💠 BASAR

31 10 0
                                    

Jangan lupa vote
untuk menghargai penulis 🙏

ARENZELA

Kelas Lizara sangat ramai karena membahas tentang Basar yang akan dilakukan besok . Mereka merundingkan menu apa saja untuk dijual dan minuman apa yang akan dibuat . Dengan bermodalkan uang khas mereka berdebat memilih menu dengan modal murah namun untung banyak.

Dan perdebatan ini membuat ada dua pihak. Satu pihak onde onde dan kedua kerupuk pecel (opak pecel) . Sebagian banyak yang menyetujui opak pecel tapi juga banyak yang lebih memilih onde onde .

"Kan temanya Nusantara jadi onde onde bisa kan? Nanti dengan kreatif kita ganti isiannya . Ada yang coklat ada yang kacang " ucap Kevin teman sekelas Lizara .

"Heh kita yang asli Jawa aja masih sulit bikin onde onde " ucap Gibran

"Nah setuju , aku pernah eroh Mbah ku gawe onde onde jarene lek gak ngembang gak dadi " ucap Alifa .

"Layo onde onde Kuwi angel mending pecel ae . Toh guru guru Yo Podo wong jowo . Mestine akeh seng golek i opak pecel!" Jawab salsa .

"Tapi onde onde Yo kreatif . Kan jarang wi enek bakol onde onde varian isi . Ben bedo Dewe " ucap Nanda .

"Yo Kowe gelem ye gawe . Adewe ch ch edok emoh mok Kon gawe onde onde " ucap Cristin .

"Loh kok gak gelem . Lek aterah kepilih Kuwi Yo kudu gelem Nok!"

"Opo tuku ae?! Bar no di dol . Wes gampang terima jadi!"

"Bukan gitu , kalau kita beli terus jual lagi mau jual harga berapa? Kembali gak modalnya ?" Ucap Lizara yang sedari tadi menyimak . Ya dia hanya paham beberapa bahasa mereka karena kalian tau sendiri bahwa Lizara ini tidak bisa berbicara bahas Jawa .

"Nah setuju! Wes to pecel ae manut o aku wes to puenak!" Ucap Jayden baru datang .

Lizara hanya menghela nafas pelan . Dia menulis bahan bahan apa saja untuk opak pecel lalu menentukan harga jual . Lebih singkatnya membuat HPP .

"Memang mau buat berapa porsi?" Tanya Evina yang kebetulan duduk bersama Lizara.

"30"

"Hah?! Gak kebanyakan itu? 25 aja lah . Masalahnya kalau ada yang beli ya puji tuhan tapi kalau enggak?" Ucap Evina .

"Yaudah 25 ajalah jangan banyak banyak , kalau udah habis ya sudah" ucap Alifa .

Lizara mencacat bahan yang seperlunya . Lalu menjumlahkannya dan dibagi porsi lalu kali 1,67 untuk keuntungan .

"Nih kalian lihat sendiri ya , ini harganya 4.000 aku buatin ke 5000 aja sekalian . Ini untungnya udah banyak loh!"

"Kita jual 25 porsi dikali 5000 udah 125.000 . Ini dikurangi sama misalnya 71.000 keuntungan kita 54.000 " jelas Lizara.

"Kurang banyak 6.000 aja lah" ucap Zahra .

"Heh mentang mentang bendahara lu mau untung banyak ye" ucap Gibran .

"Kan sumber modalnya di uang khas Gibran!" ucap Evina .

"Fiks ya? Ini minuman mau buat juga gak?" Ucap Lizara.

ARENZELA Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang