tersenyum saat mendengar tawa renyah Anye, dia bisa membayangkan interaksi manis antara Anye dan Bagas dari suara mereka yang masih sayup-sayup terdengar di halaman rumah Anye.

Jika boleh jujur, dirinya pun sama seperti lelaki yang lain.

Tidak peduli seberapa besar dia mencintai sang istri, ada kalanya dirinya pun tergoda dengan perempuan lain.

Dulu, Pak Andri bisa menganggap enteng godaan Anye karena waktu itu Anye hanyalah seorang bocah di matanya.

Tapi sekarang berbeda, digoda oleh seorang wanita dengan semua kesempurnaan ragawi yang dimilikinya sedikit banyak mampu membuat jiwa lelakinya goyah tidak peduli meski itu hanyalah sebuah candaan belaka.

Pak Andri tergoda, dan dia mengakui hal itu.

Dan baginya, ini semua adalah bumbu dalam berumah tangga.

Ujian yang harus dihadapi sekaligus tanya akan tanggung jawabnya sebagai lelaki sejati.

Seberapa mampu dirinya bisa mempertahankan komitmen dan janji atas nama Tuhan.

Bersambung ...

#staysafe
#stayhealthy
#saynotoplagiarism

Anyelir Tak Pernah LayuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang