Detektif Magang

8 1 0
                                    

Udah sekitar 4 hari gue cuekin Nata—Sok ganteng lu, kulit terong. Gue gak tau ini langkah yang bener atau tidak. Tapi, setelah dipikir-pikir, ini ada benarnya juga. Gue pengen tau reaksi Nata kalau gue tidak berkomunikasi lagi dengan dia. Apakah gue seberharga itu? Atau gue hanya cuman dianggap teman biasa? Atau gue sama dengan makanan anjing? (Agak kejauhan mas).

Kalau ditanya cita-cita gue sekarang, jawaban gue cuman satu. Detektif. Gue terinspirasi dari film sherlock holmes yang diperankan oleh Robert Downey Jr. Waktu SD kelas 4, gue diajak sama abang buat nonton ke bioskop. Film yang dia pilih adalah sherlock holmes (2009). Setelah gue nonton film ini, rasa kedetektifan gue semakin meningkat. Rasa haus akan mengungkapkan mystery terbawa hingga sekarang. Gue akan menceritakan sedikit tentang keberhasilan gue memecahkan misteri waktu di sekolah.

KOTAK PENSIL DESSY

Waktu kelas 6 SD, gue ditunjuk sebagai seksi keamanan. Sebenarnya gue gak tau gunanya itu untuk apa, hingga pada suatu siang...

"KOTAAK PENSILKU HILAAANGG!!" teriak Dessy dari tempat duduknya.

Semua orang di kelas menoleh ke Dessy, beberapa ada yang menghampirinya, termasuk gue.

"Ciri-cirinya apa, Des?" tanya gue.

"Warna pink, persegi panjang, sama di tengahnya ada sticker barbie, Re."

"Terakhir lihat dimana kotak pensilnya?"

"Hmm... terakhir waktu istirahat, aku taruh dii..di.. Lupa. Pokoknya di atas meja."

"Oke, Des. Barangmu akan kembali sebelum pulang sekolah."

"Kok Bisa. Kamu ambil ya, Re?"

"BUKAANN!!" 

Tanpa pikir panjang, gue langsung menyisiri kelas, mulai dari laci meja, meja guru, hingga ke ruang kepala sekolah, eh, ini berlebihan. Pokoknya gue mengobrak-ngabrik kelas, tapi gue tidak menemukan kotak pensil itu.

*Bel pulang berbunyi

Gue merapikan buku dan peralatan sekolah lalu memasukkan ke tas. Ketika gue buka tas, ternyata...

ADA KOTAK PENSIL DESSY!!

Gue menelan ludah, jantung berdegup kencang. Siapa yang naruh kotak pensil itu? Tidak, tidak, tidak. Ini pasti ada yang iseng.

Ketika gue mengeluarkan kotak pensil Dessy, tiba-tiba temen sebelah gue teriak

"Dessiii.... Kotak pensilmu ada di tas Renjaaaa!!"

"......."

Setelah kejadian itu, gue diturunkan dari seksi keamanan. Dan yang lebih parah, setiap gue mendekati teman cewek di meja. Mereka langsung buru-buru menyimpan barang-barangnya.

Bau pesing

Gue naik ke kelas 8 (smp). Tidak ada yang berkurang dari teman gue waktu kelas 7. Semuanya sama, yang berubah cuman letak kelas. Yap, kelas yang baru, terletak di ujung, dekat pohon mangga.

Hari pertama masuk sekolah, emm gue telat, tapi untungnya sekolah lagi tidak ada pembelajaran. Jadi jam pertama, masih santai. Ketika gue masuk kelas, suasana menjadi heboh. Semua orang di kelas gue berada di luar kelas. Seperti ada yang mencurigakan, tapi tetap gue masuk kelas. Waktu pertama muka gue ke dalem kelas, ssssppp...

Hidung gue seperti kemasukan muntahan anjing. Aromanya membuat kepala gue sedikit pusing. Gue sampe nutupin hidung gue pake baju biar gak terlalu nusuk baunya. Buru-buru gue keluar kelas dan bertanya..

"Bau banget, dari kapan itu?" tanya gue ke Rifki

"Itu lah, Re. Kami pun gak tau darimana itu, tiba-tiba aja baunya muncul. Coba kau cari, Re."

Catatan Sang Pengendali TokekTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang