"Renesmee, kamu tidak suka makanannya?" tanya Mabel.
Setelah mendengar pertanyaannya, koki yang menunggu di sudut ruangan memasang ekspresi sedih.
Renesmee menggelengkan kepalanya dengan penuh semangat.
"Tidak, Baginda. Itu karena saya sangat bahagia."
"Tentang apa?"
"Yang Mulia memesankan untuk kami dan kami menikmati percakapan sambil makan. Saya sangat menyukai ini. Di Langard, tidak ada seorang pun yang pernah berbicara dengan saya."
Suasana menjadi sangat serius segera setelah Renesmee selesai berbicara.
Ekspresi Estevan menjadi murung. Dia berasumsi Renesmee dan Dylan akan baik-baik saja dan tidak pernah berpikir mereka akan begitu ragu-ragu. Dia merasa seharusnya dia memeriksa mereka setidaknya sekali, tetapi Estevan tidak memiliki ruang di hatinya untuk memperhatikan keponakannya di Langard, karena Sianna meninggal segera setelah melahirkan Mabel.
Tapi itu alasan yang buruk.
Renesmee berjuang untuk menjaga ekspresi cerah di wajahnya dan berkata pada Estevan.
"Tetapi saya baik-baik saja, Yang Mulia. Sekarang saya tahu ada banyak orang di Ermâneau yang peduli terhadap saya. Dan makanannya enak..."
Saat itu, air mata mengalir di wajah Renesmee.
"Saya minta maaf. Kenapa saya menangis lagi? Saya tidak bermaksud menangis. Saya minta maaf..."
"Kamu boleh menangis kalau kamu mau, Renesmee."
Estevan menghiburnya dengan canggung.
Namun itu cukup membuat Renesmee mencurahkan segala air mata dan kesedihan yang menumpuk di hatinya hingga saat ini.
Dengan mata masih tertuju pada Renesmee, Mabel menyodok sisi Oscar.
"Oscar, apakah kamu punya sapu tangan?"
"Ya, tapi..."
"Berikan padaku."
Mabel menerima saputangan yang dikeluarkan Oscar dari sakunya dan menyerahkannya pada Renesmee.
Sambil terisak, Renesmee mulai menyeka wajahnya yang memerah dengan itu. Kemudian karena malu karena dia menangis sendirian, Renesmee melirik Oscar dan mengangguk untuk mengucapkan terima kasih, dan Oscar menjawab dengan anggukan bingung.
"Terima kasih, Oscar. Oh, Saya tidak seharusnya memanggil Anda seperti itu... kan?"
Renesmee bergumam malu-malu dan menundukkan kepalanya.
Oscar yang tidak terlalu memikirkannya, menggelengkan kepalanya dengan acuh tak acuh.
"Kamu bisa memanggilku apapun yang kamu mau."
Sekarang Renesmee punya izin untuk memanggilnya sesuai keinginannya, dia mengangguk sambil tersenyum malu-malu.
Seperti itu, jamuan makan, yang tetap berjalan dengan baik meski hanya dengan gangguan kecil, pun berakhir.
***
Aku keluar dari istana untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Dan seperti biasa, aku menuju ke rumah Eastie.
Baru setelah aku selesai membudidayakan beneno yang telah dipesan kembali dan akhirnya membayar upah para tikus tanah, aku bisa datang ke kamar tidur Eastie.
Yang disebut 'eksekutif administratif' Evil mengumpulkannya di kamar tidur.
Oscar menepuk kepalaku sambil mengungkapkan kekhawatirannya.