5.2 Sungai dan Danau : Delapan Master Bag. 4

31 3 0
                                    


Duel Pertama

Xiao Qiushui menjawab, "Bagus sekali."

Lóu Xiaoye mengernyit sedikit dan bertanya, "Oh, bagus sekali?"

"Aku punya teman bernama Lin-gongzi," kata Xiao Qiushui. "Apa kau pernah mendengar tentangnya sebelumnya?"

Lóu Xiaoye menyipitkan matanya sambil tersenyum. "Oh, hm. Dia orang yang tidak bisa membedakan pedang dari bilah pedang, jadi aku yakin dia juga kesulitan membedakan pria dari wanita— mengapa 'sangat bagus'?"

"Dia ingin membunuhmu, dan 'sangat bagus' berarti aku bisa melakukannya untuknya."

Lóu Xiaoye terkejut, lalu tertawa terbahak-bahak lagi. "Hanya karena ini, kau akan membunuhku?"

"Itu belum semuanya," imbuh Xiao Qiushui.

"Apa alasan lainnya?" tanya Lóu Xiaoye.

"Karena Zuoqiu."

"Kau ingin membalas dendam padanya?" tanya Lóu Xiaoye, bingung.

"Ya," jawab Xiao Qiushui dengan sungguh-sungguh.

Lóu Xiaoye terkejut. "Apakah kau lupa bagaimana dia mengkhianatimu?"

"Tapi kita pernah berteman," kata Xiao Qiushui dengan serius, "dan bahkan bersaudara."

"Sehari sebagai saudara, seumur hidup sebagai kawan." Xiao Qiushui menambahkan kalimat terakhir ini.

Lóu Xiaoye menatap kosong selama beberapa detik, lalu tertawa terbahak-bahak lagi. "Aku tidak pernah menyangka itu akan menjadi alasanmu," dia terkekeh. "Tapi membunuhnya bukan hanya karena mengkhianatimu— itu karena dia ingin mengkhianati Zhu Datianwang." Lóu Xiaoye berhenti tertawa dan menatap Xiao Qiushui. "Ada ketidakpuasan terhadap Raja Surgawi dalam apa yang dia katakan sebelumnya."

Xiao Qiushui menatapnya dengan dingin. "Apakah kau orangnya Zhu Datianwang?"

Lóu Xiaoye mengangguk, lalu menyipitkan matanya. "Manuver mengelakmu tadi cukup cepat. Kau bilang kau akan membunuhku dengan teknik Hua Xuejian untuk menghargai mistik Ilmu Pedang Tianshan— benar?"

Xiao Qiushui menggelengkan kepalanya dan mengulurkan satu jari. "Aku boleh menggunakan bilah pedang Hua Xuejian, tetapi itu tidak berarti aku akan menggunakan teknik Hua Xuejian. Jika itu benar-benar teknik Hua Xuejian, maka orang-orangku adalah murid Hua Xuejian; bahkan jika aku membunuhmu hanya dengan satu jari, kematianmu akan tetap tercatat atas nama Hua Xuejian."

Lóu Xiaoye mencibir. "Arti sebenarnya dari Sekte Pedang Tianshan tidak pernah sekadar diucapkan tanpa latihan."

Tanpa sepatah kata pun, Xiao Qiushui perlahan menghunus pedang panjangnya.

Sarungnya sudah usang, sementara bilahnya berkilau cerah seperti salju— pedang kuno Changge.

"Pedang yang bagus," Lóu Xiaoye tidak bisa menahan diri untuk tidak berseru.

Kemudian dia menghunus senjatanya sendiri.

Itu benar-benar bilah pedang yang ajaib. Pedang itu setipis kertas tetapi indah seperti benda abadi. Gagangnya tampak dibuat dari mutiara, dan bahkan gagang berliannya sendiri sepadan dengan emasnya.

Lóu Xiaoye menghargai bilah ini, pedang melengkung ramping yang menyerupai bulan sabit. Pedang ini tidak dimaksudkan untuk medan perang, melainkan untuk disimpan sebagai harta karun di rumah seseorang. Seberapa efektifkah pedang ini di medan perang?

Liu Xiaoye menyipitkan matanya dan bertanya dengan hati-hati, "Kamu tidak buta; kamu bisa tahu hanya dengan melihatnya."

Xiao Qiushui mengangguk.

Fu Shan Hai (Goes to the Mountain and Sea) by Wen Rui'anTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang