Part 17
"Eng, teka teki teka teko... Kenapa anak babi jalannya nunduk...?"
Moni menunggu reaksi Darlang yang tampak sunyi. Ia jadi salah tingkah, pun merasa bersalah membawa kisah tak mengenakan tadi ke tenda. Mencari-cari jalan untuk membuat tamunya betah.
"Eng... lo bukannya seneng main tebak-tebakan...?"
Darlang yang masih termangu mendengar kisah masa kecil Moni, tak yakin ingin menjawab teka-teki perbabian ini. Moni pun menjawabnya sendiri.
"Soalnya malu, bapak-ibu nya babi... Hehehe... Eng..., gak lucu ya...?"
Darlang masih tercengang-cengang. Moni sadar telah melakukan suatu kesalahan.
"Sori... Gue suka takut dicela, jadi gue nyela diri duluan deh..."
Ini hanya cara Moni menyembuhkan luka, yang mana tak selalu memulihkan. Trauma itu tetap ada. Sementara pikiran Darlang jauh menerawang, kali ini bersambut.
"Kenapa anak katak jalannya lompat-lompat?"
"Kenapa...?"
"Yaah... namanya juga anak-anak... hehehe..."
Gantian Moni terdiam. Darlang meliriknya, lalu ikut diam. Sudah benar dari tadi ia diam saja.
"Sori, Mon... Teka teki tadi hanya buat menghibur diri. Gue ngerti banget kok, apa yang lo rasain... Gue juga pernah ngalamin, walau gak persis. Untungnya, gue juga orang yang masih sering lakuin kesalahan... nyakitin orang, tanpa gue sadar. Jadi gue paham juga, anak-anak semacam temen-temen lo... Kita cuma anak-anak, yang belum sadar."
"Gue gak nyalahin mereka kok. Kesalahannya ada di gue. Karena gue yang percaya apa yang mereka katakan... Dan gak berenti nyalahin diri gue, kenapa gue bisa seburuk ini...??"
Moni seperti berbicara sendiri. Sementara Darlang punya pendapat lain.
"Ah, buruk gimana? Lagian, anak babi kan mukanya lucu. Pink. Saking lucunya, sampe dilarang gue makannya, hehehe...
"Pff... makasih. Sangat menghibur. Lo bener. Mereka cuma anak-anak. Mungkin gue yang terlalu berlebihan, karena gue saat itu juga anak kecil..., jadi ngebekas banget. Padahal saat gue makin besar, gue masih ngalamin hal semacamnya, bahkan lebih parah... Tapi gue lebih bisa ngelupainnya. Mungkin, karena terlalu sakit untuk diingat... Hehe."
Darlang tercenung kembali.
"Tapi, kenapa lo pilih sekolah di sekolah negeri sih? Bukannya sekolah Katolik atau Kristen juga banyak? Di sana pasti gak ada yang ngolok-ngolok lo anak babi. Walau gak nutup kemungkinan bakal ngolok-ngolok lo dalam hal lain sih..."
"Hmm... mungkin mami papi gue mau kasitau ke gue, betapa mereka lebih sayang sama adik gue, dibandingkan ke gue..."
"Hah? Kok lo ngomong kayak gitu??"
"Gue tau kok, mereka sekolahin gue di sini biar bisa berhemat buat nyekolahin adik gue di swasta yang mahal. Mami gue bilang : 'Lu sekolah di negeri aja jadinya pinter, di situ aja gapapa'. Terus dulu kalo papi gue ngajarin matematika gue gak bisa, tangan gue langsung dipukul pake sempoa. Sementara adik gue, dikasih les...??"
"Tapi kan karena mereka tau lo pinter kali..."
"Gue gak nyalahin mereka. Soalnya adik gue cowok, waktu lahir mukanya lucu, matanya lumayan belo buat ukuran orang Cina. Keluarga besar gue bilang, nih anak pasti bawa hoki, dan kalo udah gede bakal digila-gilai cewek. Makanya sekarang, apa yang dia minta pasti dibeliin sama mami gue. Dia dianggap aset keluarga. Pokoknya, gue udah dari rumah deh dibeda-bedain..."
"Masa dibedain gara-gara mata?? Ada-ada aja lo. Kalo mata lo belo beneran, emang mereka gak lebih bingung? Anak siapa nih? Hehe... Pasti ada alasannya lah."
"Gak tau deh. Tapi itu yang gue rasain."
"Kenapa lo gak protes?"
"Waktu SMP gue pernah dibawa ke psikolog, gara-gara suatu hari mereka baru sadar kalo gue gak pernah ngomong. Terus mereka juga bingung, kenapa gue gak bisa berenti makan coklat, sampe jadi gendut begini..."
"Hah? Gimana caranya lo gak pernah ngomong??"
"Ya itu, gue lagi protes."
"Emang di rumah gak ada yang ajak ngomong??"
"Papi gue orangnya kayak gue, pendiem. Kalo ngomong cuma pas marah atau nyuruh-nyuruh. Mami gue sebaliknya, baweel banget. Kalo dia ngajak ngomong artinya dia nyerocos sendiri gak berenti-berenti. Adik gue, sampe rumah langsung masuk kamar."
"Terus, apa solusi-nya dari psikolog lo?"
"Dia bilang, 'Ibu, di rumah anaknya harus sering-sering diajak ngomong...' "
"Gitu doang??"
"Kurang lebih."
"Terus, abis itu di rumah gimana?"
"Awalnya papi mami gue berusaha, tiap makan malem mereka nanya : 'Hari ini ngapain aja? Di sekolah gimana?' Nanyanya itu-itu aja, ya jawaban gue itu-itu juga, mereka bosen sendiri kali. Akhirnya papi gue punya ide cemerlang, gue malah disuruh jadi tukang terima telpon di toko...?? Ya, berkat itu sih gue jadi belajar cara ngomong sama orang, cara ngerayu mereka supaya jadi beli, cara supaya mereka gak marah kalo ada masalah. Karena kalo mereka gak puas, mereka bakal komplaiiin terus bolak-balik, nyusahin gue."
"Hahaha... Emang jenius bokap lo. Tapi emang lo gak pernah liburan sekeluarga gitu?"
"Seinget gue, seumur hidup baru sekali gue liburan. Ke Ancol. Sisanya, gue liat papi mami gue kerjaa terus, bahkan hari minggu. Natal, Lebaran, Imlek, tahun baru, toko mereka cuma tutup satu hari."
"Hah?? Emang tiap hari orang beli pompa aer??"
"Nah, lo ngomong deh sama papi gue."
"Hahaha... Pantesan orang Cina duitnya banyak, kerja melulu. Kaya banget berarti orang tua lo, ya?"
"Keluarga gue gak kaya. Tapi punya duit..."
"Hah? Gimana? Gimana??"
Moni menghela nafas dalam-dalam.
"Papi gue sebetulnya anak yang paling dipercaya sama engkong gue, makanya dia yang nerusin toko. Sementara kakak adiknya yang lain dibiarin ngerjain yang mereka mau, sekarang mereka semua jadi pengusaha. Papi gue anak ke-empat dari 7 bersaudara. Orang Cina bilang 4 angka sial, tapi emang cuma keluarga gue yang gak punya apa-apa. Semua gara-gara ruko di Harmoni itu..."
Silahkan mengikuti episode selanjutnya ya... :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Our Secret Romance - 1998
Humor...Ada gemuruh juga keheningan, ada selintir nyeri juga hangat yang berpendaran... Mereka yang saling membaca, walau dalam diam. Senyum itu mulai tersungging, yang termanis yang pernah dilihat Khalil, yang tertulus yang pernah dirasakan Moni. Walau...