Perang Sepuluh TahunMeskipun Xiao Qiushui tidak pernah melihat Tie Xingyue dan anak buahnya selama perjalanan mereka, ia mendengar banyak tentang eksploitasi mereka.
Mereka kini mendekati Hua Yang, yang terletak dekat dengan Chengdu, jauh dari Danau Dianchi. Namun, bahkan di sini, berita tentang konflik antara Pedang Huanhua dan pasukan pialang kekuasaan di perbatasan Chengdu dan Dianchi tersebar di mana-mana. Inilah jenis informasi yang sangat diinginkan Xiao Qiushui.
"Ini mungkin kampanye perlawanan terbesar terhadap para pialang kekuasaan dalam sejarah," kata seorang pembuat payung di sebuah rumah makan pinggir jalan kecil dekat Kota Hua Yang. "Meskipun ukurannya kecil, keberadaan Pedang Huanhua saja telah berhasil menimbulkan banyak korban."
Temannya, yang bekerja di sebuah restoran pembungkus lumpia, setuju dengan antusias sambil mengacungkan jempol. "Hebat! Pedang Huanhua benar-benar tangguh, tetapi..."
"Tetapi pada akhirnya semuanya sia-sia," kata pedagang lain yang membuat mi. "Bahkan jika mereka melakukan perlawanan yang gagah berani, pada akhirnya, mereka tetap saja kalah..."
"Kematian itu beratnya seperti Gunung Tai atau ringannya seperti bulu," si pembuat payung mengangkat bahu. "Para pemegang kekuasaan mungkin telah berhasil menghancurkan Pedang Huanhua, tetapi mereka tidak dapat melakukannya tanpa mengalami kerugian besar. Selama enam belas hari... Pedang Huanhua bertahan."
"Enam belas hari sudah cukup," kata si penjual lumpia, melanjutkan apa yang ditinggalkan tetangganya. "Seorang pengawal memberi tahu saya bahwa ambisi rakus para penguasa kekuasaan telah membuat khawatir sekte-sekte di luar urusan manusia-Shaolin, dan murid-murid Wudang... Aku adalah seseorang yang membuat makanan untuk dimakan orang lain, jadi aku tidak begitu mengerti tentang aturan dunia persilatan, tetapi sudah cukup untuk melakukan sesuatu yang layak menarik perhatian orang, menggugah pikiran mereka... Dia menunjuk ke pembuat payung. "Aku setuju dengan Lao Xu, dan aku akan mengatakannya lagi: jika kita tidak membasmi bajingan-bajingan dari para penguasa kekuasaan itu, orang-orang kita yang malang akan diperas oleh mereka dari satu rumah ke rumah lainnya, bagaimana kita bisa bertahan hidup?"
"Bukan itu maksudmu," pemilik toko mi itu tetap tidak yakin. "Apa pentingnya sekarang? Kota Huanhua, baik distrik atas maupun bawahnya, yang mati ya mati, yang tercerai-berai ya tercerai-berai, yang lolos ya lolos..."
Tiba-tiba, ia melihat seorang pemuda menyerbu maju seperti seekor harimau, mencengkeram kerah bajunya, urat-uratnya menonjol, wajahnya memerah, giginya terkatup, dan bertanya, "Katakan padaku, apa yang dilakukan para bajingan itu pada Sekte Pedang Huanhua?"
Pemilik kios tepung merasa seperti anak ayam yang digendong oleh pemuda yang tampak beradab ini, lidahnya kelu dan tidak dapat berbicara, sementara teman-temannya di dekatnya menjadi bingung.
Mata pemuda itu berbinar-binar. "Apa yang terjadi dengan Sekte Pedang Huanhua? Apa yang sebenarnya terjadi dengan Klan Xiao dari Chongdui?"
Pembuat payung itu selalu terkesan dengan Sekte Pedang Huanhua dan tidak merasa bersalah atas kata-katanya, jadi ia berani berkata, "Anak muda, menangkapnya tidak akan ada gunanya. Sekte Pedang Huanhua sudah... sudah..."
"Sudah apa?" Tatapan mata pemuda itu penuh amarah.
"Sudah disapu bersih," suara lain tiba-tiba menyela dari sudut restoran. Pemuda itu berbalik dan melihat seseorang perlahan berdiri, memegang benda panjang yang dibungkus kain-senjata yang jelas berat dan empat orang berpakaian seragam Fraksi Kekuatan duduk di meja di sebelah mereka.
Pupil mata Xiao Qiushui mengerut, dan dia bertanya dengan dingin, "Siapa kamu?"
Orang itu perlahan membuka bungkusan kain itu. "Apakah kamu anggota Klan Xiao?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Fu Shan Hai (Goes to the Mountain and Sea) by Wen Rui'an
AdventureXiao Qiushui adalah orang yang jujur dan berbudi luhur, dan sangat senang menjalin persahabatan dengan para pendekar dari seluruh dunia. Tanpa diduga, Sekte Pedang Huanhua tempatnya bernaung dibantai dalam semalam oleh dua faksi besar Jianghu, Geng...