PART 50
Alisa tercengang menyaksikan kepergian Moni dan Khalil yang seperti mengabaikan dirinya... Antara ingin marah dan menangis, ia mencoba menahannya. Walau terlihat jelas di mata Fey yang diam-diam mengamatinya. Merangkul pundaknya, Fey mengajak Alisa mojok di bangku belakang kelas, menenangkannya.
"Lo cemburu? Santai aja, Al... Si Demit emang hatinya lembut, selalu belain orang yang lemah. Lagian cewek gendut sipit gitu, bukan tipe Demit kali..."
Alisa menarik nafas panjang, dan mulai berbisik-bisik.
"Dia dan Darlang udah berkali-kali berduaan..."
"Maksud lo?"
"Waktu camping Darlang dikejar-kejar sama si Beno, dia ngumpet di tenda tuh cewek... semaleman. Saat itu gue gak cemburu, karena gue pikir, ah siapa yang bisa berpaling dari cewek seperti gue? Terus besoknya gue ketemu dia lagi, berduaan sama Darlang di dapur, Darlang bilang dia lagi ngumpet, mau tidur di situ, terus malemnya gue samperin mereka udah gak ada... Terus kemaren lagi, gue liat mereka berduaan di kantin, discman hadiah dari gue masa dipinjemin ke tuh cewek...?? Terus dibalikin pake dikasi kantongan bunga-bunga warna pink, ada hadiahnya lagi di dalem...??"
Fey terdiam. Semua masih tak masuk logikanya. Alisa tak berhenti sampai situ.
" Bakmi ayam tadi, tuh cewek bilang bikin sendiri pake tangannya... hadiah ultah buat Darlang. Sampe jatoh di lantai pun, dia makan?? Dan lo gak liat barusan mereka berdua pergi... kayak gak liat ada gue di situ...? Gue pacarnya loh, Fey...??"
Kali ini Alisa tak kuat membendung air matanya... Ia menangis tersedu-sedu. Fey dengan sigap menutupinya dari anak-anak lain, lalu mengamati sahabatnya, walau masih tak mempercayainya.
"Al... Tipenya Demit itu, yang pasti cantik kayak elo... Dan Demit juga bukan cowok yang suka kasi harapan ke orang sembarangan."
"Justru itu. Segitunya Darlang ke tuh cewe...? Gue tuh gak peduli mau ada sejuta cewek naksir dia, yang penting mata dan hati dia cuma ke gue. Mengenai tipe, lo tau ibu Ina guru bahasa Inggris kita waktu SMP? Itu Darlang naksir berat sampe dia tembak...!? Padahal seinget gue, ibu Ina orangnya item, gak cakep-cakep amat, lebih tua, guru lagi...
"Ah, ibu Ina sih cakep, item manis, gue tau Demit suka banget sama dia. Tapi masa dia tembak? Begok amat tuh bocah nembak guru? Hehehe... Ah, ntar gue ceng-cengin..."
"Intinya... feeling gue... Darlang suka sama tuh cewek... Aduh, sakit banget hati gue. Karena gue jadi makin cinta... Gue sadar dia tipe gue banget. Yang sulit ditebak, susah ditaklukan, dan gak naksir-naksir amat sama gue... Gue bosen cowok ngejar-ngejar gue. Gue pengen milih, bukan dipilih. Tapi sekarang... gue mau mati rasanya..."
Alisa bersandar di bahu Fey, melanjutkan tangisannya. Fey menutupi kepalanya dengan buku, mengusap-usapnya, ia bisa merasakan apa yang Alisa rasakan. Pikiran Fey menerawang...
"Gue tau rasanya... jatuh cinta sama seseorang yang sulit gue dapetin... bahkan mustahil... Gue rela lakukan apapun demi orang itu bahagia... Dan gue sanggup... berikan yang terbaik buat dia..."
Alisa mengangkat kepalanya, menatap Fey.
"Fey... Lo sahabat terdekat gue..., lo sayang kan sama gue? Gue pengen tau, apa yang dilakuin tuh cewek ke Darlang... sampe dia bisa tergila-gila begitu?? Apa... itu cewek... memberikan sesuatu... yang gue gak mau sebut apa...?"
Fey terperanjat. Menjauhkan tubuhnya dari Alisa.
"Apaan?? Lo jangan sembarangan ngomong ya, Al... Gue tau persis, sepupu gue gak mungkin... ?? Tunggu. Lo jangan ngomporin gue ya... Lo tau gue kalo udah emosi kayak apa..."
"Ssstt..."
Alisa menutup mulut Fey perlahan. Lalu mengambil kembali buku besar tadi untuk menutupi mereka berdua.
"Sepupu lo cowok, Fey... Dan kita gak tau, senekat apa itu cewek...?? Yang jelas, dia gak peduli kalo Darlang udah punya pacar. Dan Darlang walau bengal, gue yakin dia bakal menghormati pacarnya. Tapi kenapa dia bisa ngabaikan gue begitu... kalo bukan... atau jangan-jangan... sepupu lo dipelet...??"
Alisa baru berandai-andai saja. Namun... Braakk!! Fey menendang kursi kosong di depannya. Kali ini semua anak di kelas menengok ke arah mereka. Alisa langsung kembali menarik kepala Fey ke balik buku LKS besar.
"Tenang dulu, Fey... Gue cuma lagi nebak- nebak, belum tentu beneer... Gue cuma penasaran aja... Mungkin lo bisa korek-korek..."
"Stop! Gue gak mau denger apapun. Gue yang urus semuanya dari sini. Lo tenang aja, Al... Lo akan dapetin apa yang lo mau... Pegang kata-kata gue."
Wajah Fey memerah di kala marah. Ia meninggalkan Alisa begitu saja. Perasaan Alisa bercampur aduk, mencoba berpikir ulang... apakah Fey teman yang tepat yang ia bisa berkeluh kesah semacam ini...?
KAMU SEDANG MEMBACA
Our Secret Romance - 1998
Humor...Ada gemuruh juga keheningan, ada selintir nyeri juga hangat yang berpendaran... Mereka yang saling membaca, walau dalam diam. Senyum itu mulai tersungging, yang termanis yang pernah dilihat Khalil, yang tertulus yang pernah dirasakan Moni. Walau...